PENGARUH KOMPETENSI DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KARIR GURU PENGGERAK KABUPATEN TOBA DENGAN BUDAYA ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Rahmat Junaidi Universitas Riau, Indonesia
  • Rosnelly Roesdy Universitas Riau, Indonesia
  • Titti Sulastri Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/m8f8j770

Keywords:

Kompetensi, Self-Efficacy, Karir, Guru Penggerak, Budaya Organisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kompetensi dan Self Efficacy terhadap Karir Guru Penggerak Kabupaten Toba dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendidikan Cabdis Pendidikan Wilayah VIII Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Toba. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Penggerak angkatan 4 di Kabupaten Toba yang berjumlah 49 Guru Penggerak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu seluruh anggota populasi dijadikan sampel, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 Guru Penggerak. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Karir Guru Penggerak, Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Karir Guru Penggerak, serta Budaya Organisasi sebagai variabel intervening memperkuat hubungan antara Kompetensi dan Self-Efficacy terhadap Karir Guru Penggerak.

References

Enny, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. http://eprints.ubhara.ac.id/424/31/Buku-MSDM-2019.pdf

Feel, N. H., Herlambang, T., & Rozzaid, Y. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja, budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(2), 176–185. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i2.2480

Haile, A. M. and E. A. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogis, Pelatihan, dan Perkembangan Karie terhadap Kinerja Guru Negeri Se Kecamatan Batang. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.

Junaidi, R., Lumbanraja, M. M. M., & Wildah, S. W. (2022). Pengaruh Self Leadership Terhadap Performa Mahasiswa Universitas Riau dengan Gamiification Sebagai Variabel Pemoderasi. Journal of Business and Economics Research (JBE), 3(2), 259–266. https://doi.org/10.47065/jbe.v3i2.1767

Junaidi, R., Roesdy, R., Syamsuri, A. R., & Brigita, T. (2025). Pengaruh Motivasi dan Prestasi terhadap Karir Guru Penggerak Kota Pematangsiantar. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 5(2), 510–524. https://doi.org/10.60036/jbm.499

Kemendikbudristek. (2021). Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Kemendikbudristek. (2022). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Campus.Quipper.Com, 2(September 2023), 2–5. https://campus.quipper.com/kampuspedia/kementerian-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-kemendikbudristek

Liyas, J. N., & Primadi, R. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Perkreditan Rakyat. Al Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan, 2(1), 17–26.

Pamungkas, R. S. A., & Wantoro, J. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Permana, A., Sari, A. I. C., & Hidayat, N. (2022). Peningkatan Career Development Melalui Budaya Organisasi Dan Komitmen Terhadap Organisasi (Studi Empirik Pada Guru Sdit). Research and Development Journal of Education, 8(1), 271. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12120

Rustika, I. M. (2019). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 18–25. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945

Sahri, Sayidah, N., & Ady, S. U. (2023). Diterminan Kinerja Guru Penggerak Sebagai Pemimpin Pembelajar Di Sekolah. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2901–2906.

Subroto, G. (2016). Hubungan Pendidikan dan Ekonomi:Perspektif Teori dan Empiris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 390–405. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.318

Wildah, S. W., Lumbanraja, M. M. M., Junaidi, R., & Alvionita, A. (2022). Peran Atribut Permainan Memoderasi Pengaruh Kualitas Pengajaran Terhadap Pemilihan Dosen Mata Kuliah. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 6(2), 282–291.

Downloads

Published

2025-07-20