PENGARUH USER INTERFACE, BRAND IMAGE, DIGITAL LITERACY, DAN USER EXPERIENCE TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SEABANK PADA MAHASISWA GENERASI Z DI PURWOKERTO

Authors

  • Mar'atun Sururiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Tri Septin Muji Rahayu Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Hermin Endratno Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Irawan Randikaparsa Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31539/x61mpa74

Keywords:

User Interface; Brand Image; Digital Literacy; User Experience; Minat Penggunaan; Seabank

Abstract

Transformasi teknologi digital telah mengubah lanskap industri perbankan secara signifikan, salah satunya ditandai dengan kehadiran layanan bank digital seperti SeaBank yang mempermudah proses transaksi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh user interface, brand image, digital literacy, dan user experience terhadap minat penggunaan aplikasi Seabank pada mahasiswa Generasi Z di Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM-PLS 3.0. Populasi dalam studi ini mencakup mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Purwokerto yang berjumlah 51.389 orang, dengan 119 responden yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa keempat variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan SeaBank. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan layanan perbankan digital yang sesuai dengan karakteristik generasi muda masa kini.

References

[1] J. D. S. Amory, M. Mudo, and R. J, “Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi : Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet,” J. Minfo Polgan, vol. 14, pp. 28–37, 2025, [Online]. Available: https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/jmp/article/view/14608/3141

[2] R. Ardianto et al., “Transformasi Digital dan Antisipasi Perubahan Ekonomi Global dalam Dunia Perbankan,” MARAS J. Penelit. Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 80–88, 2024, doi: 10.60126/maras.v2i1.114.

[3] M. G. Izzuddin and I. Ilahiyyah, “Pengaruh User Interface, Brand Image, dan Digital Literacy terhadap Minat Penggunaan Bank Digital,” J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrep., vol. 12, no. 1, p. 144, 2022, doi: 10.30588/jmp.v12i1.994.

[4] BI, “Kinerja Transaksi Ekonomi dan Keuangan Digital pada November 2024 Tetap Tumbuh,” Bank Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_270825.aspx

[5] BI, “Ringkasan Ekonomi dan Keuangan Indonesia – Januari 2025,” Bank Indonesia, 2025. [Online]. Available: https://www.bi.go.id

[6] D. Valentine and A. M. Ginting, “Faktor Pendorong Penggunaan Layanan Perbankan Digital Dan Pengaruhnya Terhadap Brand Image,” Media Bina Ilm., vol. 18, no. 6, pp. 1517–1526, 2024, doi: 10.33758/mbi.v18i6.546.

[7] Lokadata, “Lokadata: Pengguna Bank Digital 2024 Didominasi Gen Z dan Milenial,” 2024, Telset. [Online]. Available: https://telset.id/news/fintech/lokadata-pengguna-bank-digital-2024-didominasi-gen-z-dan-milenial/

[8] D. A. Pratiwi, “Persepsi Generasi Z Terhadap Fintech (Financial Technology) Di Cikampak Tengah Kecamatan Torgamba,” ETHESES, no. 23, p. 57168, 2021, [Online]. Available: https://etd.uinsyahada.ac.id/7391/

[9] Populix, “Studi Analisis Ekosistem dan Persepsi terhadap Bank Digital di Indonesia,” 2024. [Online]. Available: https://info.populix.co/reports/digitalbanking2024

[10] IPSOS, “Laporan Riset Perilaku Konsumen Bank Digital 2025,” Ipsos Indonesia, 2025. [Online]. Available: https://www.ipsos.com/id-id

[11] N. Christiani, P. Anggela, and S. Uslianti, “Penerapan Technology Acceptance Model ( TAM ) pada Penggunaan Aplikasi Seabank,” vol. 8, no. 2, pp. 218–224, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jtinUNTAN/article/view/86227/75676603365

[12] W. Lestari, Sihabudin, and R. Fauji, “Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Menggunakan Bank Digital (Seabank) (Studi Pada Masyarakat Karawang Timur),” J. Manaj. Terap. dan Keuang. (Mankeu, vol. 12, no. 04, pp. 1140–1154, 2023, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/mankeu/article/view/28135/16992

