ANALISIS PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN COFFEE SHOP KENALIN INI KOPI
DOI:
https://doi.org/10.31539/1vrb4t28Keywords:
Pelatihan, Kinerja Karyawan, Kenalin Ini KopiAbstract
Penelitian ini menganalisis pelatihan dalam meningkatkan kinerja karyawan di Coffee Shop "Kenalin Ini Kopi" di Kabupaten Karawang. Dalam industri makanan dan minuman yang kompetitif, kinerja karyawan menjadi faktor kunci keberhasilan. Pelatihan yang efektif diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan, yang berdampak pada layanan pelanggan. Metode penelitian menggunakan wawancara deskriptif kualitatif dengan pemilik, kepala Barista, dan Barista. Hasil menunjukkan bahwa pelatihan dilakukan 3-5 kali per minggu, dengan durasi 1-3 jam per sesi. Namun, pelatihan masih bersifat informal dan kurang terstruktur, menyebabkan variasi dalam pemahaman materi di antara karyawan. Materi pelatihan mencakup prosedur operasional standar dan teknik dasar pembuatan kopi, tetapi masih perlu diperluas untuk mencakup teknik lanjutan seperti latte art. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan sistem pelatihan yang lebih terorganisir dan terstruktur untuk meningkatkan kinerja karyawan dan daya saing coffee shop.
References
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan (1st ed., Vol. 1). Aswaja Pressindo.
Amelia Junianti, Sungkono, Maman Mulya karma. “Peranan Lingkungan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi.” … (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis …, vol. 9, no. 3, 2022, pp. 1224–32, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/43290%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/download/43290/40261.
Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861
Faujiah, L., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Kebutuhan Pelatihan Karyawan pada PT Pupuk Kujang Cikampek. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 318–321. https://doi.org/10.55681/primer.v1i3.150
Febriani, F. A., Ramli, A. H., & Reza, H. K. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Keterikatan Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(2), 309–319. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i2.1999
Fika, N., & Zohriah, A. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan. Jambura Journal of Educational Management, 5(1), 248–257. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Helmi, S., & Ariana, S. (2022). Manajemen Perusahaan (D. Mellita, Ed.; 1st ed.). Jejak Pustaka.
Husaini, R. N., & Sutama. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Instansi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 60–75.
Ichsan, R. N., Nasution, L., & Sinaga, S. (2021). Bahan Ajar Manajemen Sumber Manusia (MSDM) (1st ed., Vol. 1). Sentosa Deli Mandiri.
Ikhsan, B. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Warung Empal Gentong dan Cafe Krucuk Cirebon. Universitas Islam Indonesia.
Kosdianti, L., & Sunardi, D. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Satria Piranti Perkasa di Kota Tangerang. Jurnal ARASTIRMA Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UNPAM, 1(1), 141–150.
Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif (1st ed., Vol. 1). Wal ashri Publishing.
Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Rinawati, Muktamar, A., Fadhilah, N., Istiqamah, H. N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., Junitasari, & Tawil, R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi (1st ed., Vol. 1). Sonpedia Publishing Indonesia.
Ruhiyat, I., Meria, L., & Julianingsih, D. (2022). Peran Pelatihan dan Keterikatan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Industri Telekomunikasi. Technomedia Journal (TMJ, 7(1), 90–110. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1
Safya, T. N., Muharam, & Yusiana, E. (2024). Strategi Pengembangan Kedai Kopi Sanggabuana pada BUMDes Buana Mekar di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Karawang. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawas(Amelia Junianti, Sungkono)an Agribisnis, 10(1), 369–378.
Sungkono, A. T. (2020). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PRODUKSI PUPUK DI KARAWANG. 4(2), 176–203.
Tari Azizi, C., & Afnina. (2024). Analisis Manajemen CRM Pada Peningkatan Loyalitas Customer Coffee Shop. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(1), 390–401.
Wijonarko, G., Aribowo, H., Winarto, A., & Ramadoni, W. (2020). Perancangan Program Pelatihan Karyawan dalam Rangka Mendukung Produktivitas Karyawan di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal EKSEKUTIF, 17(1), 35–46.
Yuzarni, R., Deltu, S. N., & Anugrah, A. (2022). Kajian Literatur: Peran Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Bisnis Jasa Makanan. Journal of Food and Culinary, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.12928/jfc.v5i1.6580
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rohmah Hidayati, Sungkono Sungkono, Maman Mulya Karnama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.