PENGARUH GAYA HIDUP HEDONISTIK DAN REVIEW PELANGGAN ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE: PERAN MEDIASI CITRA MEREK PADA GENERASI Z DI KECAMATAN TAHUNAN
DOI:
https://doi.org/10.31539/47smhx73Keywords:
Gaya Hidup Hedonistik, Ulasan Pelanggan Online, Citra Merek, Keputusan Pembelian.Abstract
Pendahuluan: Penggunaan ponsel pintar telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan Generasi Z yang merupakan penduduk asli digital. Dengan citra merek sebagai variabel mediasi, penelitian ini meneliti pengaruh gaya hidup hedonis dan ulasan pelanggan online terhadap keputusan generasi Z untuk membeli ponsel pintar iphone. Metode: Studi ini menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner untuk pengumpulan data. Populasi terdiri dari individu Generasi Z yang berdomisili di Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, dengan total populasi 26.104. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin, menghasilkan ukuran sampel sebanyak 100 responden yang diambil melalui teknik pengambilan sampel non-probabilitas dengan accidental sampling. Aplikasi SmartPLS 3 digunakan untuk melakukan analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil: Analisis menunjukkan bahwa gaya hidup hedonis dan ulasan pelanggan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek berperan sebagai mediator, memperkuat pengaruh kedua variabel tersebut. Hasilnya memberikan informasi penting untuk pemasar untuk memahami perilaku konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang efisien untuk meningkatkan citra merek dan keputusan pembelian.
References
Aisyah Anggraeni, Hendrizal. 2019. “PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP PERUBAHAN POLA KONSUMSI MASYARAKAT (Kasus Generasi Muda Di Desa Cisalada Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor).” Jurnal PPKn & Hukum 8(5):55.
Al-Ayubi, SalafudinHerynd Angga RizqiRaully Sijabat. 2024. “PENGARUH LIFESTYLE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE IPHONE MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA GENERASI Z).” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2:838–56.
Amelia, Stephanie, Henny Welsa, Lusia Tria, and Hatmanti Utami. 2024. “ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI ( STUDI PADA KONSUMEN SCARLETT WHITENING DI YOGYAKARTA ).” 13(04):1161–74.
Andriyani, Lukma, and Nurul Huda. 2025. “Pengaruh Influencer Marketing , Product Quality Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Skincare Glad2Glow.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen.
Arifin, Samsul, Mohamad Rifqy Roosdhani, Nurul Komaryatin Ali, and Nurul Huda. 2024. “Digital Shopper ’ s Dilemma : The Role of Lifestyle , Flash Sale , and Online Reviews in Repurchase Intentions.” International Journal of Entrepreneurship and Business Management 3(2):59–68.
Azizah, Khofifah Nur, Sonny Subroto Maheri Laksono, and Nuril Aulia Munawaroh. 2023. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopee Food (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Uniska - Kediri).” Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 01(05):50–60.
BPS. 2022. “Penduduk Menurut Kelompok Umur Dan Desa Di Kecamatan Tahunan (Jiwa), 2022.” Retrieved (https://jeparakab.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzA5IzI=/penduduk-menurut-kelompokumur-dan-desa-di-kecamatan-tahunan.html).
Darojat, Tubagus Ahmad. 2020. “Effect of Product Quality, Brand Image And Life Style Against Buying Decision.” Journal of Management Science (JMAS) 3(2):51–57.
dataindonesia.id. 2024. “Data Pangsa Pasar Penjualan Smartphone Gobal.”
Dewi, Kadek Risma Ayuningsih, and Komang Agus Satria Pramudana. 2023. “Peran Lifestyle Memediasi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Iphone Oleh Generasi Z.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 12(10):1976. doi: 10.24843/eeb.2023.v12.i10.p08.
Huda, N., M. R. Roosdhani, S. Arifin, and N. Komariyatin. 2025. “Improving MSME Marketing Performance through Marketing Strategy.” Jurnal Transformasi Ekonomi 1(1):13–24.
Indrawati, Devi. 2015. “Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab ‘Zoya.’” Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen 15(2):302. doi: 10.17970/jrem.15.150207.id.
Katadata.co.id. 2024. “Pangsa Pasar Smartphone Di Indonesia.” Retrieved (https://katadata.co.id/infografik/673d532984f6c/infografik-pasar-apple-di-indonesia-makin-sulit).
Komariyatin, Nurul, and Augusty Ferdinand. 2018. “Csr in Effort Improving Purchase Intention Through Brand Image, Trust and Customer Satisfaction.” Conference on Business, Management, and Accounting (April):101–10.
