TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI AKUNTANSI UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31539/mg27dh30Keywords:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Manfaat, Pengetahuan Akuntansi, Minat Penggunaan, Aplikasi Akuntansi, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi keamanan, persepsi manfaat, dan pengetahuan akuntansi terhadap minat penggunaan aplikasi akuntansi pada pelaku UMKM di Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku UMKM bidang kuliner di Kota Tegal, yang tercatat sebanyak 21.084 UMKM pada tahun 2024. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sebanyak 329 responden yang telah menggunakan aplikasi akuntansi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, sedangkan pengolahan data menggunakan analisis kuantitatif terhadap data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, persepsi keamanan, persepsi manfaat, dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan aplikasi akuntansi oleh pelaku UMKM. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor-faktor tersebut menjadi pendorong utama dalam adopsi teknologi akuntansi oleh UMKM kuliner di Kota Tegal.
References
Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi Pencatatan Akuntansi Pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1). https://doi.org/10.18202/jamal.2019.04.10011
Aeni, S. N., & Herawati, T. D. (2018). Faktor Penentu Minat Penggunaan E-Commerce Shopee Untuk Pembelian Online Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model).
Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, serta Kesadaran Nasabah terhadap Adopsi E-Banking di Bank BRI Surabaya. Journal of Business and Banking, 6, 113–128. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1
Ais, R. R., & Wafiroh, N. L. (2024). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, dan Pengetahuan Akuntansi terhadap Minat UMKM Menggunakan Aplikasi Akuntansi. COSTING, 7(4). https://databoks.katadata.co.id
Al Farisi, S., & Iqbal Fasa, M. (2022). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1). http://ejurnal.iaipdnganjuk.ac.id/index.php/es/index
Al-Rahmi, W., Yahaya, N., Aldraiweesh, A., Alamri, M., Ali, N., Alturki, U., & Aljeraiwi, A. (2019). Integrating Technology Acceptance Model with Innovation Diffusion Theory: An Empirical Investigation on Students’ Intention to Use E-Learning Systems. IEEE Access, PP, 1. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2899368
Amri, K. (2011). Pengaruh Keterampilan Guru Mengelola Kelas Menurut Persepsi Siswa terhadap Minat Belajar Pkn Siswa di SMK Negeri 1 Bandar Lampung Tahun 2010/2011. Universitas Lampung.
Andhika, Y. H., & Damayanti, T. W. (2017). Niat Melakukan Pencatatan Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah: Pengetahuan Akuntansi ataukah Herding? Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(2), 331–346. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i2.664
Astutie, Y. P., & Fanani, B. (2015). The factors affecting intention to adopt FAS for SMEs and to use IT in financial report: Empirical study in Central Java Indonesia. Proceedings of the International Conference on Accounting Studies (ICAS). www.icas.my
Astutie, Y. P., & Fanani, B. (2016). Small to Medium-sized Enterprises and Their Financial Report Quality. International Journal of Economics and Financial Issues |, 6(S4), 36–45. http:www.econjournals.com
Baydhia, M., & Haryati, T. (2021). Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Mobile Pada UMKM di Sidoarjo. Seminar Nasional Akuntansi Dan Call for Paper, 1(1), 70–78.
Br Ginting, D., & Nugraha, A. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kualitas Sistem, dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Sakuku Bca. Media Informatika, 18(1).
Chin, W. W., & Todd, P. A. (1995). On the Use, Usefulness, and Ease of Use of Structural Equation Modeling in MIS Research: A Note of Caution. MIS Quarterly, 19(2), 237–246. https://doi.org/10.2307/249690
Chin, W., & Marcoulides, G. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 8.
Dalcher, I., & Shine, J. (2003). Extending the New Technology Acceptance Model to Measure the End User Information Systems Satisfaction in a Mandatory Environment: A Bank’s Treasury. Technology Analysis & Strategic Management, 15(4), 441–455. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/095373203000136033
Dali, N., Aswati, W. O., & Fiskal. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan E-Money terhadap Kinerja Keuangan Pada UMKM: Pendekatan Model TAM. Jurnal Akuntansi & Keuangan, 8(2). https://doi.org/http://jak.uho.ac.id/index.php/journal
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, And User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008
Deliyana, R., Permatasari, B., & Sukmasari, D. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Mobile Banking Bca. Journal of Economic and Business Research, 2(2), 1–16.
Desky, H., Murinda, R., & Razali, R. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2), 1812–1829. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772
Dewantara, A., & Trisnaningsih, S. (2024). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengetahuan IT dan Motivasi dalam Penggunaan Aplikasi Keuangan Online pada Sektor UMKM. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6, 10987–10991. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3757
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI, 3(2), 27–37.
