DETERMINAN NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR INDUSTRI KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI MODERASI

Authors

  • Vera Vera Universitas Tanjungpura
  • Helisa Noviarty Universitas Tanjungpura
  • Angga Permadi Karpriana Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31539/hv3gnr46

Keywords:

ROA, DER, CSR, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk menganalisis keterpengaruhan profitabilitas (Return on Assets/ROA), leverage (Debt to Equity Ratio/DER), dan Corporate Social Responsibility (CSR) pada nilai perusahaan, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 95 perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021 hingga 2023. Sampel yang digunakan diseleksi dengan metode purposive sampling, menghasilkan 39 perusahaan dengan total 117 observasi. Data penelitian berupa data sekunder yang didapatkan dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Penganalisisan data dilakukan menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software EViews 13. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ROA, DER, dan CSR mempengaruhi secara signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Sementara itu, ukuran perusahaan hanya terbukti mampu memoderasi keterkaitan antara DER dan nilai perusahaan, namun tidak memoderasi keterkaitan antara ROA dan CSR terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan wawasan bagi manajemen dan investor bahwa leverage perusahaan cenderung lebih dipengaruhi oleh skala perusahaan dalam menentukan nilai pasar perusahaan.

References

Aditya, I., Hasanah, N., Mardi, & Armeliza, D. (2021). Pengaruh Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia. Jurnal Wahana Akuntansi, 16(2), 124–152. https://doi.org/10.21009/wahana.16.021.

Alhayra, A. R., Tangngisulu, J., & Fajriah, Y. (2024). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2669–2680.

Bistari, D., & Supeni, E. (2023). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Dengan Moderasi Csr Terhadap Nilai Perusahaan Kosmetik Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Sosial, 1(3), 34-44.

Brigham, E. F., & Ehrhardt, M. C. (2020). Financial management: Theory and practice. Cengage Learning.

Brigham, E. F. dan J. F. Houston. 2019. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi 14. Salemba Empat. Jakarta.

Dewi, N. M. L., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 26–54.

Donaldson, L. (2001) The Contingency Theory of Organizations. Sage Publications, Inc., New York. http://dx.doi.org/10.4135/9781452229249.

Fajaria, A. Z., & Isnalita. (2018). The Effect of Profitability, Liquidity, Leverage, and Firm Growth On Firm Value With Its Dividend Policy as a Moderating Variable. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), 6(10), 55–69.

Hazaroh, R. S., Tristiarto, Y., & Fadila, A. (2021). Analisis determinan nilai perusahaan pada sektor pertanian di Bursa Efek Indonesia. INOBIS Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(2), 205–220. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i2.178.

Intihanah, I., Yusuf, S., & Putri, L. (2023). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. JAK: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 08(02), 45-57. https://doi.org/10.33772/jak.v8i2.96.

Kusumaningrum, D. P., & Iswara, U. S. (2022). Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. JIAKu: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 1(3), 295–312. https://doi.org/10.24034/jiaku.v1i3.5509.

Margini, & Kusumawati, E. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Perusahaan Non Keuangan Tercatat Di BEI Periode 2019-2021). In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 5). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

Novitasari, R., & Krisnando. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(2), 71–81. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.436.

Panjaitan, I. V., & Supriyati, D. (2023). The Effect of Profitability and Leverage on Firm Value with Firm Size as a Moderating Variable. Research of Finance and Banking, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.58777/rfb.v1i1.34.

Prasetiyo, Y. . (2024). Moderasi Leverage dan Profitability Terhadap Dampak Corporate Social Responsibility (CSR) pada Nilai Perusahaan. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 8(4), 4757-4766. https://doi.org/10.33395/owner.v8i4.2494.

Rahmawati, A., & Salsabillah, N. R. (2024). Ukuran Perusahaan Memoderasi Pengaruh Profitabilitas, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(4), 439–452. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i4.3469.

Ross, S. A., Westerfield, R. W., Jaffe, J., Lim, J., Tan, R., & Wong, H. (2015). Corporate Finance (Asia Global ed.). McGraw-Hill Education Asia.

Sandy, N. C., & Arieftiara, D. (2024). Analisis Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan; Dampak Moderasi Corporate Social Responsibility. Reviu Akuntansi dan Bisnis Indonesia, 8(3). https://doi.org/10.18196/rabin.v8i3.22773.

Sauwamah, A., Tie, V. G., & Pamungkas, I. D. (2025). The Impact Of Profitability On Stock Prices: The Moderating Role Of Firm Size In Publicly Listed Companies. Proceeding International Conference on Accounting and Finance, 3, 92–99.

Spence, M. (1973). Job market signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355–374. https://doi.org/10.2307/1882010.

Sulaiman, M. Y., & Sumantri, F. A. (2024). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Industri Sub Sektor Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2020–2023). Global Accounting: Jurnal Akuntansi, 3(2).

Wijaya, A., Untung, B., Herwinarso, & Pratidhina, E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Android Untuk Mendukung Pembelajaran Materi Usaha Dan Energi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1746–1752.

Yulianti, E., Hermuningsih, S., & Prima sari, P. (2022). Pengaruh Struktur MOdal, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Manajemen.

Zain, J., Sihombing, A., Lumbantoruan, R. V., & Chandra, M. O. (2025). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020–2023. Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 788–799. https://doi.org/10.34127/jrlab.v14i1.1414.

Adityadarma, P., & Ramli, R. (2024). Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui kebijakan dividen pada sub sektor minyak bumi dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018–2022. Jurnal COSTING, 7(2).

Aisyah, N. R., & Sartika, F. (2022). Pengaruh profitabilitas dan financial leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Aurora, A., Rehanil, I., & Solikhin, M. (2021). Pengaruh corporate social responsibility dan good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan UNJA, 10(1), 62–75.

Downloads

Published

2025-07-20