PENGARUH FEAR OF MISSING OUT(FOMO) DAN VIRAL MARKETING TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI TIKTOK SHOP PADA GENERASI Z DI KOTA PADANG DENGAN BRAND PASSION MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/4baj2945Keywords:
Fear of Missing Out (FoMO), Viral Marketing, Brand Passion, Impulsive Buying, Generasi Z.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Viral Marketing terhadap Impulsive Buying pada Generasi Z di Kota Padang, dengan Brand Passion sebagai variabel mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa FoMo tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Impulsive Buying, meskipun terdapat hubungan positif di antara keduanya. Sebaliknya, Viral Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive Buying. Brand Passion juga terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Impulsive Buying, serta berperan sebagai mediator yang efektif dalam hubungan antara Viral Marketing dan pembelian impulsive. Selain itu, FoMo dan Viral Marketing masing-masing berpengaruh signifikan terhadap Brand Passion, dan Viral Marketing juga berpengaruh positif terhadap FoMo. Temuan ini menekankan pentingnya strategi pemasaran yang mampu membangun keterikatan emosional konsumen terhadap merek untuk mendorong keputusan pembelian secara impulsive, khususnya pada segmen Generasi Z.
References
Ahmad, I., & Inayat, K. (2024). Navigating Fear of Missing Out in Sustainable Consumption : The Role of Brand Passion and Green Consumer Values in Obsessive-Compulsive Buying. 5(4), 250–264. https://doi.org/10.55737/qjss.v-iv.24263
Asyida, M. Z., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Fomo ( Fear of Missing Out ) Terhadap Impulse Buying pada Suatu Produk Fashion di Marketplace ( Tokopedia ). 2(1).
Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Satya, U., & Indonesia, N. (2024). Pengaruh viral marketing, fera of missing out (FoMo), dan brand image terhadap impulsive buying pada produk skincare avoskin.
Gao, B., Shen, Q., Luo, G., & Xu, Y. (2023). Why mobile social media-related fear of missing out promotes depressive symptoms? the roles of phubbing and social exclusion. BMC Psychology, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s40359-023-01231-1
Hair J, R, A., Babin B, & Black W. (2014). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).
Handayani. (2020). Bab Iii Metode Penelitian. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Hardini, S. A., Sandri, R., & Widodo, R. W. (2023). Perilaku pembelian impulsif remaja pengguna TikTok shop: Ditinjau dari mindfulness Impulsive. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(1), 271–283. https://doi.org/10.18860/jips.v3i1.21068
Hasanah, S. Z., & Riofita, H. (2024). Kewirausahaan di era industri 4.0: transformasi melalui praktek bisnis modern. Ekonodinamika Jurnal Ekonomi Dinamis, 6(2), 215–228.
Herlina, & Destriana Widyaningrum. (2022). Menakar Kecenderungan Perilaku Impulse Buying Belanja Online Generasi Millenial pada Masa Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(3), 481–492. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.605
Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (2020). Pengalaman merek, brand passion, Self-brand Connection, Brand affection dan loyalitas merek. 1–64.
Iii, B. A. B., & Penelitian, T. (2020). Logo CV Mitra Tanindo Gambar III.1 Logo CV Mitra Tanindo 3.1.2. November, 47–59.
Ilyas, G. B., Rahmi, S., Tamsah, H., & Yusriadi, Y. (2022). Does fear of missing out give satisfaction in purchasing based on social media content? International Journal of Data and Network Science, 6(2), 409–418. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.013
Islami, Z. M. N. (2020). Pengaruh Fear of Missing Out. In … , dan Strategi Koping terhadap Adiksi Media Sosial ….
Japutra, A., Ekinci, Y., & Simkin, L. (2022). Discovering the dark side of brand attachment: Impulsive buying, obsessive-compulsive buying and trash talking. Journal of Business Research, 145, 442–453. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.03.020
Japutra, A., Gordon-Wilson, S., Ekinci, Y., & Adams, E. D. (2025). The dark side of brands: Exploring fear of missing out, obsessive brand passion, and compulsive buying. Journal of Business Research, 186(September 2024), 114990. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2024.114990
Keller, K. dan. (2016). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.
Manik, T. S. B., Dhika, A. W., & Fitri, N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik Ms Glow. Konferensi Nasional Sosial Dan Engineering Politeknik Negeri Medan Tahun, 9(1), 27–37.
Pertiwi, R. A., & Prasetya, B. P. (2024). Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752
Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, R., C., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014
Rachmad, Y. E. (2025). Impact of Viral Marketing and Gimmick Marketing on Transformation of Customer Behavior Mediated by Influencer Marketing. 1.
Ramadan, H. (2024). Minat Generasi Z Terhadap Belanja Online Tiktok Shop di Kabupaten Bener Meriah. Journal of Economics, Bussiness and Management Issues, 2(1), 73–85. https://doi.org/10.47134/jebmi.v2i1.147
Safaroh, N. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO), Shopping Enjoymen, dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying di E-Commerce Shopee Pada Waktu Flash Sale. 5, 34–38. https://doi.org/10.29303/alexandria.v5iSpecialIssue.604
Safitri, A. F., & Rinaldi, R. (2023). Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Pembeli Barang Diskon Aplikasi Shopee. Ahkam, 2(4), 727–737. https://doi.org/10.58578/ahkam.v2i4.1987
Sani, P., Lestari, S. P., & Asyiah, A. K. (2024). The Effect Of Fear Of Missing Out ( FOMO ) And Viral Marketing On Consumer Shopee Purchasing Decisions In Generation Z In Tasikmalaya City Pengaruh Fear Of Missing Out ( FOMO ) Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Generasi. 1(2), 139–154.
Sari, N. D., Prayitno, S. R., Azzam, A., Afghani, A., Kesehatan, P., & Semarang, U. I. N. W. (2025). Pengaruh FoMO Pada Promo Iklan Di TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Mahasiswa : Ditinjau dari E-Commerce The Effect of FoMO on Advertising Promos on TikTok on Purchasing Decisions By Student : Viewed from E-Commerce. X, 10148–10159.
Sari, R. K. (2019). Viral Marketing : Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i2.488
Septila, R., & Aprilia, E. D. (2017). Impulse Buying Pada Mahasiswa di Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 170–183. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/2449
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.
Weideinger, D., McClelland, A., & Furnham, A. (2021). The Effectiveness of “Fear of Missing Out” Inducing Content in Facebook Advertisements. Psychology, 12(05), 829–842. https://doi.org/10.4236/psych.2021.125051
Wiludjeng, S., & Nurlela, T. S. (2013). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt “X.” Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers Sancall 2013, 51–59. www.internetworldstats.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kezia Juliana Tondang, Vidyarini Dwita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.