STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX 7P DAN SWOT: STUDI PADA TEH KELOR AROUMA (KELORUMA)

Authors

  • Yovina Bella Puspita Universitas Muhammadiyah surakarta
  • Siti Fatimah Nurhayati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i4.15838

Keywords:

UMKM, teh kelor, marketing mix 7P, analisis SWOT, strategi pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang efektif bagi produk teh kelor UMKM "Keloruma" melalui pendekatan kombinatif bauran pemasaran 7P dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi marketing mix 7P meliputi pengembangan produk teh kelor seduh dan celup dengan kemasan menarik, penetapan harga kompetitif yang mempertimbangkan biaya produksi dan nilai tambah produk, distribusi lokal berbasis efisiensi logistik, promosi melalui media sosial dan event offline, pengelolaan proses bisnis terintegrasi oleh mahasiswa, serta penggunaan kemasan sebagai bukti fisik untuk memperkuat citra produk. Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan berupa ketersediaan bahan baku dan manfaat kesehatan daun kelor, serta peluang dari tren gaya hidup sehat dan dukungan pemerintah terhadap UMKM. Sementara itu, kelemahan utama terletak pada keterbatasan modal dan skala produksi, serta ancaman berupa rendahnya edukasi pasar dan persaingan produk herbal sejenis. Strategi SO dan WO menjadi prioritas, dengan fokus pada promosi berbasis media sosial dan ekspansi distribusi melalui marketplace digital. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran berbasis kekuatan internal dan peluang eksternal mampu meningkatkan daya saing produk Keloruma dan mendukung pemberdayaan mahasiswa dan pengembangan UMKM lokal secara berkelanjutan.

References

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12. https://doi.org/10.17977/um041v16i1p12-20

Apriliani, S. (2021). Peranan pembiayaan kredit usaha rakyat terhadap perkembangan umkm(studi pada bank bri syariah unit kepahiang). Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) BENGKULUhttp://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5482

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM dalam meningkatkan hasil produksi dan hasil penjualan opak makanan khas Jawa barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560

Ariyanto, A .Dkk. (2021). Entrepreneurial mindsets & skill Vol. 11, Issue 1). Insan cendekia mandiri . hhttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0A

Armstrong, k. Dan. (2014). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Berawi, K. N., Wahyudo, R., & Pratama, A. A. (2019). Therapeutic potentials of moringa oleifera ( kelor ) in degenerative disease. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 3(1), 210–214.

Dwinanda, G., & Yuswari, N. (2020). Bauran pemasaran 7p dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.120%0Ahttps://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Firmansyah. (2023). Pemasaran produk dan merek: planning & strategy. Qiara Media. Jawa Timur . ISBN 978 623 7365 099.

Hilmi, R. dan A. J. K. (2019). Pengaruh tempat dan promosi terhadap pembelian pada ukhuwahmart Banjarmasin. Jurnal Komunikasi, Bisnis dan Manajemen,6(1), 42–60.

Jihan, J. H. (2023). Perbandingan Daun Kelor Dan Daun Stevia Terhadap Karakteristik Mutu Teh Herbal. Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid Jakarta http://repository.usahid.ac.id/2785/

Keller dan Kotler. (2016). Manajemen Pemasaran.

Keller, K. dan. (2009). Manajemen Pemasaran,. Edisi 12. Penerbit : Erlangga. Jakarta.

Khotimah, K., & Jalari, M. (2021). Menguji Marketing Mix 7P Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Di Sukoharjo. Jurnal Manajemen, 7(May), 81–94.

Kotler. (2011). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler & Keller. (2012). Marketing Management. Pearson Education, Harlow, Inggris.

Kotler dan Amstrong. (2017). Principles of Marketing. (17th ed.). Pearson Education Limited. Harlow, Inggris.

Kotler dan Armstrong. (2009). Prinsip-prinsip pemasaran (keduabelas). Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Armstrong. (2013). Principles of marketing. Pearson Horizon Editions. Harlow, Inggris.

Kotler dan Keller. (2009). Marketing Management (13th editi). pearson international education. Harlow, Inggris.

Kotler dan Keller. (2018). Manajemen pemasaran. Indeks. Jakarta.

Kotler, & Keller. (2016). A framework for marketing managemenт (Vol. 11, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0A

Lupiyoadi, R. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Mutmainah, N., Halik, A., & Fatmawati, F. (2023). Perbandingan bubuk daun kelor moringa oleifera dengan bubuk madu apis mellifera linneus terhadap teh. Journal of Agriculture Science and Research, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.56326/pallangga.v1i2.2885

Rahim1, A., Febriani, Y., Azim, M., & Nisaa, N. R. K. (2023). Uji perbandingan antioksidan dari produk teh daun kelor, teh bunga rosella dan teh daun melati dengan metode seduhan suhu konstan. Jurnal Sains dan Kesehatan 5(1), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.25026/jsk.v5iSE-1.2057

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2021). Analisis Swot Sebagai Penyusunan Strategi Organisasi. Bintang Pustaka Madani, Yogyakarta.

Srianjani, P., & Susanti, N. M. P. (2023). Teh Daun Kelor (Moringa oleifera) sebagai Antihipertensi. ejournal Universitas Udayana https://doi.org/10.24843/wsnf.2022.v02.p64

Sudrartono, T. Dkk. (2022). Kewirausahaan umkm di era digital. In Cv Widina Media Utama. Jawa Barat.

Syah, A. (2023). Strategis Pemasaran. Working Papers. Widina media utama. Jakarta. http://www.nber.org/papers/w16019

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Services Marketing People, Technology, Strategy, Ninth Edition. World Scientific Publishing Co. Singapura. https://doi.org/10.1142/y0024

Zahra, S. (2022). Definisi, kriteria, dan konsep UMKM. Prodi Perbankan Syariahfakultas Ekonomi Dan Bisnis Islamuniversitas Islam Negeri Alauddin Makassar OSF

Downloads

Published

2025-07-05