PENGARUH GREEN PRODUCT DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK AMDK AQUA
DOI:
https://doi.org/10.31539/p9jqdc07Keywords:
Produk Hijau, Kepercayaan Merek, Loyalitas PelangganAbstract
Masalah lingkungan merupakan hal yang mendesak yang perlu ditangani saat ini. Sampah plastik merupakan salah satu penyebab masalah lingkungan. Perusahaan Danone merupakan salah satu perusahaan yang telah berorientasi pada lingkungan, melalui produk Aqua. Sejak tahun 2018 Aqua meluncurkan gerakan #BijakBerplastik yang menggaris bawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia: edukasi daur ulang kepada konsumen, inovasi kemasan produk, dan pengembangan infrastruktur pengumpulan sampah. Sebagai bentuk inovasi kemasan, Aqua telah meluncurkan AQUALIFE, botol air minum pertama di Indonesia yang terbuat dari 100 persen plastik daur ulang. Aqua merupakan produk yang memenangi pasar AMDK. Meskipun begitu sejak tahun 2021-2024 Aqua mengalami penurunan penjualan sebesar 5% yang mengindikasikan penurunan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah convenience sampling yang termasuk dalam metode non-probability sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 210. Hasil penelitian menunjukan bahwa green product dan brand trust berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Selain itu, green product dan brand trust berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.
References
[1] Kompas.com, “16 Dampak Pemanasan Global Terhadap Dunia,” kompas.com. Accessed: Jun. 19, 2023. [Online]. Available: https://lestari.kompas.com/read/2023/06/19/100000386/16-dampak-pemanasan-global-terhadap-dunia?page=all
[2] Disway.id, “Makin Sadar Lingkungan, 50,6 Persen Orang Indonesia Beli Produk Ramah Lingkungan Meski Lebih Mahal,” disway.id. Accessed: Dec. 01, 2022. [Online]. Available: https://disway.id/read/790297/makin-sadar-lingkungan-506-persen-orang-indonesia-beli-produk-ramah-lingkungan-meski-lebih-mahal
[3] H. N. Hanifah, N. Hidayati, R. Mutiarni, S. Pgri, and D. Jombang, “Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware,” J. Ris. Manaj. dan bisnis dewantara, vol. 2, no. 1, 2019, doi: https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345.
[4] Kompasiana, “Strategi Manajemen Isu Lingkungan Oleh Perusahaan Aqua (Studi Kasus Pada Produk Aqua Life ),” kompasiana. Accessed: Dec. 24, 2024. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/kansatriwandari7129/676a530f34777c56ec6f6ae3/strategi-manajemen-isu-lingkungan-oleh-perusahaan-aqua-studi-kasus-pada-produk-aqua-life
[5] Kontan.co.id, “AQUA Pertegas Komitmen Inovasi Kemasan dan Optimalisasi Pengelolaan Sampah Plastik.” Accessed: Jul. 03, 2024. [Online]. Available: https://pressrelease.kontan.co.id/news/aqua-pertegas-komitmen-inovasi-kemasan-dan-optimalisasi-pengelolaan-sampah-plastik
[6] A. M. Fauzan, “Asosiasi: Pertumbuhan industri minuman disokong produk air kemasan,” ANTARA kantor berita Indonesia. Accessed: Mar. 13, 2024. [Online]. Available: https://www.antaranews.com/berita/4007394/asosiasi-pertumbuhan-industri-minuman-disokong-produk-air-kemasan
[7] “Top Brand Award.” [Online]. Available: https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=432&tahun_awal=2021&tahun_akhir=2024&brand1=Ades&brand2=AQUA&brand3=Cleo&brand4=Club&brand5=Le Minerale
[8] M. Ramadhani and Nurhadi, “Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua,” J. Ilm. Ekon. Dan Bisnis Univ. Multi Data Palembang, vol. 11, no. 2, pp. 200–214, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
[9] B. A. Nugroho, Strategi Jitu Memilih Metode Statistika Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi, 2002.
