HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN TERHADAP SISWA SMA DARUL ULUM NGLUMBER BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.16090Keywords:
Disiplin Siswa, Pengendalian Diri, Dukungan Orang Tua.Abstract
Tingkat kedisiplinan siswa mencerminkan sejauh mana individu mampu mengatur dirinya sendiri dan bertindak secara konsisten dengan aturan. Salah satu aspek krusial yang turut berkontribusi terhadap terbentuknya disiplin adalah adanya dukungan sosial dari orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kontrol diri (X1) dan dukungan sosial orang tua (X2) terhadap perilaku disiplin siswa (Y). Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode cluster random sampling, dan pengolahan data melibatkan uji normalitas, uji linearitas, serta analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian memperlihatkan adanya korelasi yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan kedisiplinan siswa (p = 0,000), begitu pula dengan variabel kontrol diri yang menunjukkan hasil signifikan (p = 0,000; r = 0,508). Secara simultan, kedua variabel ini memberikan pengaruh bermakna terhadap disiplin siswa, yang ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 34,163, lebih tinggi dibandingkan F tabel sebesar 3,09. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,998 mengindikasikan bahwa 99,8% variasi dalam tingkat kedisiplinan dapat dijelaskan oleh kontrol diri dan dukungan sosial dari orang tua, sementara 0,2% sisanya disebabkan oleh faktor-faktor lain.
References
Ali, M & Asrori, M. (2008). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali, M., & Asrori, M. (2004). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik.
Amri, Sofan. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
Aroma, I. S., & Sumara, D. R. (2012). Hubungan antara tingkat kontrol diri dengan kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 01(02), 1–6.
Bahri, S. (2009). Tanggung Jawab, Disiplin, Jujur Itu Keren (Pendidikan Anti Korupsi Kelas I SMP/MTS). Jakarta: KPK Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat.
Bahri, S., & Tajiri, Y. (2008). Tanggung jawab, disiplin, jujur itu keren! Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Barbarosa, K., Putri, N. M. D., & Chusairi, A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Remaja Awal Penghuni Panti Asuhan Bani Yaqub Surabaya. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(7), 3290-3300.
Baron, R.A., & Byrne, D. (2010). Social Psychology: Understanding Human Interaction. Boston: Allyn & Bacon, Inc.
Calhoun, J. F., dan Acocella, J. R. (1990). Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: Press Semarang.
Cutrona E. Carolyn. (1994). Dukungan Sosial Orang Tua dan Prestasi Akedemik. Jurnal Kepribadian dan Sosial. 66(2): 369-378.
Depag, RI. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah : Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Depag R.I.
Desyantoro, I., Widyawati, S., & Winta, M. V. I. (2020). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kedisiplinan pada Peserta Didik SMP Hasanuddin 10 Kota Semarang. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(1),
Duckworth, A. L., Kim, B., & Tsukayama, E. (2013). Life stress impairs self-control in early adolescence. Frontiers in psychology, 3(1), 1- 12.
Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2018). Hubungan antara dukungan sosial Orang Tua dengan motivasi belajar pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154-159.
Fatimah, E. (2008). Psikologi perkembangan. Pustaka Setia, Bandung.
Febriani, U. F., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Kedisiplinan pada Siswa SMK Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 92. .
Ghufron, M. Nur, Rini Risnawati S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ghufron, N. M., & Risnawati. S. (2010). Teori-teori psikologi. Arruz Media Grup, Yogyakarta.
Gunawan, L. N. (2017). Kontrol Diri dan Penyesuaian Diri dengan Kedisiplinan Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 16–24.
Gunawan, L.N.(2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Penyesuaian Diri Dengan Kedisiplinan Siswa Mts Sulaiman Yasin Samarinda. Psikoborneo, Volume 5, Nomor 1, 2017 : 104 – 117.
Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriptif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan, 2 (1), 1-8.
Hidayat, H. Syarif. (2013). Pengaruh Kerjasama Orangtua dan Guru terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kecamatan Jagakarsa – Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah WIDYA. Vol. 01, No. 02, hlm. 92 – 99.
Hurlock, Elizabeth B. (1991). Perkembangan Anak. Edisi Keenam. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Komasari, D., & Helmi, A. F. (2000). Faktor-faktor penyebab perilaku merokok pada remaja. Jurnal Psikologi, 27(1), 37-47.
Kurniati, Dinda Akrimna. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dan Kenakalan Remaja DI SMP X.
Kusdiyati, S., & Halimah, L. (2011). Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA pasundan 2 bandung. Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi, 8(2), 172.
Malatras, J. W. & Allen C. I. (2013). The influence of family stability on selfcontrol and adjustment. Journal of Clinical Psychology. 69(7): 661- 670.
Mayangsari, A. G. (2022). Hubungan Konsep Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan Kenakalan Remaja Di Smp Negeri 2 Pekanbaru (Doctoral Dissertation, Uin Sultan Syarif Kasim Riau).
Mediawati, D., Arifin, B. S., & Supriyatin, T. (2012). Hubungan dukungan keluarga terhadap penyesuaian diri pada pasien psikotik resosialisasi di panti sosial bina laras phala martha Sukabumi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 602-615.
Monks, F.J., A.M.P, dan Haditono, S. R. (2002). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press.
Mulyasa. (2012). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Pujawati, Z. (2016). Hubungan kontrol diri dan dukungan orang tua dan perilaku disiplin pada santri di pondok pesantren Daruss’adah Samarinda. eJournal Psikologi. Vol 4(2), 227- 236. Putri, C, P & Laksmiwati, H. (2012). Perbedaan penyesuaian diri siswa ditinjau dari kematangan emosi dan tipe kelas pada MAN 1 Model Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Psikologi UNESA. 13, (2).
Pujawati, Z. (2015). Hubungan Kontrol Diri dan Dukungan Orang Tua Terhadap Perilaku Disiplin Pada Santri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3), 321–330.
Sani, Mar’ati K. (2019). Hubungan Pemberian Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Disiplin Belajar Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 4 Tahun ke 8 2019.
Santrock, John W. (2012). Life span development (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Sari, Saparudin; Murad, Abdul; & Aziz, A. (2020). Tabularasa : Jurnal Ilmiah Magister Psikologi Hubungan Antara Kontrol Diri dan Motivasi Belajar dengan Kedisiplinan Siswa SMA Assyafi ’ iyah Medan Self-Control Relationship between Motivation of Study and Students ’ Discipline at SMA As-Syafi ’ iyah Meda. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 63–68.
Semiawan, C. R. (2009). Penerapan pembelajaran pada anak. PT. Indeks, Jakarta.
Sugiarto, Tri, dan Padmi. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 24 No. 2, 2019.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sukmadinata, S. N. (2010). Metode penelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya, Jakarta.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMKN II Malang. Suparyanto Dan Rosad, 5(3), 248–253.
Triastutik, A., & Sutoyo, A. (2020). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Disiplin Tata Tertib Sekolah pada Siswa SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 41-45.
Tu’u, T. (2008). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo
Wicaksono, D. Ary. (2014). Kedisiplinan Siswa Ditinjau dari Dukungan Sosial dan Pola Asuh Otoriter Orangtua pada Siswa yang Berlatar Belakang Berbeda (TNI dan NonTNI). Jurnal Widya Warta. No. 01, ISSN 0854- 1981.
Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal psikologi, 29(2), 112-123.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Hida Febriani, Hardani Widihiastuti, Shinta Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.