PENINGKATAN KUALITAS PRODUK SANDAL UNTUK MEMINIMASIDEFECT DENGAN METODE SIX SIGMA DI UMKM ALUNA SANDAL
DOI:
https://doi.org/10.31539/psfvt898Keywords:
UMKM, Peningkatan Kualitas Produk, Six SigmaAbstract
UMKM Aluna Sandal merupakan sektor kreatif yang memproduksi produk bernilai tinggi yang esensial
untuk penggunaan sehari-hari. Sebagai barang fashion, sandal terus berkembang sejalan dengan tren dan
permintaan pasar. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk Aluna Sandal dengan
meminimalkan cacat melalui pendekatan Six Sigma DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve,
Control). Penelitian ini berfokus pada identifikasi dan pengendalian faktor cacat, dengan cacat yang paling
umum meliputi ketidaksempurnaan sol, ikatan lem yang lemah, dan masalah tali. Hasil menunjukkan bahwa
nilai DPMO dan tingkat Sigma awal jauh di bawah standar industri. Namun, setelah menerapkan perbaikan
proses, kualitas produk meningkat dan tingkat cacat menurun secara signifikan. Studi ini membuktikan
bahwa Six Sigma dapat secara efektif meningkatkan kualitas produk di Aluna Sandal dan dapat menjadi
acuan bagi UMKM lain di industri alas kaki.
References
Adi Juwito, & Ari Zaqi Al-Faritsy. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Cacat Produk Dengan Metode Six Sigma Di Umkm Makmur Santosa. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3295–3314. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i12.3193
Anggraeni, N., Maulana, A., & Rosmayati, S. (2024). Optimasi Pengendalian Kualitas Produk Usaha yang Dimiliki oleh Koperasi Melalui Pendekatan Metode Six Sigma. 15(3), 557–568.
Arifin, Z., & Leonanda, B. D. (2021). Menurunkan Jumlah Kecacatan Produk Pada Proses Produksi Dengan Menggunakan Metode Six Sigma Dan Pengendalian Statistik Di Pt. Xyz Indonesia. Sigma Teknika, 4(1), 106–114. https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3227
Cahyani, D., Firmansyah, D. D., Oktaviani, D., & Sesilia, D. A. (2024). Peningkatan Pemasaran Digital dan Keterampilan Kreatif bagi UMKM Toko Buket bunga untuk Meningkatkan Kualitas dan Penjualan. 2(4), 709–714.
Hasanah, T. (2020). Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2), 159–171. https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1775
Mahira, Prasetyo, Heni. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Jurnal Prosiding KOnferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Volume 2. 2021
Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Setiawan, B. D. (2024). Peningkatan Kualitas Produk Gula Merah Dengan Menggunakan Metode Six Sigma.
Sugiyono, (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Johan Tri Wahyudi, M.Hermansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.