ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK, FASILITAS, DAN AKSESBILITAS TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI WISATA HERITAGE KOTA LAMA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/z3ajxp48Keywords:
Daya Tarik, Fasilitas, Aksesbilitas, Minat Berkunjung KembaliAbstract
Wisata Heritage Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi unggulan yang menawarkan daya tarik budaya dan sejarah. Lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah, terutama pada akhir pekan dan musim liburan. Untuk meningkatkan kunjungan ulang, pengelola kawasan perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh daya tarik, fasilitas, dan aksesibilitas terhadap minat berkunjung kembali wisatawan di wisata Heritage Kota Lama Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling untuk menentukan sampel dan quota sampling untuk menentukan jumlah minimal responden yaitu sebanyak 100 orang wisatawan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung, dengan pengukuran menggunakan skala Likert 1–5, dari skor terendah 1 hingga tertinggi 5. Alat analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t (parsial), uji f (simultan), dan uji determinasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik, fasilitas, dan aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Daya tarik merupakan variabel yang memiliki pengaruh paling besar, diikuti oleh aksesibilitas dan fasilitas.
References
Abdullah, R., Teniwut, R. M. K., & Susanty, I. I. D. A. R. (2024). Pengaruh Atraksi, Fasilitas, Dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Kembali Generasi Z Pantai Di Ngurbloat Maluku Tenggara. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1026
Ardiansyah, Y., & Ratnawili. (2021). Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Wahana Surya Bengkulu Tengah.
Ariyani, R. M., Dhameria, V., & Suyitno, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Promosi Media Sosial terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan di Waduk Setu Patok Kabupaten Cirebon. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 133–147. https://doi.org/10.26740/jpeka.v6n2.p133-147
Basori, M. H., Mukaromah, & Hidayat, M. N. (2022). Efektivitas Sign System Dan Intensitas Informasi Petunjuk Arah Sebagai Media Komunikasi Visual Kota Lama Semarang The Effectiveness of the Sign System and the Intensity of Directional Information as Visual Communication Media in the Kota Lama Semarang (Vol. 04, Issue 1). https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/sasak/workflow/index/868/5
Buchori, A. (2022). DAYA TAWAR WARISAN BUDAYA KOTA LAMA SEMARANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA MELALUI PROGRAM REVITALISASI. https://jdih.kemdikbud.go.id/
Fajrin, A. R., Wijayanto, G., & Kornita, S. E. (2021). Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Gazzally, A. U. D. A., Muntahanah, S., Masita, E. T., & Arinastuti. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Aksesibilitas, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Camp Area Umbul Bengkok Kabupaten Banyumas. Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis (MIMB) , 20(1). http://mimb-unwiku.com/index.php/mimb
Hermawan, H., Santosa, Wijayanti, A., Nurfitriana, C. N., Saputra, A. D., & Sinangjoyo, N. J. (2022). The Significance Of Tourism Attraction And Social Media Promotion On The Interest Of Return Visit. Tourism and Hospitality International Journal, 18(1), 60–83.
Made, I., Putra, A. D., Ketut, N., & Dwijendra, A. (2021). MENGEMBANGKAN HERITAGE TOURISM DI KOTA DENPASAR DENGAN MEMANFAATKAN DOKAR HIAS.
Mahfudhah, N., & Taher, A. (2022). MASJID RAYA BAITURRAHMAN SEBAGAI WISATA SEJARAH DAN BUDAYA DI KOTA BANDA ACEH. Jurnal Pendidikan Geosfer, VII. https://doi.org/10.24815/jpg.v%vi%i.23348
Miastita, A., Hidayah, T., & Maspufah, H. (2023). ANALISIS DAYA TARIK WISATA, HARGA, PROMOSI, FASILITAS WISATA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN OBJEK WISATA JEMBER MINI ZOO. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Manajemen Keuangan (Vol. 4, Issue 1). www.jurnal.itsm.ac.id
Kumala, D. N. T., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023). PENGARUH DAYA TARIK, AKSESIBILITAS, DAN HARGA TIKET TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG MELALUI KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat Madiun yang Pernah Berkunjung ke Tempat Wisata Telaga Ngebel). SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5 (SIMBA).
Pratiwi, Z., & Prakosa, A. (2021). Pengaruh Media Sosial, Event Pariwisata, Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Di Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 74. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i1.3851
Rahayu, T. P., & Liana, L. (2020). Pengaruh disiplin kerja, stress kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada Karyawan PT Phapros, Tbk Kota Lama Semarang). http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah
Widaningsih, R. R. A., Santoso, R. B., Kartika, E., & Trimiati, K. E. (2023). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGUNJUNG DAN MOTIVASI BERKUNJUNG KEMBALI KE KAWASAN KOTA LAMA SEMARANG. In Jurnal Industri Pariwisata (Vol. 6, Issue 1).
Rokhayah, E. G., & Ana Noor Andriana. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas, dan Aksesibilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pantai Istana Amal Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.53356/diparojs.v2i1.43
Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit, P. C. S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada ASEAN Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2). https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928
Triaji, B., Saputra, D. H., Adawiyah, R., Nurdin, M., Yaqutunnafis, L., Widyaningrum, M., Nasuhi, M., Mufida, Maydasari, E., Gafar, A., Isnawan, M. G., Madani, M., Hidayah, L., Zainudin, & Ariska, W. R. (2023). Pengembangan Destinasi Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa di Lombok Timur (Vol. 4, Issue 2). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/473
Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. (n.d.). LN. 2009/ No. 11, TLN NO. 4966, LL SETNEG : 40 HLM. Diakses Tanggal 4 November 2024 Dari. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Athif Khoosyi Muzakki, Ika Listyawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

