STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS USAHA FRANCHISE “HISANA FRIED CHICKEN” DI DESA KEBONAGUNG KECAMATAN SUKODONO
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.16001Keywords:
Strategi Pengembangan Bisnis, Bisnis Franchise, Segmentasi Pasar, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang diterapkan oleh pengusaha franchise “Hisana Fried Chicken” di Desa Kebonagung Kecamatan Sukodono dalam upaya pengembangan bisnis. Penelitian ini berfokus pada bagaimana suatu perusahaan dapat mengelola usahanya dengan baik sesuai dengan konsep Global Business Management. Metode penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha franchise Hisana Fried Chicken telah menerapkan Konsep Segmentasi Pasar dan Strategi Marketing Mix 4P. Adapun konsep segmentasi pasar berfokus pada keluarga, pekerja kantoran, dan mahasiswa atau pelajar. Kemudian Strategi Marketing Mix 4P meliputi product, price, place, dan promotion. Strategi product dilakukan dengan menciptakan produk yang unggul berkualitas, sementara strategi price berfokus pada penetapan harga yang dan terjangkau. Selain itu, strategi place berfungsi untuk menganalisis lokasi bisnis yang tepat serta strategi promotion digunakan untuk menganalisis bagaimana memasarkan produk kepada konsumen. Upaya peningkatan penjualan produk dapat dilakukan melalui analisis SWOT yaitu dengan meningkatkan kualitas dan mutu produk, meningkatkan kegiatan branding produk, menjalin kerjasama dengan beberapa investor serta memberikan pelatihan kepada karyawan. Dapat disimpukan bahwa penerapan strategi bisnis yang tepat dapat membantu usaha franchise Hisana Fried Chicken dapat berkembang dan sukses. Saran yang bisa diberikan ialah melakukan kegiatan promosi produk supaya usahanya semakin digemari oleh masyarakat luas.
References
[1] Mahmud dan Anomsari. 2011. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan (Studi Pada UMKM) Barito Semarang), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2011 hal. 3.
[2] D. A. Wulandari. 2021. “Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel intervening: Studi pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2020,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
[3] Salim H.S. 2010. Perkembangan Hukum kontrak Innominaat Di Indonesia,. Jakarta: Sinar Grafika. h. 164.
[4] Abdulkadir Muhammad. 2010. Hukum Perusahaan Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. , h. 554-555
[5] Cheesman, Henry R., “Business Law: The Legal, Ethical, and International Environment,” Edisi Kedua, New Jersey, Engelewood Cliffs, 1995.
[6] Mandasari, V., & Tama, B. A. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ.
[7] Winneke, O. (2013, Mei 14). Fried Chicken, Si Krenyes Gurih dari Amerika. http://food.detik.com/read/2013/05/14/070058/2244903/297/fried-chickensi-krenyes-gurih-dari-amerika. diakses pada tanggal 11 Mei 2025.
[8] Valoka, Adwi. 2017. Sejarah Fast Food dan Junk Food. Diakses melalui http://repository.unpas.ac.id/28077/4/BAB%20II.pdf. diakses pada tanggal 11 Mei 2025.
[9] Wandansari, dessy natalia. 2015. Hubungan antara konsumsi fast food, kebiasaan olahraga, faktor genetik dan durasi tidur dengan status gizi pada remaja. Skripsi. Universitas Jember Jawa Timur.
[10] Khomsan, A. (2004). Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[11] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[12] Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maudy Nur Arifianti, Adinda Irayanti, Putri Purnama Sari, Nadia Salsabillah, Orien Maulya Dwi Pramesti, Maulana Ali Syahidin, Sriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.