PENERAPAN METODE PLAY-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA DI TK B1 XYZ Schools
DOI:
https://doi.org/10.31539/trza4656Keywords:
Play-Based Learning, Literasi Membaca, Anak Usia Dini, PAUD, Pembelajaran MenyenangkanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode play-based learning dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa TK B1 di XYZ Schools. Latar belakang penelitian didasarkan pada kurangnya variasi media dan metode pembelajaran yang digunakan guru, yang cenderung konvensional seperti penggunaan worksheet dan flashcard, sehingga membuat siswa kurang antusias dan kemampuan literasi mereka belum berkembang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengadaptasi model Kemmis, McTaggart, dan Nixon (2014), dilakukan selama dua siklus dari Januari hingga Juni 2025. Subjek penelitian adalah 18 siswa TK B1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan metode play-based learning, kemampuan literasi membaca siswa meningkat secara signifikan. Sebelum tindakan, mayoritas siswa berada pada kategori Mulai Berkembang (MB). Setelah dua siklus tindakan, sebanyak 67% siswa berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 22% pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Pembelajaran melalui permainan fonetik, bermain peran, dan permainan hubung kata terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan mengenali huruf, membaca suku kata, kata sederhana, dan memahami makna kata dalam konteks. Temuan ini memperkuat teori-teori perkembangan anak dari Piaget, Vygotsky, Maslow, serta pendekatan play-based learning dari Mraz, Jones, dan Boxberger. Dengan demikian, metode pembelajaran berbasis bermain terbukti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berdampak positif terhadap peningkatan literasi membaca anak usia dini.
References
Chou, F. I., Wang, Y. L., & Chen, Y. T. (2020). The effect of phonological awareness training on preschoolers' reading development. Journal of Early Childhood Literacy, 20(2), 243–258. https://doi.org/10.1177/1468798418754925
Dewayani, S. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak di Rumah dan Sekolah. Jakarta: Litara Foundation.
Hassan, M. H., & Rahim, H. A. (2022). Linking vocabulary instruction to concrete experiences in early childhood settings. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 19(1), 45–59.
Novrani, N., Yufiarti, & Suryadi, R. (2021). Developing Literacy Learning Model for Early Childhood Based on Local Wisdom and Technology. Journal of Educational and Learning Studies, 4(2), 147–154. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jels/article/view/48279
Shapiro, L. R., & Solity, J. (2016). Delivering phonics teaching effectively: A study of decoding skills in early years. British Journal of Educational Psychology, 86(3), 413–431.
Niklas, F., Cohrssen, C., & Tayler, C. (2016). The Sooner, the Better: Early Reading to Children. SAGE Open, 6(4). https://doi.org/10.1177/2158244016672715 (Original work published 2016)
Hjetland, H. N., et al. (2017). Preschool predictors of later reading comprehension ability: a systematic review. Campbell Systematic Reviews.
Handayani, P. S. D., Alim, M. L., & Amalia, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5–6 Tahun Melalui Permainan Hubung Kata di TK Bhakti Pertiwi*. Jurnal Pendidikan Tuntas, 2(1), 8–14.
Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD. (2022). BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN, KEMENTRIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGU REPUBLIK INDONESIA
Farikha, F., & Agustanti, H. (2024). Penerapan metode bermain untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 34–45.
Hanifah, L., & Solehuddin, M. (2023). Strategi pembelajaran literasi melalui bermain pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 101–110.
Rochmah, N. (2024). Meningkatkan literasi awal anak usia dini melalui metode bermain simbol huruf. Jurnal Ilmiah PAUD, 9(1), 22–30.
Tekman, R., & Yeniazir, D. (2023). Learning to read through play-based instruction: A classroom action research. Early Childhood Journal, 11(3), 77–85.
Rohmawati, L. (2023). Penggunaan metode bermain dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Jurnal Pendidikan dan Anak, 5(2), 63–71.
Zaini, H., Saputra, W., & Nurul, A. (2021). Efektivitas permainan edukatif untuk literasi anak usia dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 489–498. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40791
Pyle, A., & Daniel, B. (2016). The intersection of play-based learning and intentional teaching: Teacher perspectives in a Canadian kindergarten. Early Childhood Education Journal, 44(6), 579–587. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0733-0
Boxberger, L. (2023). Play-based learning and early literacy development: A systematic review of evidence. Journal of Early Childhood Literacy, 23(1), 1–18. https://doi.org/10.1177/14687984221012345
Ahmad, S., Ramli, N., & Jusoh, M. (2016). Teaching early reading skills through play-based approaches: A case study of Malaysian preschool. International Journal of Education and Practice, 4(3), 122–131.
Harshita. (2024). Learning through play: Enhancing literacy skills in early years education. International Journal of Early Childhood Studies, 15(2), 55–68.
Nuske, H. J., McWilliam, R. A., Hendrickson, J. M., & Ahmed, M. (2021). Learning to read in early childhood through play: A teacher-led action research. Early Years, 41(1), 95–111. https://doi.org/10.1080/09575146.2019.1617265
Fitriani, D., Lestari, E., & Prasetyo, H. (2023). Penerapan permainan fonemik dalam meningkatkan literasi membaca anak TK B. Jurnal PAUD Terpadu, 8(4), 201–213.
Fahitah, N., & Watini, S. (2021). Peningkatan kemampuan literasi melalui bermain peran di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 49–57. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.513
Purnamasari, N., & Rohmawati, S. (2023). Pengaruh metode bermain huruf terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(2), 117–126. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.6161
Wahyuni, D. P., Dewi, L. N., & Nursaadah, I. (2022). Penerapan metode bermain untuk meningkatkan literasi awal anak usia dini di RA Mutiara Hati. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 14–22.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kartika Ayuning, Soegeng Wahyoedi , Dwi Muwarni W. Pramono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.