[13] A. A. Dewi and Purwanti, “Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku dan pengambilan keputusan generasi Z di era digital,” BUNDLING J. Manaj. DAN BISNIS, vol. 1, no. 1, pp. 43–52, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.cahayapublikasi.com/index.php/bundling/article/view/23/21

[14] I. Triwijaya and E. Puspitasari, “Teknologi Sistem Informasi Akuntansi Dalam Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Pendahuluan Sistem pembayaran yang saat ini dapat dilakukan secara online merupakan salah,” vol. 26, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://jurnalwahana.poltekykpn.ac.id/wahana/article/view/844/338

[15] M. F. Amirudin and E. Mirati, “Pengaruh E-Wom Menggunakan Referral Program Dan Sales Promotion Terhadap Minat Beli Pengguna Seabank (Studi Pada Pengguna Seabank di Jabodetabek),” vol. 3, no. July, pp. 1–23, 2023.

[16] V. Lisa and F. Selamat, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah dengan Mediasi Kepuasan Nasabah pada PT Bank Seabank Indonesia,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 5, no. 4, pp. 1091–1097, 2023, doi: 10.24912/jmk.v5i4.26987.

[17] B. Simatupang, F. S. Pane, and H. N. Harani, Cara Cepat dan Mudah untuk Melakukan Recruitment Karyawan Perbankan Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Bandung, Indonesia: CV Kreatif Industri Nusantara, 2020.

[18] I. Imamsyah, N. Nurbaiti, and B. Dharma, “Generation Z’s Interest In Using Online Shop Applications From User Interface And Usability Factors,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 12, no. 2, pp. 308–321, 2023, doi: 10.46367/iqtishaduna.v12i2.1567.

[19] I. G. W. S. C. Putra and J. A. Ginting, “Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi Z dalam menggunakan Aplikasi Bank Digital di Indonesia,” Ekuitas J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 2, pp. 306–318, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU

[20] W. N. Qotimah, “Pengaruh Desain User Interface (Ui), User Experience (Ux) Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan Kembali Dompet Digital Linkaja Syariah,” Pengaruh Desain User Interface (Ui), User Exp. Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Pengguna. Kembali Dompet Digit. Linkaja Syariah, p. 135, 2023.

[21] S. G. A’yuni and D. Chusumastuti, “Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat,” J. Ilm. Manaj. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 49–58, 2021, doi: 10.56873/jimik.v5i1.154.

[22] N. Kholidah, M. Arifiyanto, E. Subowo, and Z. B. Pambuko, “Factors Influencing the Interest in Using Sharia Digital Banking Applications in Indonesia,” Cakrawala J. Stud. Islam, vol. 18, no. 2, pp. 87–102, 2023, doi: 10.31603/cakrawala.10294.

[23] A. A. R. Pinandito, “Pengaruh Desain User Interface (UI) - User Experience (UX), Fitur Layanan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Penggunaan Kembali Aplikasi Dompet Digital Dana dengan Kepuasan Pengguna Sebagai Variabel Mediasi,” pp. 1–23, 2022.

[24] M. M. H. Bisri and Pitoyo, “Konten Marketing Instagram Dan Brand Image Pada Minat Penggunaan Jasa Perencana Keuangan,” J. Pustaka Komun., vol. 5, no. 1, pp. 190–205, 2022, doi: 10.32509/pustakom.v5i1.1894.

[25] N. W. E. Mitariani, A. W. S. Gama, and N. M. Widnyani, “Brand Image and E-Service Quality ’ s Effect on Gen Z ’ s Repurchase Intention : The Mediating Role of E-Trust,” vol. 25, pp. 11–24, 2024.

[26] M. Y. Rahayu and A. P. Fitriani, “Pengaruh Literasi Digital, Fitur Layanan Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Muamalat Din Di Ponorogo,” Falahiya Res. J. Islam. Bank. Financ., vol. 2, no. 1, pp. 52–65, 2023.

[27] R. F. Meuthia, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Bank Digital di Indonesia,” Simp. Nas. Akunt. Vokasi XII, vol. 12, no. 1, pp. 454–468, 2024, [Online]. Available: https://ocs.polije.ac.id/index.php/psnav/article/view/47/42

[28] B. I. Dafiq, A. N. Hidayati, and M. A. F. Habib, “Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 11, pp. 4971–4982, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v4i11.1856.

