FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERPINDAHAN MEREK DARI SMARTPHONE ANDROID KE IPHONE DI KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/b8aqvt81Keywords:
Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi, Harga, Perpindahan Merek.Abstract
Fenomena perpindahan merek smartphone dari Android ke iPhone semakin meningkat di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi, dan harga terhadap keputusan perpindahan merek. Pendekatan kuantitatif dengan desain kausal digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Padang, dengan sampel sebanyak 100 responden yang telah beralih dari Android ke iPhone yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS 30. Hasil menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan perpindahan merek. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya aspek psikologis dan rasional konsumen dalam merancang strategi pemasaran yang adaptif. Produsen disarankan untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, inovasi, dan reputasi merek agar dapat mempertahankan konsumen dan tetap kompetitif.
References
Aeni, N. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Brand Switching pada Kartu Prabayar XL (Studi pada konsumen Pandumedia Reload Service Singosari-Malang). Sketsa Bisnis, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.35891/jsb.v1i1.27
Andriani, R. E., & Untarini, N. (2015). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Mobile Broadband Smartfren. Jurnal Manajemen, 1(1), 1–13.
Anggara, A., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk Hp, Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Pada Mahasiswa Regular Program Studi Manajemen Angkatan 2014-2015 Stie “Kbp” Padang. 1–18. https://www.proquest.com/abicomplete/docview/2588237654/26C2BAF8D42F4D6FPQ/1?accountid=49069
Apit, M., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Consumer Dissatisfaction dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching Smartphone Merek Xiaomi ke Merek Lain Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Salingka Nagari, 2(2), 391–403. https://doi.org/10.24036/jsn.v2i2.124
Effendi, I. F., & Widyastuti. (2024). The Effect of Variety Seeking , Dissatisfaction , and Service Quality Toward Brand Switching on Netflix Streaming Service. Social Science Studies, 4(1), 52–65. https://doi.org/10.47153/sss41.7862024
Faishal Ardiansyah, & Nuruni Ika Kusuma Wardhani. (2023). Influence of Product Attributes and Variety Seeking on Brand Switching Behavior of Xiaomi Smartphone Users. International Journal of Economic, Business, Accounting, Agriculture Management and Sharia Administration (IJEBAS), 3(5), 1647–1655. https://doi.org/10.54443/ijebas.v3i5.1174
Fatima, R., & Billah, U. I. (2022). Contributors of Brand Switching: The Mediating Role of Brand Image and Customer Satisfaction. JISR Management and Social Sciences & Economics, 20(2), 143–164. https://doi.org/10.31384/jisrmsse/2022.20.2.9
Firdaus, & Budiman. (2022). The Impact of Brand Image , Price , and Variety Seeking on Brand Switching The Impact of Brand Image , Price , and Variety Seeking on Brand Switching Behavior. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.30659/JAMR.2.2.78-89
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & strategi) (Q. Media, Ed.; Cetakan Pe). Qiara Media.
Fitriani, A., & Achmad, G. N. (2021). The Effect Of Brand Identification And Brand Image On Brand Love And Brand Loyalty On Iphone Smarthphone Product Users In Samarinda. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(2), 420–432. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Ginantra, K. G., Lestari, N. P. N. E., Gorda, AAN. E. S., & Darma, G. S. (2018). Effects of Promotion, Product Quality, Brand Image and Price on Customer Satisfaction and Brand Switching Decision (A Case Study on Xl Cellular Card Users in Denpasar City, Bali, Indonesia). International Journal of Management and Economics Invention, 3(12), 1514–1523. https://doi.org/10.18535/ijmei/v3i12.03
Goodstats. (2024, May 21). TOP Brand Smartphone di Indonesia 2024. https://goodstats.id/infographic/top-brand-smartphone-di-indonesia-2024-gpCcw
Hafidz, G. P., & Herdiansyah, D. (2024). Faktor yang menderteminan loyalitas merek smartphone di bekasi. Tamilis Synex: Multidimensional Collaboration, 2(1), 169–181.
Heranika, P., Arifin, M. H., Hairudinor, & Utomo, S. (2024). The Influence of Product Quality and Consumer Dissatisfaction on Brand Switching Behavior of Marcks Loose Face Powder in Banjarmasin City. Journal of Business Transformation and Strategy, 04(03), 1511–1524.
