SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PERAN ATRIBUT FUNGSIONAL DAN ESTETIS DALAM MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN

Authors

  • Fauziyah Mubaarokah Septiyanti Universitas Trunojoyo Madura
  • Muh. Syarif Universitas Trunojoyo Madura
  • Suyono Suyono Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i4.15841

Keywords:

Atribut Fungsional, Atribut Estetis, Preferensi Konsumen

Abstract

Pergerakan pasar yang cepat dengan adanya inovasi teknologi informasi membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan akan produk yang digunakannya. Fenomena ini dapat menjadi alasan kenapa pengembangan produk penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat terus menciptakan keunggulan kompetitif. Sinergi atau kolaborasi di antara kedua atribut tersebut perlu untuk di teliti lebih lanjut agar dapat diukur dengan jelas seberapa berpengaruh dan signifikan variabel atribut fungsional dan atribut estetis dalam mempengaruhi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian serta pemilihan suatu produk. Penelitian ini menggunakan metode systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan metode PRISMA dengan data yang dikumpulkan memiliki rentang waktu 2020-2025 atau lima tahun terakhir sebagai acuan agar tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Berdasarkan hasil penelusuran data yang dilakukan, terdapat 24 artikel yang memenuhi kriteria yang membahas tentang atribut fungsional dan atribut estetis serta pengaruhnya terhadap preferensi konsumen. Diketahui bahwa atribut fungsional dan estetis memiliki peran dalam membentuk preferensi konsumen menjadi lebih positif terhadap suatu merek dari produk tertentu.

References

[1] Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38–51. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2271

[2] Asyari, A. H., & Zagladi, A. N. (2020). Analisis Segmen Pasar Produk Handphone Berbasis Android di Lingkungan Mahasiswa di Banjarmasin. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 9–15. https://doi.org/10.35130/jrimk.v4i1.73

[3] Cheng, Y., Zhang, K., & Zhuang, X. (2024). Follow your heart or your mind: The effect of consumption frequency on consumers’ reliance on feelings. Journal of Business Research, 175(February), 114543. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114543

[4] Ching, K., Forti, E., Katsampes, S., & Mammous, K. (2024). Style and quality: Aesthetic innovation strategy under weak appropriability. Research Policy, 53(3), 104947. https://doi.org/10.1016/j.respol.2023.104947

[5] Dapit Alex Sander, A. C. dan H. A. M. (2021). Jurnal sains pemasaran indonesia. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XI(3), 283–300.

[6] Devlin, D., & Firdausy, C. M. (2020). Pengaruh Estetika pada Minat Konsumen Terhadap Pembelian Smartphone Xiaomi di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 906. https://doi.org/10.24912/jmk.v2i4.9870

[7] Duha, R., & Siagian, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee. ECo-Buss, 6(1), 166–178. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.673

[8] Ela, D. (2018). Perilaku Konsumen (Perilaku konsumen). Cv Budi Utama, 5 No.(september), 5–299. https://www.academia.edu/37610166/PERILAKU_KONSUMEN_PERILAKU_KONSUMEN_MAKALAH_PERILAKU_KONSUMEN

[9] Fitria, T., & Rachmawati, I. (2023). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Bioskop Di Indonesia. EProceedings …, 10(2), 626–632.

[10] Handayani, P. W. (2017). Systematic Review dengan PRISMA ( Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses ). Workshop Riset Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UI, 9(1-3 Agustus 2017), 1–28.

