STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA REZEKI UNGGAS DI DESA BULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/jrfqkm18Keywords:
Pemasaran, Produk, Penjualan, StrategiAbstract
Pemasaran merupakan salah satu elemen penting dalam keberhasilan sebuah usaha, terutama dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompleks. Strategi pemasaran yang efektif tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga untuk memperkuat posisi pasar serta membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran yang diterapkan oleh Rezeki Unggas, sebuah bisnis yang bergerak di bidang penjualan produk unggas di Desa Bulo, Kabupaten Sidenreng Rappang. Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan untuk memahami dinamika pemasaran yang dijalankan. Subjek penelitian meliputi pemilik usaha, karyawan, pelanggan setia, masyarakat sekitar, serta pihak-pihak lain yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan Rezeki Unggas. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dengan purposive sampling melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling untuk memastikan data yang diperoleh relevan dengan fokus penelitian. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction) dan penyajian data (data display). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai strategi pemasaran yang paling efektif bagi Rezeki Unggas. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi panduan bagi pelaku usaha sejenis di wilayah Desa Bulo dan sekitarnya dalam mengembangkan strategi pemasaran mereka. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bulo, Kabupaten Sidenreng Rappang.
References
Kharisma, A. E. ., Suwardi, & Sutarno. (2019). Saluran Pemasaran Bawang Putih di Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Agrineca, 19(1), 33–41. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/AFP/article/view/825%0Ahttp://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/AFP/article/download/825/520520909
Komari, A., Indrasari, L. D., Tripariyanto, A. Y., & Rahayuningsih, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran SWOT dan Pengaruh 7P Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Physics: Conference Series, 1569(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/3/032002
Kuncoro, A., Suroso, I., Hesty, R., Gunawan, I., Teknologi, I., & Semarang, B. (2021). Loyalitas konsumen: Relationship Marketing Herbalife Semarang. JBE Jurnal Bingkai Ekonomi JBE, 6(1), 72–83. http://itbsemarang.ac.id/jbe/index.php/jbe33
Laili, A., Sari, S., & Sulistyaningsih. (2021). Analisis Pemasaran Ikan Kering Di Desa Jangkar Kecamatan Jangkar Kabupaten Situbondo the Anaysis Dried Fish Marketing in Jangkar Village Subdistrict of Jangkar Situbondo Regency. 1–13.
Monica, C. (2018). Pengembangan Proposisi Nilai Pelanggan Libreria Eatery. Agora, 6(2), 287081. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen bisnis/article/view/7717%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/viewFile/7717/7009
Rumengan, N., Soegoto, A. S., & Tawas, H. N. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis Swot Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Amanah Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(02), 546–560. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48637
Rusdi, M., & Latif, A. (2023). Manajemen Pengembangan Produk.
W, H. C., & Koeswandari, E. (2012). Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Penjualan Keramik(Studi Kasus Pada Industri Keramik Kasongan Di Kabupaten Bantul, Jogjakarta). Jurnal Teknik Industri, 1–8.
Yudiana, Y., Yulia Agustina, A., & Nur Khofifah, dan. (2023). Prediksi Customer Churn Menggunakan Metode CRISP-DM Pada Industri Telekomunikasi Sebagai Implementasi Mempertahankan Pelanggan. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 8(1), 01–20. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb
Hayuningtyas, R. Y. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Tas ada Toko Lokalop. Sistem Informasi STMIK ANTAR BANGSA, 4(2), 76–93. http://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/31
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Askar, Adam Latif, Andi Riska Andreani Syafaruddin, Pratiwi Ramlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

