PENGARUH PERILAKU KEUANGAN DAN PEMBAYARAN DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF KEPADA KONSUMEN CAFE KAZE HEADQUARTERS KARAWANG

Authors

  • Astin Dewi Chofifah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sihabudin Sihabudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Robby Fauzi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/94c46v05

Keywords:

Perilaku Keuangan, Pembayaran Digital, Perilaku Konsumtif.

Abstract

Penelitian ini bermaksud guna menganalisis dampak perilaku keuangan dan penggunaan pembayaran digital terhadap perilaku konsumtif konsumen di Café Kaze Headquarters. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif melalui pendekatan deskriptif-verifikatif, melibatkan 100 responden yang merupakan pelanggan café tersebut. Data dihasilkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menerapkan regresi linier berganda melalui software SPSS. Temuan dari analisis memperlihatkan bahwasanya perilaku keuangan tidak berpengaruh yang signifikan pada perilaku konsumtif. Hal tersebut mengindikasikan bahwasanya pemahaman serta manajemen keuangan pribadi tidak selalu menjadi penentu dalam pola konsumsi individu. Di sisi lain, penggunaan pembayaran digital juga tidak berpengaruh signifikan pada perilaku konsumtif, yang berarti kemudahan transaksi secara digital tidak secara otomatis mendorong peningkatan konsumsi pelanggan. Temuan ini mengisyaratkan bahwa ada faktor lain di luar perilaku keuangan dan penggunaan digital payment yang lebih dominan dalam memengaruhi kebiasaan konsumsi.

References

Aditya, D., & Azmansyah. (2021). Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, dan Income terhadap Financial Behavior pada Usaha Mikro kecil dan Menengah di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2). https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).8564

Agustin, I. D., Izza, F., & Abidin, N. (2022). Pengaruh Financial Literacy , Financial Behavior , Digital Payment dan Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi COVID-19. 4, 1–14.

Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). ANALISIS APLIKASI iJATENG DENGAN MENGGUNAKAN TEORI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111.

Intan Nurunnisa, Sari Marliani, J. Y. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan E-money terhadap Perilaku Konsumtif: Studi pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang Angkatan 2019. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2547–2562. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i

Jaya, A., Kuswandi, S., Prastyandari, C. W., Baidlowi, I., Mardiana, Ardana, Y., Sunandes, A., Nurlina, Palnus, & Muchsidin, M. (2018). Manajemen Keuangan. In Modul Kuliah (Vol. 7, Issue 2).

Kompas.id. (2024). Adaptif Mengikuti Perkembangan Teknologi yang Membangun Budaya ”Cashless”. Www.Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/riset/2024/09/14/adaptif-mengikuti-perkembangan-teknologi-yang-membangun-budaya-cashless

Miftahul Fauzan. (2021). Perkembangan Coffee Shop Yang Semakin Maju di Kalangan Anak Muda. Https://Kumparan.Com/. https://kumparan.com/miftahul-fauzan/perkembangan-coffee-shop-yang-semakin-maju-di-kalangan-anak-muda-1uzkuBxuNZH/full

Muhayyama Rusdhita Jana. (2019). PENGARUH THEORY OF PLANNED BEHAVIOR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DENGAN SHARI’AH COMPLIANT E-COMMERCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Regista, Y. A. M., Fuad, M., & Dewi, M. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Gender, Gaya Hidup, dan Pembelajaran di Universitas terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(1), 64–72. http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/10544%0A

Rizkiyah, K., Nurmayanti, L., Dea, R., Macdhy, N., & Yusuf, A. (2021). PENGARUH DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMEN. 16(1), 107–126.

Rohmah, L., Mumtahanah, N. L., & Pratiwi, E. R. (2022). the Acceptance Factors for Islamic Banking Fintech Sevices: Extended Technology Acceptance Model (Tam) Approach. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance, 5(02), 155–165. https://doi.org/10.20473/aijief.v5i02.31956

Sihabudin, & Hidayaty, D. E. (2021). Pengaruh Penggunaan Digital Payment dan Sistem Informasi Keuangan Terhadap Pendapatan UMKM BEBEKE OM ARIS Karawang. In Jurnal Signaling (Issue 13, p. 1).

Simarmata, R. E., Saerang, I. S., & Rumokoy, L. J. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, dan Self Control Perilaku Konsumtif Mahasiswa di FEB Univ Sam Ratulangi. Jurnal EMBA, 12(1), 462–475.

Sukayana, K., & Sinarwati, N. K. (2022). Analisis Pengaruh Financial Behaviour dan Actual Use Digital Payment System Terhadap Pendapatan Usaha Sektor UMKM di Bali. Explore, 12(1), 87–93. https://doi.org/10.35200/ex.v12i1.93

Syahril, W. N., & Rikumahu, B. (2019). Brady Rikumahu 2) 201 Wahyuni Nur Syahril 1. Wahyuni Nur Syahril, 1(2), 201–214.

V. Wiratna Sujarweni. (2019). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.

Viani Naufalia. (2022). PENGARUH DIGITAL PAYMENT DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA PENGGUNA SHOPEE. 01(1), 1–9.

Yose, D., & Ikhwan, I. (2022). Fenomena Pelaku Konsumtif Remaja Kota Padang Penikmat Coffee Shop. Jurnal Perspektif, 5(2), 208–216. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.621

Downloads

Published

2025-08-02