[11] Harsokoesoemo. (2004). Perancangan dan Pengembangan Produk Perancangan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

[12] Kartini Sari Putri, A., Kurnia, F., Fisman Adisaputra, T., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Ichsan Sidenreng Rappang, S. (2021). YUME : Journal of Management Pengaruh Motivasi Konsumen D’king Café Terhadap Keputusan Pembelian pada Masa Pandemi Coronavirus Desease 19 Kabupaten Sidenreng Rappang. YUME : Journal of Management, 4(2), 475–492. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.344

[13] Konsumen, K. (2020). Volume 2 | Nomor 2 | Juni 2020. 2, 104–115. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/NMaR

[14] Kuswoyo, C., Lu, C., Abednego, F., Veronica, S., & Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, F. (2021). Pengaruh atribut produk “internet of things” terhadap niat pembelian: pengalaman fungsional dan emosional sebagai variabel mediasi. Forum Ekonomi, 23(3), 482–490. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

[15] Mawardi, M. A. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI STEAK TGP KOTA BLITAR karena semakin banyak individu yang mencari pilihan menu yang beragam , pesat . Salah satu tempat kuliner terkemuka di Kota Blitar adalah TGP Steak . TGP. 16.

[16] Nadja, R. A., Halimah, A. S., & Hikmawaty. (2023). Preferensi konsumen terhadap pangan. Penerbit NEM.

[17] Nikmah, M., & Hartini, S. (2020). Pengembangan Theory of Planned Behavior pada Keputusan Pembelian Green Product. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 85–96.

[18] Nurhamidah, N. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kabupaten Garut. Jurnal Kalibrasi, 17(1), 33–38. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.17-1.739

[19] Pertamina, J., Ii, K., Gambesi, U., Ternate, K., & Utara, M. (2022). WISATAWAN , DAN LOYALITAS WISATAWAN DI KOTA TERNATE Fakultas Ekonomi , Universitas Khairun Ternate. 22(2), 16–34.

[20] Produk, A. (n.d.). BUKU PERSEPKTIF DESAIN PRODUK : MERANCANG.

[21] Robustin, T. P. (2023). Atribut Destinasi Dan Kepuasan Wisatawan Pada Wisata Siti Sundari Lumajang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 177–188. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i1.439

[22] Sianata, V. V. (2023). Faktor-faktor penentu niat beli produk pakaian Influencing factors of the intention to purchase clothing products. 22(1), 149–168.

[23] Simanjuntak, G. M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Perceived Price, dan Brand Image terhadap Niat Membeli Konsumen TV dari Jepang Dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen. Jesya, 6(2), 2351–2361. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1271

[24] Siti Ayu Fauziah, A., Usep Suhud, & Febrilia, I. (2022). Faktor-Faktor Ketertarikan Berkunjung ke Daerah Wisata di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(1), 114–127. https://doi.org/10.21009/jbmk.0301.09

[25] Sosial, P., Marketing, M., & Ketertarikan, T. (2025). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Ketertarikan Konsumen Melalui Hedonic dan Fungsional Brand Image. 7(April), 352–363.

[26] Sucma, F. A., & Sugiat, M. A. (2023). Pengaruh Brand Equity Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Oleh Customer Satisfaction : Studi Kasus Pada Xiboba. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 406–427. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3021

[27] Sukwadi, R., Suprata, F., & Santosa, S. C. (2019). Identifikasi Atribut-Atribut Inovatif Layanan Karaoke Keluarga : Integrasi Model Nsd-Emf-Kano. Jurnal TEKNO, 17(April), 14–25.

[28] Wahyuni, N. L. P. O., Noer, I., & Trisnanto, T. B. (2022). Consumer Attitude in Purchase of Cavendish Banana in the Modern Market At Bandar Lampung. Journal of Food System and Agribusiness, 6(2), 201–207.

[29] Ying, S. (2024). Guests’ Aesthetic experience with lifestyle hotels: An application of LDA topic modelling analysis. Heliyon, 10(16), e35894. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e35894

[30] Zhang, J., Yao, J., Hu, H., & Zhao, X. (2025). Visual insights into personalizing women’s running shoes: A consumer psychology perspective. Acta Psychologica, 253(1), 104767. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2025.104767

[31] فهمي سليمان, ح., & احمد جاسم, ع. ا. (2024). نظام تقويمي لمستوى القدرات الحركية لتلاميذ الصفوف (1، 2، 3) الابتدائي بطيئي التعلم. Sports Culture, 15(1), 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6

Downloads

Published

2025-07-05