[29] S. Mulyati, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Digital Literacy Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Efikasi Diri Sebagai Mediator,” J. Pendidik. Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 222–230, 2023, doi: 10.26740/jupe.v11n2.p222-230.

[30] N. M. S. Adnyani, N. K. Sinarwati, and F. Yudiatmaja, “The Effect of Digital Literacy and Innovation Resistance to Use Digital Payment for Taxpayers,” Matrik J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, no. 1, p. 83, 2023, doi: 10.24843/matrik:jmbk.2023.v17.i01.p07.

[31] T. Yulianingsih, N. N. Sawitri, and A. W. N. Fikri, “Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Majelis Taklim Nurul Iman Bekasi Selatan,” J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, vol. 12, no. 1, pp. 374–383, 2023.

[32] W. Restiana, “Pengaruh Literasi Digital, Sosial Media Marketing, Brand Image, dan Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Membuka Rekening Tabungan Melalui Online di Bank Syariah,” Αγαη, vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.

[33] I. Aulia, Irianto, and H. E. Fariantin, “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Literasi Digital Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z Pada Bank Syariah Di Mataram,” vol. 4, no. 1, pp. 778–783, 2025, [Online]. Available: https://journal.stieamm.ac.id/kredibel/article/view/520/361

[34] K. Apriliani, R. Setiawati, D. M. Ningtyas, F. Febiola, and C. H. Primasari, “Analisis User Experience pada Aplikasi Line Webtoon,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 403–410, 2022, doi: 10.24002/konstelasi.v2i2.5334.

[35] A. D. Nariswari, A. Faroqi, and T. L. M. Suryanto, “Evaluasi User Experience Aplikasi Digital Banking Jenius Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 13, no. 1, p. 574, 2024, doi: 10.35889/jutisi.v13i1.1756.

[36] A. A. M. Asniati and F. Fourqoniah, “Pengaruh User Interface (UI) dan User Experience (UX) Terhadap Minat Beli Ulang Akun Netflix Oleh,” J. Ilmu Sos., vol. 2, no. 4, p. 636, 2023, doi: 10.2307/3647751.

[37] N. Khasanah, F. M. Amin, and A. Permadi, “The Effect of User Experience and Usability on User Satisfaction and Continuance Intention in the JConnect Mobile Application,” TIERS Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, pp. 171–178, 2023, doi: 10.38043/tiers.v4i2.4566.

[38] I. Ajzen, “The theory of planned behavior,” Organ. Behav. Hum. Decis. Process., vol. 50, no. 2, pp. 179–211, 1991, doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.

[39] B. Kurniawan and M. Romzi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.

[40] PDDIKTI, “Pangkalan Data Pendidikan Tinggi,” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. [Online]. Available: https://pddikti.kemdiktisaintek.go.id/

[41] M. J. Slovin, Sampling. Simon & Schuster Inc., 1960.

[42] S. Suryono, Hardiansah, W. Ciptaningrum, I. Safi’i, and R. R. Primandaru, “Perancangan User Interface Pada Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat (Studi Kasus: Kabupaten Ngawi),” Issn, vol. 5, no. 1, pp. 37–42, 2017, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1844/1567

[43] P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing, 16th edn. New Jersey, USA: Prentice-Hall, Inc., 2016.

[44] B. A. Laksono, S. Supriyono, and S. Wahyuni, “Literasi Finansial dan Digital Keluarga Pekerja Migran Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 4, no. 2, pp. 139–151, 2019, doi: 10.24832/jpnk.v4i2.1291.

[45] Y. E. Achyani and K. Widyana, “Analisis User Experience pada Pengguna Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Teori Jacob Nielsen,” J. SAINTEKOM, vol. 14, no. 1, pp. 106–117, 2024, doi: 10.33020/saintekom.v14i1.486.

[46] H. M. Jogiyanto, Sistem Informasi Manajemen. Andi, 2014.

[47] I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2015.

[48] J. Henseler, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, “A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling,” J. Acad. Mark. Sci., vol. 43, no. 1, pp. 115–135, 2015, doi: 10.1007/s11747-014-0403-8.

[49] J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), 2nd ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2017.

Downloads

Published

2025-07-28