Listiani, Agnes Eva, and Samsul Arifin. 2023. “PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, CONTENT MARKETING DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE TOKOPEDIA (Studi Empiris Pada Generasi Z Di Kecamatan Bangsri).” 126–37. doi: 10.33603/ejpe.vI2i2.9524.
Lutian, Kristin, Nur Afifah, Bintoro Bagus Purmono, and M. irfani Hendri. 2024. “The Influence of Price Fairness and Hedonic Lifestyle on Purchase Decision. Brand Image as a Mediating Variable on Second-Hand Iphone.” Journal of Management Science (JMAS) 7(1):108–18.
M, Nurlaily Suwondo, and Ana Noor Andriana. 2023. “Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing Dan Brand Love Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Platform Tiktok Shop.” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 7(3):1205–26. doi: 10.31955/mea.v7i3.3510.
Maulida, Sesha Rizkina, and Pusvita Yuana. 2024. “Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen 3(2):300–311. doi: 10.21776/jmppk.2024.03.2.04.
Melati, Aci Alpadilla Septarina. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Di Kota Unaaha.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1):207–16.
Misbakhudin, Agam, and Nurul Komaryatin. 2023. “Content Marketing, Live Streaming, And Online Customer Reviews On Fashion Product Purchase Decisions.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 12(2):293–307. doi: 10.46367/iqtishaduna.v12i2.1572.
Mulyani, Sri Rochani, Sumeidi Kadarisman, and Asep Jamaludin. 2022. “Permodellan Online Customer Review Di Tinjau Dari Relationship Market-Ing, Brand Image, Dan Brand Trust.” Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia 2(1):86–97. doi: 10.11594/jesi.02.01.10.
Nugroho, Illham Dwi, and Siti Sarah. 2021. “PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Konsumen Busana Muslim Merek MaliQa).” JURNAL INDONESIA MEMBANGUN 20:1–14.
Nur, Amri Muliawan, Muhammad Saiful, Hariman Bahtiar, and Muhammad Taufik Hidayat. 2024. “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Dalam Mengelompokkan Smartphone Yang Rekomendasi Berdasarkan Spesifikasi.” Jurnal Informatika Dan Teknologi 7(2):478–88.
Rodiques, Yolanda, and Gede Bayu Rahanatha. 2018. “PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY (Studi Pada Konsumen Iphone Di Kota Denpasar) Yolanda.” E-Jurnal Manajemen Unud 7(3):1310–38.
Sahara, Aulia Rizqi, Dorothy R. H. Pandjaitan, Dwi Asri, and Siti Ambarwati. 2023. “Economics and Digital Business Review Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian Pada Buttonscarves.” 4(2):326–40.
Samosir, Anita Tresia, and Dame Ria Rananta Saragi. 2023. “Pengaruh Digital Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee.” Jurnal Ekonomi Integra 13(1):328. doi: 10.51195/iga.v13i1.324.
Setiawan, Akbar Maulana, and Euis Soliha. 2024. “Gaya Hidup Hedonisme, Promosi Penjualan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nevada Di Matahari Plaza Simpang Lima Semarang.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 6(1):137–46. doi: 10.31539/jomb.v6i1.8494.
Setyaningsih, Dani Khoerinisa. 2020. “PENGARUH CITRA MEREK, GAYA HIDUP HEDONIS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB RABBANI (Studi Pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah Di Wonosobo).” Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) 1(2):311–18. doi: 10.32500/jebe.v1i2.1226.
Solihin, W. .., B. Tewal, and R. Wenas. 2020. “The Influence Of Consumer Attitude And Lifestyle On Smartphone Purchace Decition (Study On Unsrat In Manado).” Jurnal EMBA 8(1):511–20.
Sulisti Zulia Aprilianti, Yumna Nada Salsabila, Slamet Bambang Riono, Hendri Sucipto, and Akbar NPD Wahana. 2023. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Serta Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlet Di Yogya Mall Brebes.” CiDEA Journal 2(2):179–97. doi: 10.56444/cideajournal.v2i2.1370.
Tayl, Stefany Jeane, and Yunita Budi Rahayu Silintowe. 2021. “Celebrity Endorser Dan Keputusan Pembelian Untuk Generasi Z: Efek Mediasi Citra Merek.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 8(2):270–81. doi: 10.26905/jbm.v8i2.6085.
Tommy Afriza Maulana, Nur Achmad. 2024. “Does Brand Image Mediate the Effect of Online Customer Reviews, Viral Marketing, and Celebrity Endorsers on Purchasing Decisions on Tokopedia?” Management Studies and Entrepreneurship Journal 5(2):5992–6003.
Vivian, Sarah. 2020. “Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z Pada Produk Starbuck.” Jurnal Transaksi 12(1):51–66.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devinda Septiana, Nurul Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.