PENGARUH KESADARAN MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THRIFTHING PADA SOGI THRIFT RAPPANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/0tm47t88Keywords:
Kesadran Merek, Persepsi Kualitas, Keputusan PembelianAbstract
Fenomena thrifting atau pembelian barang bekas yang masih layak pakai kini menjadi tren yang semakin berkembang, terutama di kalangan anak muda. Sogi Thrift Rappang sebagai salah satu pelaku usaha thrifting menghadapi persaingan pasar yang cukup ketat, sehingga perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Dalam hal ini, dua faktor yang dianggap berperan penting adalah kesadaran merek dan persepsi kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian thrifting pada konsumen Sogi Thrift Rappang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 71 responden dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 26 dengan teknik uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis berupa uji t dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kesadaran merek maupun persepsi kualitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Sogi Thrift Rappang. Temuan ini mengindikasikan bahwa kesadaran merek dan persepsi konsumen terhadap kualitas produk menjadi faktor penting dalam mendorong keputusan pembelian dalam pasar thrifting.
References
Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105–114. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278
Cahyani, P. D., Utami, N., & Lestari, S. B. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866.
Darmawan, D., & Arifin, S. (2021). The Studi Empiris tentang Perilaku Konsumen Produk Air Minum dalam Kemasan Ditinjau dari Variabel Harga dan Kesadaran Merek. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 179. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.434
Fahlefi, D. Ri., & Indriastuti, A. (2019). Pengaruh Kesadaran Merk, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Vivo Pada Angkasa Cell Di Kabupaten Blora. Jurnal Stie Semarang, 11(1), 38–51. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v11i1.337
Hanim Faizal1, S. N. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(No.2), 307–316.
Hernawan | anggi saeful majid. (2023). Larangan Thrifting di Indonesia: Kontroversi dan Dampaknya. Retrieved November 12, 2024, from yoursay.id website: https://yoursay.suara.com/kolom/2023/04/08/172500/larangan-thrifting-di-indonesia-kontroversi-dan-dampaknya
Laraswati, C., & Harti, H. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(2), 185–196. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.564
Porajow, K. C., Kalangi, J. A. ., & Tamengkal, L. F. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Manado. Jurnal Productivity, 1(5), 446–452.
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25. https://doi.org/10.19184/ejeba.v7i1.14849
Rusdi, M., Thahir, I. M. C., Latif, A., & B, S. (2023). Manajemen Pengembangan Produk (Diana purnama sari, Ed.). GETPRESS INDONESIA.
Saidi, S. A., Asnawi, R. . A., & Huwae, V. E. (2023). Peran Citra Merek Dan Kesadaran Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Tuni Maluku. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 42–58. https://doi.org/10.33477/eksy.v5i01.5477
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.32502/jimn.v11i1.3427
Sari, R. K., & Sari, L. P. (2024). Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Thrift Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Growth, 21(2), 493. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v21i2.3984
Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402
Sugi Priharto. (2024). Mengenal Teori Hierarchy Of Effects dalam Proses Marketing. Retrieved from kledo website: https://kledo.com/blog/hierarchy-of-effects/
Sumual, P., Soegoto, A. . ., & Samadi, R. . . (2023). Analisis Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mobil Di Pt. Hasjrat Abadi Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1271–1282. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47439
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. CommIT Journal, 16(1), 9–18. https://doi.org/10.21512/commit.v16i1.7583
Syifa Fauziah, & Wahyu Istigh Fadila Daraja. (2022). Pengaruh Kesadaran Merk Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pemakaian Jasa Penerbangan Garuda Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 373–386. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i3.385
Wulandari, A., Priyoni, A. A., & Saraswati, E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Social Media Influencers Terhadap Minat Beli Produk Skincare MS Glow (Studi Kasus Wanita Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 221–232.
Yosefine, C., & Budiono, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Produk Innisfree pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(2), 277–286. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i2.23395
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fifi Lestari Sudirman, Muhammad Rusdir, Bahtiar Herman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

