PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

Authors

  • Ratnawati Ratnawati Universitas Gajah Putih
  • Wahyu Puspitasari Universitas Semarang
  • Dipa Teruna Awaludin Universitas Nasional
  • Krishna Santosa Yusat STIE Satria Purwokerto
  • Ansir Launtu STIEM Bongaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31539/qbjrc626

Keywords:

Desain Produk, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Online

Abstract

Riset bertujuan menganalisis pengaruh desain produk, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian online produk cardinal. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Pada riset ini, penulis memakai data primer dan pengambilan sampel menerapkan metode purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel pada riset ini sebanyak 97 responden. Riset ini dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data diperoleh bahwa desain produk, kualitas produk dan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian online produk cardinal.

References

Adhitya, W. R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Di Kota Medan Pada Aplikasi Shopee. Accumulated Journal: Accounting and Management Research Edition, 3(2), 142–161. http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.142-161

Ansori, P. B., & Fatimah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cardinal Casual Pada Ska Mall Pekanbaru. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 78–87. http://dx.doi.org/10.31846/jae.v10i1.436

Arief, M., Mustikowati, R. I., & Chrismardani, Y. (2023). Why Customers Buy an Online Product? The Effects of Advertising Attractiveness, Influencer Marketing and Online Customer Reviews. LBS Journal of Management & Research, 21(1), 81–99. https://doi.org/10.1108/lbsjmr-09-2022-0052

Baithal, M., Zigari, M., Malik, A. J., & Marjiana, V. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Di Kota Makassar. JIMBI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 171–182. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.1727

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/527

Dessyaningrum, C., Samsir, & Yulia, E. (2020). Pengaruh Kualitas Mobile, Harga, Dan Kualitas Produk Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Situs Shopee. Tepak Manajemen Bisnis, 12(3). https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/7877/0

Handayani, J., Derriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen Shopping Goods. Journal of Business and Banking, 10(1), 91–103. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261

Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 1689–1699. https://doi.org/10.37721/je.v19i3.25

Jackson R.S.W. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2741

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1), 1–8. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/853

Kurniawan, R., Prikurnia, A. K., & Adriani, W. Y. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Ritel Modern Chandra Superstore. Journal Of Economic And Business Retail, 4(1), 41. https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.176

Muliadi, S., Arthawati, S. N., Oktavera, R., & Gustiawan, W. (2024). Determinan proses keputusan pembelian online di kalangan konsumen Muslim pengguna Shopee: Kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(2), 233–246. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i2.8719

Nugrohowati, D., & Widhar, R. (2024). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Wiu Bakery. Academy of Education Journal, 15(1), 599–611. http://dx.doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2266

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 60–69. https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/66

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224

Prawira, E. Y., & Sukardi. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus, 9(1), 64–75. https://doi.org/10.12928/fokus.v9i1.1550

Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44667

Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2020). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Rown Division Surakarta. Excellent: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Pendidikan, 7(2), 143–152. https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Ruwaida, R., & Aqilah, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Situs Belanja Online Lazada. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 159–169. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2478

Saragih, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Bastard Clothing. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 6(3), 8. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Setiawan, I., & Fadillah, R. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Zalora (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Stiami Kampus Bekasi. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 94–103. https://doi.org/10.31334/jambis.v3i1.3065.g1464

Setiawan, I., Harismasakti, E., & Sutisna, A. J. (2024). Pengaruh Keragaman Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Barokah Tani Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. The Asia Pacific Journal Of Management Studies, 11(1), 53–60. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/APJMS/article/view/1140

Setiawan, W., & Suprihhadi, H. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Kijang Innova Reborn. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(11), 1–17. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2603

Sinaga, A. N. A., Nasution, M. I. P., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada UMKM IntanCake’s. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/syarikat.2023.vol6(1).12965

Supriyadi, Wiyani, W., & K.N, G. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. http://dx.doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Talib, I. N. S., Ismail, Y. L., Kusuma, C. A., & Asnawi, M. A. (2024). Dampak Desain dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Karawo. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 7(2), 218–231. https://doi.org/10.36441/kewirausahaan.v7i2.2781

Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(04), 367–375. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jbie/article/view/13620

Yunita, I. I., Menuk, S. C., & Noerchoidah. (2021). Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brand Cardinal Di Matahari Cito Surabaya. UBHARA Management Journal, 3(4), 190–202. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/view/6514

Downloads

Published

2025-07-30