Huda, N., & Nurcahyati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Ke Yamaha NMAX Di Semarang Selatan. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, 7(1), 118–139.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan pelanggan (1st ed.). Unitomo Press.
Isa, S. M., Kelly, L., & Kiumarsi, S. (2020). Brand switching through marketing mix: The role of brand effect on smartphone users. International Journal of Process Management and Benchmarking, 10(3), 419–438. https://doi.org/10.1504/IJPMB.2020.107940
Junaidi, S., & Dharmmesta, B. S. (2002). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Karakteristik Kategori Produk, Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 17(1), 91–104. https://doi.org/10.30996/die.v6i2.131
Khimuray, A. M. I., & Panjaitan, T. W. S. (2023). The Roles of Variety Seeking, Price, and Customer Satisfction in Customer’s Decision in Brand Switching of Disney Hotstar. Proceeding Medan International Conference Economics and Business, 1(January), 52–59.
Kompas. (2023). Riset Ungkap Alasan Pengguna Ponsel Android Pindah ke iPhone. Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2023/06/04/08000067/riset-ungkap-alasan-pengguna-ponsel-android-pindah-ke-iphone
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (S. Yagan, Ed.; 4th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Prentice Hall, 2012.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.; 3rd ed.). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Montolalu, I., Mandey, S. L., & Poluan, J. G. (2018). Influence Analysis of Consumer Dissatisfaction, Need for Finding Product Variation and Competitor Product Advertisement on Brand Exchanging Decition From Facial Cleanser Cleaner At the Supermarket Grand Central Tomohon. Analisis Pengaruh…… 2178 Jurnal EMBA, 6(4), 2178–2187.
Noviantoro, R., Soleh, A., & Mardhatillah, T. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Dalam Pembelian Produk Smartphone (Studi pada Pelanggan Duta Ponsel Bengkulu). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 22(1), 146–156.
Nugroho, D. yoga, Falah, R., Nurfauziah, E., & Suhud, U. (2024). Tren Inovasi dan Pilihan Konsumen di Pasar Smartphone Indonesia (U. Suhud, Ed.). Widina Media Utama.
Pelupessy, M. M., Tahaparry, G. H., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Pattimura, U. (2022). Pengaruh Identitas Merek , Persepsi Kualitas Produk dan Brand. Jurnal Pendidikan Tambusa, 6(2), 11317–11324. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4235/3541
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (Ninth). McGraw-Hill/Irwin.
Priyatno, D. (2010). Teknik mudah dan cepat melakukan analisis data penelitian dengan SPSS dan tanya jawab ujian pendadaran. Gaya Media.
Sanusi, A. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Salemba Empat.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sulistyo, B. A., & Maftukhah, I. (2016). Analisis Pengaruh Perpindahan Merek Melalui Harga, Iklan, Dan Ketidakpuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 5(2), 97.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. CV Andi Offset.
Trihudiyatmanto, M., Purwanto, H., & Yulistiana, E. (2022). Dimensional Analysis of Dissatisfaction Against Brand Switching. International Conference on Sustainable Competitive Advantage, November.
Uturestantix, Warokka, A., & Gallato, C. (2012). Do Customer Dissatisfaction and Variety Seeking Really Affect the Product Brand Switching? A Lesson from the Biggest Southeast Asia Mobile Telecommunication Market. Journal of Marketing Research and Case Studies, 2012, 1–14. https://doi.org/10.5171/2012.703614
Xu, X., & Li, Y. (2016). The antecedents of customer satisfaction and dissatisfaction toward various types of hotels: A text mining approach. International Journal of Hospitality Management, 55, 57–69. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.03.003
Yanwardhana, E. (2024). Jokowi: Ponsel Aktif di RI 354 Juta, Lebih Banyak dari Jumlah Penduduk. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240801095854-37-559435/jokowi-ponsel-aktif-di-ri-354-juta-lebih-banyak-dari-jumlah-penduduk
Yollanda Ayu Saputri, & Supriyono. (2023). The Effect of Product Quality and Brand Image on Xiaomi Smartphone Purchase Decisions. Indonesian Journal of Business Analytics, 3(3), 715–728. https://doi.org/10.55927/ijba.v3i3.4837
Yulindasari, C. (2022). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Karesidenan Madiun). Simba: Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi 4, September, 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kevin Rifandira, Annur Fitri Hayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.