PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN TAMU DI ASTON BATAM HOTEL AND RESIDENCE

Authors

  • Raffuncelina Margaretha Sitanggang Universitas Negeri Padang
  • Hendri Azwar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31539/a55e6x26

Keywords:

E-Service Quality, Harga, Kepuasan Tamu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksesuaian antara harapan tamu dan realita pelayanan di Aston Batam Hotel & Residence, seperti keterlambatan check-in, gangguan sistem, dan persepsi harga yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan harga terhadap kepuasan tamu. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 83 responden yang diambil dengan rumus Slovin dari populasi rata-rata 503 tamu per bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality tergolong baik dengan TCR 84,2%, harga tergolong baik dengan TCR 83,8%, dan kepuasan tamu tergolong baik dengan TCR 78%. Hasil regresi linear menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien regresi 0,397. Harga juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,010 dan koefisien regresi 0,248. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah e-service quality dan harga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan tamu. Pihak manajemen hotel disarankan untuk mengembangkan sistem layanan digital yang efisien serta strategi harga yang kompetitif agar mampu meningkatkan kepuasan dan loyalitas tamu.

References

Aringga, A., Manajemen Ekonomi, S. 2, Upn, B., Timur Manajemen Ekonomi, J., Bisnis, D., Veteran, U. ", & Timur, J. (T.T.). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ksp Primer Koppabri Bagor Nganjuk.

Chissom, D. (2024). Post-Pandemic Trends In The Hospitality Industry. 3(3), 1–13. Www.Carijournals.Org

Dwi Insani, Y., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas Dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1). Http://Ejurnal.Ars.Ac.Id/Index.Php/Jiip

Efanny Fillayata, V. (2020). Prosiding The 11 Th Industrial Research Workshop And National Seminar Bandung.

Fernandus, T., & Reza, T. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen ( Pada Toko Top Jaya Motor Bekasi). Jurnal Administrasi Bisnis, 1(6), 484–495.

Krestanto, H. (2019). Strategi Dan Usaha Reservasi Untuk Meningkatkan Tingkat Hunian Di Grand Orchid Hotel Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, 17.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Malhotra, A. (2005). E-S-Qual A Multiple-Item Scale For Assessing Electronic Service Quality. Journal Of Service Research, 7(3), 213–233. Https://Doi.Org/10.1177/1094670504271156

Prahadi, U. Y., & Panjaitan, T. W. S. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada CantingRestoran Hotel Pacific Caesar Surabaya. Jurnal Ekonomika, Bisnis, Dan Humaniora (Jakadara), 3.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal Of Business And Economics Research (Jbe), 1(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.47065/Jbe.V1i1.56

Riyanto, A., & Supriyadi, A. (2024). Pengaruh Harga Fasilitas Dan Keputusan Menginap Terhadap Kepuasan Tamu Di Multazam Syariah Hotel Solo. 18.

Saputra, A. S., & Nursal, M. F. (2024). Pengaruh Harga , Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kopi Kenangan Di Kota Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 830–837.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-08-08