SHOPEE PAYLATER DAN FENOMENA BELANJA IMPULSIF: PERAN GAYA HIDUP, LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN AKSES DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN

Authors

  • Silvia Dwi Lestari Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nuraeni Nuraeni Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31539/ha1hx162

Keywords:

Gaya Hidup, Kemudahan Akses, dan Literasi Keuangan, Keputusan Penggunaan Shopee Paylater, Impulsive Buying.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup, kemudahan akses, dan literasi keuangan terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater, dengan impulsive buying sebagai variabel mediasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup, kemudahan akses, dan literasi keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku impulsive buying. Selanjutnya, impulsive buying terbukti memediasi pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap keputusan penggunaan Shopee PayLater. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perilaku konsumtif yang dipicu oleh gaya hidup, kemudahan dalam mengakses layanan, dan rendahnya literasi keuangan berkontribusi dalam pengambilan keputusan penggunaan layanan pembayaran digital berbasis kredit. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi konsumen untuk lebih bijak dalam berbelanja serta bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang bertanggung jawab.

References

Asih Milda Elinda, M. A. S. W. H. (2024). Promosi Penjualan; Gaya Hidup; Pembelian Impulsif. 5(3).

Aulia, T. N., Suryadi, E., & Safitri, H. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Owner, 7(3), 2010–2020. https://doi.org/10.33395/owner.v7i3.1601

Cahyono, P. &. (2024). Pengaruh kemudahan transaksi, keamanan transaksi, gaya hidup terhadap perilaku pembelian tidak terduga (studi kasus pengguna shopee paylater di kec.sumbawa). Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 241–250.

Center, P. R. (2012). Most Latinos Say Democrats Care about Them and work hard for their Vote, far fewer Say so of GOP. European University Institute, 2, 2–5.https://eur-lex.europa.eu/legal-content/PT/TXT/PDF/?uri=CE

Hidayanti, N., Wiryaningtyas, D. P., Ariyantiningsih, F., & Ciptasar, A. D. W. (2023). 3560-194-17074-1-10-20240204. 2(7), 1471–1489.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Lia, D. A. Z., & Natswa, S. L. (2021). Buy-Now-Pay-Later (BNPL): Generation Z’s Dilemma on Impulsive Buying and Overconsumption Intention. Proceeding of The BISTIC Business Innovation Sustainability and Technology International Conference, 193(Bistic), 130–137.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2013). The economic importance of financial literacy. Journal of Economic Literature, 52(1), 65.

Pratnyawati, G. D. T., & Mardiana. (2023). Pengaruh ShopeePayLater Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Impulsive Pada Mahasiswa UIN Malang Jurusan Manajemen 2018-2020. Jurnal Ekbis, 24(01), 72–83. https://jurnalekonomi.unisla.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1758/1014

Ramadany, C., & Artadita, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat Penggunaan Shopee Paylater terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Generasi Z di Indonesia. YUME : Journal of Management, 6(1), 606–614.

Restike, K. P., Presasti, D., Fitriani, D. I., & Ciptani, M. K. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Perilaku Pembelian Impulsif, Dan Gaya Hidup Terhadap Penggunaan Shopee Paylater Gen Z. Jurnal Akuntansi Bisnis, 22(1), 100–113. https://doi.org/10.24167/jab.v22i1.11609

Sanoesi Octanita Wulan Nur Renggani, & Setiawan Hendra. (2022). Pengaruh Presepsi Kemudahan, Manfaat, Intensitas Penggunaan, Gaya Hidup Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Paylater. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA), 4, 1–25.

Saputra, V. R. J., & Sudarwanto, T. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopeepaylatermasyarakat Kota Surabaya. JurnalPendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 168.

Sudarta Bachtiar, T., & Bakhrul Muchtasib, A. (2022). Pengaruh Pengetahuan Riba, Motivasi Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Penggunaan PayLater dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Generasi Milenial Muslim Pengguna ShopeePayLater di Jabodetabek). Prosiding SNAM PNJ .

Zaki, M. F., Basalamah, M. R., & Wahyuningtiyas, N. (2023). Pengaruh Kemudahan, Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee Paylater Pada Kecamatan Kepanjen. E – Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 2343–2350. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm

Downloads

Published

2025-07-17