ANALISIS PERSEPSI HARGA, KEPUASAN PELANGGAN DAN MEDIA SOSIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP

Authors

  • Muhammad Rizal Universitas Potensi Utama
  • Aisyah Azhar Adam Universitas Potensi Utama
  • Shofyan Roni Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.31539/320pts56

Keywords:

Keputusan Menginap, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan, Media Sosial Marketing

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak dari estimasi harga, kepuasan konsumen, dan pemasaran media sosial terhadap keputusan menginap di Grand Darussalam Hotel Medan. Keputusan untuk menginap merupakan aspek penting dari kesuksesan dalam industri perhotelan, dimana strategi penetapan harga, kualitas layanan, dan promosi digital secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data melalui survei yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah menginap di hotel tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 49,1% dari variasi keputusan untuk menginap dipengaruhi oleh persepsi harga, kepuasan konsumen, dan pemasaran media sosial. Hal ini mengindikasikan bahwa ketiga faktor tersebut secara bersama-sama memainkan peran penting dalam menentukan preferensi tamu. Sementara itu, sisanya sebesar 50,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti lokasi, fasilitas, citra merek, atau rekomendasi pribadi. Temuan ini menunjukkan bahwa meningkatkan ketiga variabel ini dapat secara strategis meningkatkan retensi tamu dan keunggulan kompetitif di sektor perhotelan. Penelitian di masa depan disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi.

References

Basaruddin, B., & Parhusip, A. A. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, daya tarik promosi, persepsi harga dan brand image terhadap keputusan pembelian rumah pada PT. Bintang Realty Multiland. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 201–211.

Chaffey, D. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Pearson Education.

Dhamri, D. (2020). Strategi pemasaran digital melalui media sosial. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(1), 56–66.

Efrianto, A., & Suwitho, I. (2020). Persepsi harga dan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 133–145.

Hartini. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(1), 35–44.

Irawan, H. (2021). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV AlFath Zumar.

Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty marketing intelligence and planning. Marketing Intelligence & Planning, 25(1), 98–106. https://doi.org/10.1108/02634500710722314

Novendra, H. D., Verinita, & Masykura, I. (2019). The effect of store atmosphere on revisit intention that is in mediation by customer satisfaction (Survey on Padang Bioderm Clinic consumer). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(4), 25–30.

Parhusip, A. A. (2022). Analisis kepuasan dan loyalitas pelanggan pengaruhnya terhadap keputusan menggunakan jasa layanan online (Grab) di wilayah Kota Medan. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 107–118.

Parhusip, A. A., & Adhitya, W. R. (2021). Analisa dampak kualitas produk informasi terhadap kepuasan kerja pengguna sistem informasi manajemen pada Universitas Potensi Utama. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 4(1), 1–13.

Purwadi, P., Devitasari, B., & Darma, D. C. (2020). Store atmosphere, SERVQUAL and consumer loyalty: Case study of Excelso Coffee Shop. SEISENSE Journal of Management, 3(4), 21–30. https://doi.org/10.33215/sjom.v3i4.376

Rizal Ahmad, R. H. M. E. F. (2020). Strategi mengembangkan kepuasan pelanggan online shop dalam meningkatkan penjualan (Studi kasus sabun Pyari). Jurnal Manajemen Tools, 12(1), 45–52.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-07-16