PENGARUH PROMOSI, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN PINJAMAN ONLINE SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.31539/0csttv69Keywords:
Shopee Paylater, Persepsi Mahasiswa, Iklan, Kepercayaan, Keputusan PenggunaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana persepsi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia terhadap iklan, kegunaan, dan kepercayaan layanan Shopee Paylater memengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan layanan tersebut. Landasan penelitian ini adalah semakin populernya layanan BNPL seperti Shopee Paylater, yang memudahkan transaksi daring tetapi juga menimbulkan kemungkinan bahaya finansial dan pengeluaran impulsif. Metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Menggunakan metode Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, 94 responden dipilih dari populasi mahasiswa hukum di Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia. Survei daring yang dibuat menggunakan Google Forms digunakan untuk mengumpulkan data. Di antara teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji asumsi klasik (seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan uji-t (parsial), uji-F (simultan), dan koefisien determinasi (R). Selain menyarankan cara untuk mempromosikan Shopee Paylater dan meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap layanan keuangan digital, studi ini dapat memberikan gambaran tentang elemen yang dipertimbangkan siswa saat membuat pilihan pembelian.
References
Artameviah, Resti. "BAB 2." Repository STEI. Accessed June 6, 2025. http://repository.stei.ac.id/8700/3/SKRIPSI_RESTI%20ARTAMEVIAH_211800003 31%20Bab%202.pdf.
Rahmawati, Yulia. "Full Teks Skripsi." Repositori STIAMAK. Accessed June 6, 2025. https://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/90/4/FULL%20TEKS%20SKRIPSIYulia%20Rahmawati%20-%20161011413.pdf.
BAB I. Repository STEI. Accessed June 6, 2025. http://repository.stei.ac.id/9086/2/BAB%201.pdf.
BAB I. eSkripsi Universitas Semarang. Accessed June 6, 2025. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/F11A/2019/F.111.19.0050/F.111.19.0050-05BAB-II-20230908034726.pdf.
BAB II. E-Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Accessed June 6, 2025. https://ejournal.uajy.ac.id/30695/3/190324856%202.pdf.
BAB II. Eprints Universitas Muhammadiyah Malang. Accessed June 6, 2025. https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/12852/3/BAB%20II.pdf.
Bab I, II" Repository STIE Bank BPD Jateng. Accessed June 6, 2025. http://eprints.stiebankbpdjateng.ac.id/1889/1/Bab%201%202%20dan%203%20%28 1%29.pdf.
Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information and Brand." Neliti. Accessed June 6, 2025. https://www.neliti.com/publications/468231/.
Kelebihan dan Kekurangan Paylater." ILoveLife. Accessed June 6, 2025. https://ilovelife.co.id/blog/kelebihan-kekurangan-paylater/.
MAKER Jurnal. MAKER. Accessed June 6, 2025. https://www.maker.ac.id/index.php/maker/article/download/143/133. 20 AS"Mengenal Apa Itu Paylater Serta Keuntungan dan Kerugiannya." Skorlife. Accessed June 6, 2025. https://skorlife.com/blog/paylater/mengenal-apa-itu-paylater-serta-keuntungan-dankerugiannya/.
Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Berpengaruh terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology." Academia.edu. Accessed June 6, 2025. https://www.academia.edu/125669720/.
Widyacipta Jurnal. BSI. Accessed June 6,2025 https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/download/11126/pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jitro Gideon Sibarani, Audy Rehdilo Angelika Br Ginting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.