PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN ADAT BALI DI REZA DISTRO BALI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i4.15955Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Sosial Media Marketing, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan sosial media Marketing terhadap keputusan pembelian pakaian adat Bali pada Reza Distro Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 75 responden yang merupakan konsumen Reza Distro Bali. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, kualitas produk, harga, dan sosial media Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara ketiga variabel, harga merupakan faktor yang paling dominan memengaruhi keputusan konsumen. Nilai R Square sebesar 0,808 menunjukkan bahwa ketiga variabel independen mampu menjelaskan 80,8% variasi keputusan pembelian, sementara sisanya sebesar 19,2% dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang sesuai, dan mengoptimalkan promosi melalui media sosial guna mendorong minat beli konsumen.
References
Aldini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.52005/aktiva.v3i1.130
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gitama, G. N. D. P., Fariza, M., Kartika, I., & Amroni, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Sosial mediaTerhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Digit, 13(2), 165. https://doi.org/10.51920/jd.v13i2.352
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson.
Haris, I., Pahriani, R., & Irsyad, M. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 2(2), 99–105. https://doi.org/10.51875/jibms.v2i2.185
Maulidiyah Ayu Saraswati, & Matheous Tamonsang. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Sosial Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett Whitening dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen, 2(2), 113–131. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i2.1810
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (16th ed.). Pearson.
Safitri, F. (2021). Pengaruh harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk usaha kuliner di kelurahan langgini bangkinang menurut perspektif ekonomi syariah. Skripsi.
Setiyadi, I. nur. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Sosial Media Marketing, E-WOM, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Alzena Di Kabupaten Pati. Jurnal Manajemen, 8(2), 122–136. http://www.maker.ac.id/index.php/maker
Sumaa, S., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Iklan Sosial mediaTerhadap Minat Beli Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado). 304 Jurnal EMBA, 9(4), 304–313.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gusti Ayu Nina Wirastiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.