Fitriana, A., & Amelia, S. R. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Seluler Pada UMKM Kabupaten Purbalingga. Jurnal E-Bis, 7(1), 14–24. https://doi.org/10.37339/e-bis.v7i1.1124
Gefen, D., Karahanna, E., & Straub, D. (2003). Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quarterly, 27, 51–90. https://doi.org/10.2307/30036519
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://books.google.co.id/books?id=JdqJAQAA
Handayani, T. P., & Anggrainie, N. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Keamanan terhadap Minat menggunakan melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada E-Wallet Flip di Kota Bekasi. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(3), 220–235. https://doi.org/10.59841/excellence.v2i3.1755
Iba, Z., & Wardhana, A. (2024). Metode penelitian (pp. 198-240). Eureka Media Aksara.
Indriasih, D., Rahmatika, D. N., Subroto, S., Fajri, A., & Waskito, J. (2023). Assistance for the Preparation of Financial Statements and Taxes for MSMEs in Tegal City. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 97–102. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang1349
Jebran, J. K., & Hossain, Md. A. (2012). Consumer’s Perception on General Banking Activities of Commercial Banks: A Study in the Banking Context of Bangladesh. European Journal of Business and Management, 4(7), 54–70. https://doi.org/https://www.iiste.org/Journals/index.php/EJBM/article/view/1814
Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset, 235.
Karimah, L. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pemahaman dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Angkatan 2016). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2024). Terms of Reference (TOR) Pengadaan Jasa Lainnya Tenaga Pendukung Pengembangan Ekosistem Bisnis.
Komala, H. (2021). Pengaruh Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Gopay (Studi Pada Pengguna Gopay Jakarta. Penulisan Ilmiah
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 2 (12th ed.). Indeks.
Lestari, N. A., & Rustiana, S. H. (2019). Pengaruh Persepsi Owner dan Pengetahuan Akuntansi Dalam Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Di Pamulang. BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 1(2).
Linawati, E., & Restuti, M. M. D. (2015). Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. CBAM, 2(1).
Maharseni, N. W. (2018). Analisis Faktor-faktor Tingkat Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.
Mahendra, I. (2016). Penggunaan Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Mengevaluasi Penerimaan Pengguna terhadap Sistem Informasi Pada Pt. Ari Jakarta. Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 183–195. https://doi.org/https://doi.org/10.51998/jsi.v5i2.105
Mahmudah, C., & Sukaris. (2024). Pengaruh Fitur Layanan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi E-Wallet XYZ Di Gresik. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 7552–7563. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Marisa, O. (2020). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Berpengaruh terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology. Jurnal Administrasi Kantor, 8(2), 139–152.
Mustofan, F. J., & Kurniawati, L. (2024). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Risiko dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana. In YUME: Journal of Management (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/6511/4380
Nainggolan, L. P. S. I., Abdullah, M. A.-F., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Keamanan terhadap Keputusan Penggunaan Gotransit (Studi Kasus Stasiun Tanah Abang). Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i5.485
Niswonger, C. R., Warren, C. S., & Reeve, J. M. (2000). Prinsip-Prinsip Akuntansi. Erlangga.
Nurul, S., Anggrainy, S., & Aprelyani, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keamanan Sistem Informasi: Keamanan Informasi, Teknologi Informasi dan Network (Literature Review Sim). JEMSI, 3(5). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i5
Permana, G. P. L., & Rosiana, P. M. C. (2022). Pengaruh Tingkat Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, dan Computer Self Efficacy Pada Penerimaan Aplikasi Myob Pada Siswa Smk Akuntansi di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 89–105. https://doi.org/https://doi.org/10.38043/jiab.v7i1.3464
Pramurindra, R., Afifah Primala, D., & Putri, P. K. (2022). Technology Acceptance Model Sebagai Predicted Teory Pada Pemanfaatan Teknologi UMKM di Era New Normal. In Bisnis dan Akuntansi (JEBA) (Vol. 24). www.kominfo.go.id
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Putri, A., & Putranti, E. C. (2024). Dampak Persepsi, Pengetahuan Akuntansi terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal PETA, 9(1), 116–139. https://doi.org/https://doi.org/10.51289/peta.v9i1.796
Putri, L. T., Aini, A. P. N., Solekah, N. A., & Istiqomah, D. F. (2023). Exploring E-Commerce Adoption in Small and Medium Enterprises (SMEs) using the Technology Acceptance Model. International Journal of Business Economics (IJBE), 5(1), 15–0. https://doi.org/10.30596/ijbe.v5i1.16262
Raditya, V. R., Primasari, D., & Widianingsih, R. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi Aplikasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). JURNAL RISET AKUNTANSI SOEDIRMAN (JRAS), 1.
