ANALISIS PENGARUH HARGA, PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MINAT BELI KONSUMEN PADA KANTIN UNAKI
DOI:
https://doi.org/10.31539/jp6mbh55Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Kantin UNAKIAbstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Kantin UNAKI. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu menjelaskan variasi minat beli konsumen sebesar persentase yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pihak pengelola kantin untuk memperhatikan aspek harga yang kompetitif, kualitas produk yang baik, serta pelayanan yang prima guna meningkatkan kepuasan dan minat beli konsumen.
References
Bela, Y. S. T. (2022). Analisis Minat Pembelian Ditinjau Dari Variasi Menu, Pelayanan, Serta Ketepatan Harga Di Kantin Teleng Timur. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen & Bisnis, Akuntansi, 2(2), 104–118.
Fitriani, N. L., & Andriyani, S. (2015). Hubungan antara pengetahuan dengan sikap anak usia sekolah akhir (10-12 Tahun) tentang makanan jajanan di SD Negeri II Tagog Apu Padalarang Kabupaten Bandung Barat tahun 2015. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(1), 7–26.
Laenggeng, A. H., & Lumalang, Y. (2015). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Sikap Memilih Makanan Jajanan dengan Status Gizi Siswa SMP Negeri 1 Palu. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 1(1), 49–57.
Suarditini, D., Anugrah, D., Zahra, F., & Sitorus, F. I. (2023). Strategi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bakso dan Mie Ayam Pakde Kembar (Studi Dikantin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Kewirausahaan Dan Manajemen Bisnis: Cuan, 1(1), 30–46.
Verriana, R. I., & Anshori, M. Y. (2017). Pengaruh kualitas layanan (service quality) terhadap loyalitas melalui kepuasan pada mahasiswa universitas NU Surabaya. Accounting and Management Journal, 1(1).
Wahyuni, S., & Ginting, M. (2017). The Impact of Product Quality, Price and Distribution onPurchasing Decision on the Astra Motor Products in Jakarta. Arthatama Journal of BusinessManagement and Accounting, 1(1), 18–26.
Budiarto, D., & Ciptono, W. S. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Andi Offset.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Consumer Behavior. Fort Worth: Dryden Press.
Garvin, D. A. (1988). Managing Quality: The Strategic and Competitive Edge. New York: Free Press.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. New York: The Free Press.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Boston: Irwin/McGraw-Hill.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Priadi, Emi Trimiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

