PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KOMITMEN AFEKTIF SEBAGAI INTERVENING DI SMK NEGERI 1 MANDAU

Authors

  • Abd Rasyid Syamsuri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Indonesia1
  • Dewita Suryati Ningsih Universitas Riau, Indonesia
  • Dika Alfi Reza Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/z9hcrv09

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Beban Kerja, Kinerja Guru, Komitmen Afektif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan beban kerja terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif sebagai variabel intervening di SMK Negeri 1 Mandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 104 orang guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan terhadap komitmen afektif. Beban kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru dan terhadap komitmen afektif. Kompetensi pedagogik berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif. Beban kerja berpengaruh negatif secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif. Komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil ini menunjukkan pentingnya pengembangan kompetensi pedagogik dan pengelolaan beban kerja yang tepat dalam meningkatkan kinerja guru dan komitmen afektif. Berdasarkan nilai R-Square kedua variabel ini menjelaskan 85,1% Kinerja Guru dengan nilai R-Square 0,851 dan 40,9% Komitmen Afektif dengan nilai R-Square 0,409.

References

Akmal, Z., Sri Kartikowati, R., Edi, F., SDN Binaan Khusus Kota Dumai, G., Ekonomi, P., Riau, U., & Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, P. S. (2021). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Instructional Development Journal (IDJ), 4, 94–103.

Dawam, M., & Setiawan, I. T. (2022). Analisis Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Mempengaruhi Stres Kerja (Studi Empirik). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 77–88. https://doi.org/10.36987/ecobi.v9i1.2 134

Dunggio, T. (2023). Peran Komitmen dan Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 102–110. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02 .320

Ghozali, (2018), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. 9th penyunt. s.l.:Undip

Harahap, D., Silalahi, D., Hutagalung, E., Purba, M., & Tansliova, L. (2024). Analisis Tantangan dan Solusi Guru Dalam Implementasi Strategi Pembelajaran. Qistina: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(1), 778– 782.

Jalil, A. (2020). Pengaruh Beban Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.24239/jipsya.v1i2.1 4.117-134

Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628 Mauliddiyah, N. L. (2021). PENGARUH KOMITMEN AFEKTIF, KOMITMEN BERKELANJUTAN DAN KOMITMEN NORMATIF TERHADAP KINERJA PENGURUS KOPERASI DI KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT. 6(1), 6.

Muryati, J., Munandar, A., Hilmizen, N., Koswara, E., Mulyanto, A., & Lisyawati, E. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Autentik dan Komitmen Afektif terhadap Kinerja Guru pada MAS Berbasis Pondok Pesantren di Kota Tangerang Selatan. Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 85–97.

Musa, M. I., & Ruma, Z. (2022). PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP STRES KERJA GURU DI SMAN 12 ENREKANG Sawal Universitas Negeri Makassar. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(2), 249–261.

Nurfaida, F., & Karnati, N. (2022). Perkembangan Tren Penelitian Komitmen Afektif Pada Guru: Sebuah Analisis Bibliometri. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional …, 523– 533.

Nurlaela, N., Aduari, N., & Sudarwadi, D. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Manokwari. Management Business Journal, 4(2), 940–954.

Nurmayuli. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi Pedagogik Guru. 5(1), 77–103.

Pandiangan. (2016). Pengaruh Komitmen Afektif, Komitmen Normatif dan Komitmen Berkelanjutan terhadap Turnover Intention pada Dosen Tetap STIE Inaba Bandung (Studi Kasus pada Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun Tahun 2016). Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 164–181.

Paramita, N. K. S., & Suwandana, I. G. M. (2022). Effect of Job Stress, Work Conflict, and Workload on Employees’ Performance. European Journal of Business and Management Research, 7(4), 125–128.https://doi.org/10.24018/ejbmr.2022.7.4.1508

Rachmat Subarkah, Bigar R. Siswa, Sri Rahayu, & Yulia Ita A. (2023). Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sd Muhammadiyah Kaliabu Kecamatan Salaman. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Terapan, 1(1), 52–63.

https://doi.org/10.20961/meister.v1i1. 413

Saputra, A. (2017). Pengaruh Motivasi, Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Yayasan Perguruan Dr. Wahidin Sudirohusodo Medan. Jurnal Manajemen Bisnis , 28(1), 72–79.

Supriyanto, N., Lian, B., & Kesumawati, N. (2022). Effect of Work Stress and Workload on Teacher’s Performance. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 7(2), 819–829. https://doi.org/10.31851/jmksp.v7i2.1 2137

Syafri, E., Basem, Z., & Wahyudi, S. (2023). Analisis komitmen dan kompetensi dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. 5(1).

Wangsa, A., & Edalmen, E. (2022). Pengaruh Beban, Stres, dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Organisasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 279. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.182 03

Wayan, J. I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KINERJA DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENGAJAR. 1(2), 77–85. World, B. (2023). Human Capital Index. Zheng, F. (2022). Fostering Students’ Well- Being: The Mediating Role of Teacher Interpersonal Behavior and Student- Teacher Relationships. Frontiers in Psychology, 12(January). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.79 6728

Downloads

Published

2025-07-20