Raman, A., & Annamalai, V. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:11667514
Renaldi, W. (2021). Pengaruh Kegunaan Dan Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bni Syariah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi [Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. Repositori UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Rihadatul Ais, R., & Lailiyul Wafiroh. (2024). The Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use, And Accounting Knowledge On Smes’ Interest in Using Accounting Applications. https://databoks.katadata.co.id
Riskiawani, N. S. (2024). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Lama Usaha Dan Kondisi Yang Memfasilitasi Pengguna Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada UMKM Kota Tegal. Universitas Pancasakti Tegal.
Robaniyah, L., & Kurnianingsih, H. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. Journal IMAGE |, 10(1), 53–62.
Simanjuntak, O. S. (2011). Pengembangan Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Menuju Masyarakat Informasi. TELEMATIKA, 8(1), 26–32.
Siregar, A. F. (2009). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Jasa di Kota Medan. Universitas Sumatra Utara.
Sitorus, S. D. H. (2017). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pengetahuan Tentang Akuntansi terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pedagang di Wilayah Kelurahan Helvetia Tengah Medan. Jurnal At-Tawassuth, 2.
Sophian, N. S., & Wi, P. (2022). Analisis Pengaruh Teknologi, Pengetahuan Akuntansi, Omzet Usaha, Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Umkm (Studi Kasus Pada Pelaku UMKM Sebagai Pengguna Aplikasi Grabfood Di Kawasan Pasar Lama Tangerang). GLOBAL ACCOUNTING: JURNAL AKUNTANSI, 1(3). https://doi.org/https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/ga
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Bandung: Afabeta.
Sukmawati, K., & Kowanda, D. (2022). Keputusan Penggunaan E-Wallet Gopay Berdasarkan Pengaruh Keamanan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 5(1), 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.481
Supriadi, Erwin Saputra Siregar, & Aztyara Ismadharliani. (2023). Pengaruh Manfaat dan Kemudahan terhadap Minat Menggunakan BSI Mobile Pada Masyarakat di Desa Sungai Tering Kecamatan Nipah Panjang. Maslahah: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 99–119. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i1.667
Susanto HT, A., Lee, H., Zo, H., & Ciganek, A. (2012). User Acceptance of Internet Banking in Indonesia: Initial Trust Formation. Information Development, 29. https://doi.org/10.1177/0266666912467449
Syabila, F. F., Oktavia, R., & Tubarat, C. P. T. (2021). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Komitmen Organisasi, Karakteristik Wirausaha dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap Kinerja Manajerial Pada “Coffee Shop” Di Bandar Lampung. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 26(1), 22–33. https://doi.org/https://doi.org/10.23960/jak.v26i1.234
Tsiakis, T., & Sthephanides, G. (2005). The Concept of Security and Trust in Electronic Payments. Computers & Security, 24(1), 10–15. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cose.2004.11.001
Venkatesh Robert Smith, V. H., & Morris, M. G. (2000). Why Don’t Men Ever Stop to Ask for Directions? Gender, Social Influence, And Their Role in Technology Acceptance and Usage Behavior 1. In Technology Acceptance and Usage MIS Quarterly (Vol. 24, Issue 1). https://ssrn.com/abstract=3681106
Venkatesh, V., & Bala, H. (2008). Technology Acceptance Model 3 and a Research Agenda on Interventions. Decision Sciences - DECISION SCI, 39, 273–315. https://doi.org/10.1111/j.1540-5915.2008.00192.x
Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926
Wibowo, A. (2008). Kajian tentang perilaku pengguna sistem informasi dengan pendekatan technology acceptance model (TAM). Konferebsi Nasional Sistem Informasi.
Wicaksono, S. R. (2022). Teori Dasar Technology Acceptance Mode. CV. Seribu Bintang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254
Widodo, T., & Putri, S. F. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital LinkAja dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Organisasi (JMO), 12(2), 134–145.
Wiratama, K., & Sulindawati, N. L. G. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Pengetahuan Akuntansi dan Kompatibilitas terhadap Minat UMKM dalam Menggunakan Aplikasi Si Apik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 13(01).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahzami Ahmad Nursati, Yanti Puji Astutie, Aminul Fajri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.