PENGARUH ONLINE REVIEWS, BRAND IMAGE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA MOBIL MITSUBISHI KOTA SEMARANG)
DOI:
https://doi.org/10.31539/eq2s4d59Keywords:
Online Reviews, Brand Image, Persepsi Harga, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online reviews, brand image, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada mobil Mitsubishi di Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan kuesioner. Sampel sebanyak 113 responden ditentukan melalui purposive sampling. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yaitu online reviews, brand image, dan persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, masing-masing variabel juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa manajemen merek perlu meningkatkan review positif dan memperkuat citra merek serta mempertimbangkan persepsi harga yang sesuai dengan manfaat produk untuk mendorong keputusan pembelian konsumen.
References
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan, Aldi Taufik, and Mulyo Budi Setiawan. 2024. “Pengaruh Persepsi Harga, Electronic Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 7(1).
Eldiansyah, Resky, and Emi Suwarni. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Hybrid Toyota Kijang Innova Zenix (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Bandar Lampung.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB 13(2).
Ghozali, Imam. 2020. Aplikasi Análisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Katamso, Tri Harto, and Sugianto. 2024. “Pengaruh Brand Image, Brand Experience Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening.” MASMAN : Master Manajemen 2(1).
Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2019. Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson Education, Inc.
Marvianta, Y.B.Andre, and Angga Saputra. 2022. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Citra Merek Dan Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Mobil Diecast.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1).
Mayang, Mayang. 2022. “Pengaruh Brand Image Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Martabak Bang Cabang Tangerang.” Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis 1(11). http://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3183704.
Miftah, Reza Aulia. 2023. “Pengaruh Brand Image, Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger.” Naskah Publikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Octavia, Dita, and Rois Arifin. 2022. “Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Pandaan Jawa Timur.” eJrm 11(23). http://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3368786.
Oktavia, Erica Bella, Feti Fatimah, and Ira Puspitadewi. 2022. “Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH 20(2). http://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3133099.
Perera, Charitha Harshani, Rajkishore Nayak, and Nguyen Thang Long. 2019. “The Impact of Electronic-Word-of Mouth on E-Loyalty and Consumers’ E-Purchase Decision Making Process: A Social Media Perspective.” International Journal of Trade, Economics and Finance 10(4).
Purnomo, V S. 2023. “Pengaruh Kualitas, Harga, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fort.Id.” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis 8(3): 239–248.
Putri, Prisma Miardi, and R A Marlien. 2022. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Online.” Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510.
Rahmawati, Anna Irma. 2021. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Kreatif 1(No 1): 18–23.
Rangkuti. 2019. Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorintasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadpi Abad 21. Jakarta: Gramedia.
Rowena, J. 2019. “Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Pada Produk High End Make Up and Skin Care Pada Generasi Millenial Jakarta.” Jurnal Bina Manajemen 7(2): 161–170.
Sayu Mita Sanjiwani, I.Ketut Westra. 2022. “Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Lip Cream Di PT Mandom Indonesia Tbk Bali Tahun 2022.” Arthaniti Studies 3(2). http://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3190012.
Schiffman, Leon, and L Leslie Kanuk. 2019. Perilaku Konsumen. Indonesia: PT Indeks.
Styawati, Anggie Luwes, and Mukran Roni. 2023. “Pengaruh Brand Image Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(5): 7648–7656.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tammu, Rahma Gusmawati, and Stefani Marina Palimbong. 2022. “Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Gaya Hidup Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembeli Online Melalui Shopee.” Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 5, Number.
Tjhin, Viany Utami, and Siti Rahmah Nurul Aini. 2019. “Effect of E-WOM and Social Media Usage on Purchase Decision in Clothing Industry.” ICEMC ’19: Proceedings of the 2019 International Conference on E-business and Mobile Commerce: 30–34.
Yasinta, Komang Lola, and Romauli Nainggolan. 2023. “Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Somethinc Di Surabaya Dimediasi Oleh Brand Image.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 8(6).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anis Afriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.