[10] M. Laroche, J. Bergeron, and G. Barbaro-Forleo, “Targeting consumers who are willing to pay more for environmentally friendly products,” J. Consum. Mark., vol. 18, no. 6, pp. 503–520, 2001, doi: 10.1108/EUM0000000006155.
[11] D. Setiaji and R. Ekawati, “Kontribusi Green Product Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan ADES,” Pros. FRIMA (Festival Ris. Ilm. Manaj. dan Akuntansi), vol. 6681, no. 3, pp. 267–277, 2022, doi: 10.55916/frima.v0i3.349.
[12] A. Sari, “Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Brand Terhadap Loyalitas Konsumen Produk the Body Shop Di Semarang,” Universitas Katolik Soegijapranata ALVONSA, 2020. [Online]. Available: http://repository.unika.ac.id/id/eprint/23049%0Ahttp://repository.unika.ac.id/23049/5/16.D1.0225_ALVONSA PRADIPTA SARI - BAB IV.pdf
[13] E. Subiantoro and L. P. Budidharmanto, “The effect of green product and green promotion on increased consumer loyalty at starbucks coffee,” J. Bus. Hosp. Tour., vol. 7, no. 3, p. 205, 2021, doi: 10.22334/jbhost.v7i3.252.
[14] P. Copley, Marketing Communications Management. Galway: Ann Torres1 National University or Ireland: Galway: Ann Torres1 National University or Ireland, 2014.
[15] elena delgado Ballester, “Development and Validation of a Brand Trust Scale,” Int. J. Mark. Res., vol. 45, no. 1, p. 11, 2003, doi: 10.1177/147078530304500103.
[16] R. Huaman-Ramirez and D. Merunka, “Brand experience effects on brand attachment: the role of brand trust, age, and income,” Eur. Bus. Rev., vol. 31, no. 5, pp. 610–645, 2019, doi: 10.1108/EBR-02-2017-0039.
[17] F. Agatha and K. Rosalina, “Pengaruh Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Pengguna Shopee di Surabaya,” J. Strateg. Pemasar., vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10027
[18] R. A. E. Apriliani, “Pengaruh Brand Trust, Brand Eqouity dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada pelanggan The Botol Sosro di Wanosobo),” J. PPKM, vol. 6, 2019, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/333895458_Pengaruh_Brand_Trust_Brand_Equity_dan_Brand_Image_Terhadap_Loyalitas_Pelanggan_Studi_Pada_Pelanggan_Teh_Botol_Sosro_di_Wonosobo
[19] A. Hasan, marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: caps publishing, 2013. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/332149105/Marketing-Dan-Kasus
[20] P. Kotler and kevin lane Keller, manajemen pemasaran. Jakarta: erlangga, 2010.
[21] Griffin, Perilaku Organisasi Manajemen. Jakarta: salemba empat, 2013.
[22] J. Griffin, Customer Loyalty : Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. jakarta: erlangga, 2005.
[23] U. Sekaran and R. Bougie, Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, 6th ed. jakarta selatan: salemba empat, 2017.
[24] Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, 2nd ed. Bandung: alfabeta, 2022.
[25] U. Sekaran and R. Bougie, Research Methods for Business, vol. 34, no. 7. 2016. doi: 10.1108/lodj-06-2013-0079.
[26] Firanazula, V. D. R. Safavi, A. N. J. Saputri, and A. Sudrajat, “Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Akunt. dan Keuang., vol. 18, no. 1, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/AKUNTABEL/article/view/8917/1180
[27] Y. P. Dewi, “ANALISIS PENGARUH BRAND, HARGA DAN IKLAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN AIR MINERAL MEREK AQUA,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016. [Online]. Available: https://eprints.ums.ac.id/40851/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melda Stepany Hutapea, Tania Adialita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

