PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP MINAT PEMBELIAN FLASH COFFEE MEDITERANIA TANJUNG DUREN
DOI:
https://doi.org/10.31539/8kc60353Keywords:
Brand Equity, Minat Pembelian, Flash CoffeeAbstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh brand equity terhadap minat pembelian konsumen Flash Coffee Mediterania Tanjung Duren di tengah penurunan minat konsumen yang menyebabkan penutupan 28,6% cabang Flash Coffee di Jakarta pada periode 2022-2023. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode purposive sampling, penelitian melibatkan 170 responden yang pernah berkunjung ke Flash Coffee Mediterania Tanjung Duren. Brand equity diukur melalui empat dimensi: brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty, sedangkan minat pembelian dianalisis menggunakan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian (β=0,308; p=0,000) dengan kontribusi sebesar 76% (R²=0,760). Perceived quality memberikan pengaruh terbesar (β=0,396), diikuti brand association (β=0,322), brand awareness (β=0,268), dan brand loyalty (β=0,184). Meskipun demikian, dimensi brand loyalty menunjukkan nilai terendah, mengindikasikan perlunya strategi khusus untuk meningkatkan keterikatan emosional konsumen guna mempertahankan keberlanjutan bisnis di pasar kopi yang kompetitif.
Kata Kunci: brand equity, minat pembelian, Flash Coffee
References
Alfian Fitriani, A., Andi Hidayat, F., & Suranti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong. Barometer Sains) Inovasi Pembelajaran IPA, 2(2).
Aravind Girish, Wahyudi Pangabean, & Madhav Abhijit Shashank. (2024). The Influence Of Country Of Origin And Quality Perceptions On Purchase Intention (Study At Xiaomi Sales Center - Pekanbaru). Journal of Geoscience, Engineering, Environment, and Technology, 9(1), 92–99. https://doi.org/10.25299/jgeet.2024.9.1.19196
Awaliah, R. (2024). Hubungan Partisipasi Penerapan Sapta Usahatani Padi Dengan Produktivitas Usahatani Anggota Kelompok Tani Mukti Rahayu 2 Desa Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
Azhari, M. T. Al, Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=P7OpEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teori+objek+penelitian+menurut+para+ahli+&ots=efG1C_uiT-&sig=ZOgTxqTRUvzl8wN928tE0uhR5xs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Bharat Rai, & Dawa Sherpa. (2023). Brand Equity and Purchase Intention towards Passenger Cars. Pravaha, 29(1), 131–140. https://doi.org/10.3126/pravaha.v29i1.71413
Budiono, S., Purba, J. T., & Adirinekso, G. P. (2021). Measurement of Purchase Intention through Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Loyalty: An Experience from Indonesia.
Calaccitra, J., Kurniawan, V., Susanthi, N. L., & Suratni, N. W. (2022). Manajemen Produksi Pada CV. Boom Pro Pada Pembuatan Iklan Video Pertamina World Super Bike (WSBK) 2021. Jurnal CalaCcitra, 02. https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra
Chalifah, N. (2023). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli di TokoPedia (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Surapati). Jurnal GICI Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 15(2), 139–148. https://doi.org/10.58890/jkb.v15i2.195
Darmawan, D., Sudrajat, I., Kahfi, M., Maulana, Z., Febriyanto, B., Pendidikan, J., Sekolah, L., Pendidikan, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/10.15294/pls.v5i1.30883
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Ditya Rachmanu, E., Purnomo, F., Hartini, S., Airlangga, U., & Surabaya, I. (2022). Peran social brand engagement dan product quality terhadap peningkatan brand awareness, brand association, dan purchase intention. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12 No. 1, 192–210.
Fangohoi, L., Makabori, Y. Y., & Ataribaba, Y. (2022). Karakterisitik Petani dan Tingkat Partisipasi di Desa Tonongrejo, Jawa Timur. AGROMIX, 13(1), 104–111. https://doi.org/10.35891/agx.v13i1.2877
Fanti, F. P. (2024). Peran Corporate Social Responsibility pada Brand Loyalty dengan Mediasi Perceived Risk, Perceived Quality dan Brand Satisfaction Berbasis Teori Cognitive Motivational Relational.
Feizal Firdaus, M., & Agustina Yamini, E. (2023). Pengaruh Brand Equity dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Sepatu Sandal Merek Eiger. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 2023.
Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Produk, Harga dan Lokasi Kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas IB Barokah di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i2.1086
Fuadiyah, A., Suhud, U., & Krissanya, N. (2025). Evaluation of Consumer Purchase Decisions at Cafe on the Wheels: What is the Role of Social Media Marketing, Brand Image, and Product Quality? In International Journal of Education (Vol. 5, Issue 1). http://lpppipublishing.com/index.php/ijessm
Gouwendra, S. S., & Hermeindito, D. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Perceived Quality, dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen Tote Bag Rudoff. In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 8, Issue 6).
Hadi Abdul, Pualam Muhammad Fadel, Nursito Sarwono, & Haris Abdul. (2023). Pengaruh Life Style dan Trend Terhadap Minat Beli Minuman Kopi Yang Dimediasi Oleh Product Knowledge (Studi Kasus Pada Pelanggan Cafe/Kedai di Kota Klaten). 18, 98.
Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11, 43–55.
Hardani, H. ;, Andriani, H. ;, Ustiawaty, J. ;, & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hayatun, M., & Ernawati, S. (2022). Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Pegawai. 1(2), 182–192. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.20
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Andora Michi, Yudhiet Fajar Dewantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

