PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOPI NAKO DAUR BAUR SENAYAN PARK

Authors

  • Evelyn Octaviani Universitas Bunda Mulia
  • Imam Ardiansyah Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31539/njemw257

Keywords:

Green Marketing, Keputusan Pembelian, Kopi Nako Daur Baur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian konsumen di Kopi Nako Daur Baur Senayan Park, dengan mengukur variabel melalui empat dimensi: green product, green price, green place, dan green promotion. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan kausal, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda, uji T, uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan green marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, namun secara parsial hanya dimensi green product dan green price yang berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan green place dan green promotion tidak berpengaruh signifikan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa green marketing mampu menjelaskan 74% variasi keputusan pembelian. Penelitian ini juga mengungkap adanya kendala internal seperti keterbatasan sumber daya manusia dan beban kerja staf, serta kendala eksternal berupa rendahnya respon konsumen terhadap fasilitas dan informasi keberlanjutan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku bisnis F&B dalam merancang strategi pemasaran hijau yang lebih efektif dan sesuai dengan perilaku konsumen.

References

Assidiki, Z. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI, KUALITAS PRODUK, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN HAUS SERTA TINJAUANNYA BERDASARKAN SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus pada Konsumen Haus! di Wilayah DKI Jakarta). Universitas YARSI.

ASTUTIK, P., & Walyoto, S. (2023). PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GARNIER (Studi Kasus pada Konsumen Produk …. eprints.iain-surakarta.ac.id.

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Devi, F. K. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Empiris pada …. repositori.unimma.ac.id.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity.

Hamas Abdullah Azzam, N. P. M. (2023). Pengaruh Brand Experience dan Brand Trust Terhadap Brand Loyality pada Mie Gacoan di DKI Jakarta. Politeknik STIA LAN Jakarta.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.

Maradita, F. (2021). Pengaruh Penerapan Green Marketing dan Faktor Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Uht Ultramilk (Studi Kasus Masyarakat Kota Sumbawa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 1–9.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan uji statistik: Implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Pulungan, A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam …. etd.uinsyahada.ac.id.

Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan penggunaan software spss dalam pengolahan regressi linear berganda untuk mahasiswa fakultas ekonomi universitas simalungun di masa pandemi Covid-19. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 202–208.

Putra, B. P., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh komunikasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Mackessen Indonesia. Jurnal Ekonomi Utama, 1(3), 154–159.

Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen.

Ula, L. S. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Seblak dan Baso Aci Dapur Azka, Jakarta Barat. SOCIORA: The Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 197–208.

Downloads

Published

2025-08-04