PENGARUH PRODUCT, SERVICE QUALITY, STORE ATMOSPHERE, DAN PRICE FAIRNESS TERHADAP PURCHASE INTENTION, MELALUI CUSTOMER PERCEPTION DAN SATISFASCTION PADA PELANGGAN K3 MART SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15941Keywords:
Customer Perception, Pelanggan K3 Mart Surabaya, Price Fairness, Product, Purchase Intention, Satisfasction, Service Quality, Store Atmosphere.Abstract
Minimarket bertema korea di Indonesia, telah banyak menarik minat konsumen. Pada minimarket ini menjual makan dan minuman korea. Selain itu juga menyediakan tempat dine in untuk para pelanggan, kelebihan K3 Mart ini mendukung produk UMKM. K3 Mart telah berkomitmen untuk menghadirkan suasana belanja yang nyaman dan autentik, mirip dengan minimarket yang dapat ditemukan di Korea. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Product, Service quality, Store atmosphere, dan Price fairness terhadap Purchase intention, melalui Customer perception dan Satisfasction pada pelanggan k3 mart Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan diolah menggunakan software SPSS 22.0. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan K3 Mart di Surabaya, berdomisili di surabaya, jenis kelamin pria dan wanita, telah memberi produk k3 mart di surabaya selama 2 kali dalam 6 bulan terahkir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, Service quality, store atmosphere, dan price fairness berpengaruh signifikan terhadap customer perception dengan nilai signifikansi masing-masing 0,000; 0,001; 0,039; dan 0,000. Selanjutnya, Service quality, store atmosphere, dan price fairness juga berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, sedangkan variabel produk tidak berpengaruh (sig. 0,343). Terakhir, customer perception dan satisfaction berpengaruh signifikan terhadap purchase intention, masing-masing dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Customer Perception, Pelanggan K3 Mart Surabaya, Price Fairness, Product, Purchase Intention, Satisfasction, Service Quality, Store Atmosphere.
References
Abdullah, M., Rashid, Y., & Hamid, S. (2018). Price fairness and its impact on consumer loyalty: A study of retail markets. Journal of Consumer Behaviour, 17(3), 245-256. https://doi.org/10.1002/cb.1712
Anggara, R. (2023). K3 Mart: Bisnis minimarket Korea yang sukses gaet investor ternama. Bisnis Indonesia. https://www.bisnisindonesia.com
Anggra, M. D. (20 Agustus, 2023). Deddy Corbuzier Resmikan 6 Outlet K3MART, Ini Lokasinya. Wartakotalive.com. Diakes dari: https://wartakota.tribunnews.com/2023/08/20/deddy-corbuzier-resmikan-6-outlet-k3mart-ini-lokasinya?lgn_method=google&google_btn=onetap
Chen, Y., & Zhang, R. (2021). Consumer Preferences for Imported Food Products: A Study on Price-Quality Perception. Journal of Retailing and Consumer Services, 58, 102-115.
Danang, D. (Oktober 4, 2022). 10 Makanan Enak di Lawson yang Viral dan Recommended. Niblle. Diakses dari: https://www.nibble.id/makanan-enak-di-lawson/
Ghozali, I. (2023). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 29. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.
Kim, H., & Lee, J. (2021). The impact of store atmosphere and brand image on purchase intention in Korean-themed minimarkets. International Journal of Retail & Distribution Management, 49(5), 678-695. https://doi.org/10.1108/IJRDM-08-2020-0301
Kim, H., & Lee, S. (2023). The Impact of Themed Store Atmosphere on Customer Loyalty in Korean Pop Culture Retail. International Journal of Hospitality Management, 94, 102-112.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2023). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2021). Marketing management (16th ed.). Pearson.
Oktandyandito, A. (2024). FamilyMart vs Lawson: Persaingan minimarket Jepang di Indonesia. Forbes Indonesia. https://www.forbesindonesia.com
Oktyandito, Y. W. (18 Agu, 2024). Profil FamilyMart, Minimarket Asal Jepang Sukses di Indonesia. IDN Times. Diakses dari: https://www.idntimes.com/business/economy/profil-familymart-minimarket-asal-jepang-00-qftxr-shs831
Pratama, A., & Wijaya, B. (2022). Social media marketing and customer satisfaction in modern retail. Journal of Digital Marketing, 14(2), 112-130. https://doi.org/10.1016/j.jdm.2022.04.005
Rizky Pambudi, A. (2022). Store atmosphere and its effect on emotional responses and buying decisions. Journal of Consumer Psychology, 32(1), 45-60. https://doi.org/10.1002/jcpy.1234
Rust, R. T., Lemon, K. N., & Zeithaml, V. A. (2021). Return on Marketing: Using Customer Equity to Focus Marketing Strategy. Journal of Marketing, 68(1), 109-127.
Sari, D., & Putra, E. (2023). Investment impact on SME growth in the retail sector. Asian Journal of Business Research, 13(1), 88-102. https://doi.org/10.14707/ajbr.230101
Tandiono, B., Wijaya, C., & Halim, D. (2020). Customer perception and post-purchase behavior: A case study of themed retail stores. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102098. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102098
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran jasa: Prinsip dan penerapan [Service marketing: Principles and applications]. Andi Offset.
Vokasi News. (2024). K3 Mart catat pertumbuhan tiga kali lipat usai suntikan modal investor. https://www.vokasi.ac.id/news
Vokasi, V. (30 Juni, 2024). Masiga: Wisata Kuliner Korea. Vokasi: D3 Perpistakaan. diakses dari: https://direktori.vokasi.unair.ac.id/2024/06/30/masiga/21912/wisata-kuliner-korea/editor/
Xendit, X. (April 14, 2021). Lawson: Sejarah, Perjalanan, dan Perbedaan dengan Alfamart. Xendit. Diakses dari: https://www.xendit.co/id/blog/lawson-sejarah-perjalanan-dan-perbedaan-dengan-alfamart/
Xendit. (2021). Lawson Indonesia: Strategi ekspansi dan kolaborasi dengan Alfamart. https://www.xendit.co.id/blog
Yana, Y. (Mei 16, 2024). Tak Perlu Ragu, Kini K3 Mart Resmi Kantongi Sertifikat Halal. LPPOM. Diakses dari: https://halalmui.org/tak-perlu-ragu-kini-k3-mart-kantongi-sertifikat-halal/
Yazgan Pektas, S., & Hassan, M. (2020). Determinants of purchase intention in social commerce. Journal of Internet Commerce, 19(4), 432-456. https://doi.org/10.1080/15332861.2020.1833532
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2020). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rheina Eveline Oktavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.