EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PELAYANAN PADA SHUTTLE XYZ OUTLET KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31539/k8j96h22Keywords:
Efektivitas Komunikasi, Pelayanan, Shuttle XYZAbstract
Kemajuan pesat dalam layanan transportasi antarkota telah memicu persaingan semakin intens, sehingga mendorong perusahaan untuk mengembangkan strategi komunikasi yang lebih efektif demi menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi pelayanan pada Shuttle XYZ Outlet Karawang. Dalam menghadapi persaingan ketat di sektor jasa transportasi, optimalisasi komunikasi berfungsi tidak hanya menyampaikan informasi tetapi juga menjembatani penyelesaian masalah dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Shuttle xyz sebagai penyedia jasa travel, menghadapi keluhan pelanggan terkait komunikasi, seperti respons lambat dan ketidaksesuaian informasi. Penelitian kualitatif ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis ulasan pelanggan dari staf pelayanan, manajer operasional, pengemudi, dan pelanggan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data/triangulasi, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa aspek kejelasan, keringkasan, kekonkretan, ketepatan, pertimbangan, kesopanan, dan kelengkapan informasi sudah diupayakan dengan baik, didukung oleh komunikasi verbal dan nonverbal. Namun, keterbatasan jumlah staf menyebabkan penurunan responsivitas, terutama saat lonjakan antrean atau keluhan via telepon dan WhatsApp. Ditemukan juga ketidaksesuaian informasi awal dengan realisasi di lapangan. Meskipun prinsip komunikasi dasar diterapkan, implementasinya belum optimal dalam dinamika operasional dan memenuhi ekspektasi pelanggan. Implikasi manajerial meliputi peningkatan kapasitas staf, pelatihan berkelanjutan dan optimalisasi sistem komunikasi digital untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
References
Alendra, V., & Hartono, B. (2023). Komunikasi manajemen sumber daya manusia (sdm) di upt puskesmas alahair kabupaten kepulauan meranti, selatpanjang. Komunika : jurnal ilmiah komunikasi, 1(1), 7–13. Https://publikasi.abidan.org/index.php/komunika/article/view/83
Apriadi. (2023). Manajemen komunikasi pelayanan jasa tour dan travel manca negara di pt. Zafa mulia mandiri wilayah bengkulu. In professional: jurnal komunikasi dan administrasi publik (vol. 10, issue 1). Https://doi.org/10.37676/professional.v10i1.3855
Asnawi, A. (2017). Servqual model terhadap kepuasan pelanggan pada jasa bongkar muat dan emkl (studi pada p.t. Sarana bandar nasional surabaya). Jurnal ilmiah administrasi bisnis dan inovasi, 1(1), 1–13. Https://doi.org/10.25139/jai.v1i1.393
Azim, F., Akhmad, I., Purwanto, H., Anshari, K., & Sunanto, S. (2021). Efektivitas penerapan internet marketing 4.0 terhadap pemesanan tiket travel pekanbaru duri dumai. Rabit : jurnal teknologi dan sistem informasi univrab, 6(1), 14–23. Https://doi.org/10.36341/rabit.v6i1.1531
Hasibuan, M., S., P. (2021). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : bumi aksara.
Mustanir, A. (2022). Pelayanan publik. Pasuruan : cv. Penerbit qiara media.
Nugraha, M., & Feriadi. (2024). Analisis efektivitas pelayanan sertipikat tanah pada kantor pertanahan kabupaten banyuasin langsung dalam hal kepemilikan atau pemanfaatan tanah . Sengketa tanah di indonesia sering. 4.
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Jenis-jenis komunikasi. Journal educational research and social studies, 2, 45–79. Https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Putrie, R. A., Kaligis, J. N., & Yeni, A. (2023). Motivasi kerja sebagai moderasi kepemimpinan dan gaji terhadap kepuasan kerja. Edunomika, 08(01), 1–23.
Riinawati. (2019). Manajemen komunikasi. Bantul : pustaka baru press.
Siahaan, I. A. (2023). Efektivitas komunikasi pariwisata dalam meningkatkan pengunjung objek wisata manigom nauli di tiga dolok kabupaten simalungun. In skripsi.
Simamora, F. N. (2018). Pengaruh komunikasi dan kemampuan sumber daya manusia terhadap efektivitas kerja pegawai kantor camat sibolga sambas kota sibolga. 3(2), 91–102.
Sjahruddin, H., Sulistiani, I., Fahrizal, M., & Nurachmah, S. (2023). Komunikasi. Batam : yayasan cendikia mulia mandiri.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung : alfabeta.
Suherman, E. (2024). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 14(2), 94–101. Https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233
Syaifullah, M. R., Rismayadi, B., & Pertiwi, W. (2024). Analisis kompensasi untuk meningkatkan kinerja karyawan pada percetakan adiva digital printing. 3(03), 316–325.
Wahyono, T., & Aditia, R. (2022). Unsur-unsur komunikasi pelayanan publik (sebuah tinjauan literatur). Jurnal multidisiplin dehasen (mude), 1(4), 489–494. Https://doi.org/10.37676/mude.v1i4.2720
Yolanda, M. M. (2019). Strategi bauran komunikasi pemasaran travel agent di bandar lampung ( studi pada defa tour and travel bandar lampung). In skripsi (vol. 53, issue 9).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohamad Hasran Basri, Enjang Suherman, Rena Augia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.