NILAI YANG DIRASAKAN DAN NIAT MEMBELI BIO-BENSIN (STUDI KASUS PERTAMAX GREEN 95): PENELITIAN TERHADAP KONSUMEN BAHAN BAKAR NON-SUBSIDI DI INDONESIA Edith Indra Triyadi1, sMustika Sufiati Purwanegara2
DOI:
https://doi.org/10.31539/6ezn2r24Keywords:
Nilai yang Dirasakan, Adopsi Biofuel, Penolakan Inovasi, Perilaku Konsumen, Segmentasi Pasar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi secara empiris model yang menjelaskan niat pembelian konsumen terhadap Pertamax Green 95, bio-bensin E5 pertama di Indonesia. Penelitian ini menjawab tantangan bisnis pertumbuhan penjualan yang stagnan dengan mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang membentuk nilai yang dirasakan konsumen dan menentukan pentingnya relatif faktor-faktor tersebut dalam proses pengambilan keputusan calon pengguna di pasar Jawa Barat yang strategis. Survei kuantitatif lintas sektoral dilakukan, mengumpulkan data dari 412 pengguna bensin non-subsidi yang belum mengadopsi Pertamax Green 95, yang berlokasi di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Data dianalisis menggunakan pendekatan dua metode: Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan untuk menguji kerangka konseptual utama dan lima hipotesisnya, sementara Analisis Varian (ANOVA) dilakukan untuk menguji perbedaan signifikan dalam persepsi kunci di antara segmen demografis yang berbeda. Analisis PLS-SEM mengonfirmasi bahwa kelima hipotesis tersebut secara statistik signifikan, dengan model menjelaskan 59,1% varians dalam Niat Pembelian (R² = 0,591). Hierarki pengaruh yang jelas terbentuk, dengan hambatan utama adalah Sensitivitas Harga (β = -0,354) dan Persepsi Risiko (β = -0,289). Pemicu positif terkuat adalah Kinerja yang Dirasakan (β = +0,258), sementara Kesadaran Lingkungan (β = +0,157) merupakan prediktor terlemah. Analisis ANOVA memberikan bukti empiris untuk segmentasi pasar, menunjukkan bahwa pemilik mobil secara signifikan lebih menghindari risiko dan berorientasi pada kinerja, sementara konsumen berpenghasilan rendah secara signifikan lebih sensitif terhadap harga. Penelitian ini menyediakan model perilaku konsumen terhadap bio-gasoline yang pertama kali diverifikasi secara empiris dalam konteks unik pasar bahan bakar premium Indonesia. Model ini mengukur dominasi pertimbangan pragmatis (biaya, risiko) atas environmentalisme dan secara statistik memvalidasi keberadaan arketipe konsumen yang berbeda—“Affluent but Cautious” dan “Mass-Market Pragmatist”—memberikan dasar yang kokoh untuk strategi pemasaran yang ditargetkan dan disegmentasi.
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ghadikolaei, M. A., Wong, P. K., Cheung, C. S., Zhao, J., Ning, Z., Yung, K. F., & Gali, N. K. (2021). Why is the world not yet ready to use alternative fuel vehicles? Heliyon, 7(7), e07527.
Gupta, S., Yadav, S. S., Kar, S. K., & Harichandan, S. (2024). Factors influencing the purchase intention of ethanol blended fuel in India: A sustainable cities perspective. Journal of Advances in Management Research.
Hair, J.F., Risher, J.J., Sarstedt, M. and Ringle, C.M. (2019a), “When to use and how to report the results of PLS-SEM”, European Business Review, Vol. 31 No. 1, pp. 2-24, doi: 10.1108/EBR-11-2018-0203.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage.
Hallmark, S., Dong, J., Bou-Saab, G., & Richardson, W. (2018). Assessment of the Consumer Reasons for Selection of Ethanol Fuel. Institute for Transportation, Iowa State University.
International Energy Agency. (2022). An Energy Sector Roadmap to Net Zero Emissions in Indonesia. IEA.
Jeswani, H. K., Chilvers, A., & Azapagic, A. (2020). Environmental sustainability of biofuels: a review. Proceedings of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 476(2243), 20200351. https://doi.org/10.1098/rspa.2020.0351
Meng, L. (2019), Ethanol in Automotive Applications, Elsevier, Ethanol, pp. 289-303, doi: 10.1016/B978-0-12-811458-2.00011-0.
Purnomo, S. D., Setiawan, H., Danuta, K. S., Zuhaena, F., & Adhitya, B. (2024). Analisis Preferensi Bahan Bakar Minyak Subsidi dan Non Subsidi Di Purwokerto. SJEE (Scientific Journals of Economic Education), 8(2), 111–118. https://doi.org/10.33087/sjee
Ram, S., & Sheth, J. N. (1989). Consumer Resistance to Innovations: The Marketing Problem and Its Solutions. Journal of Consumer Marketing, 6(2), 5–14.
Sanny, L., Aguzman, G., Saputra, W. A., Yulieni, Gunawan, V., & Ninal, M. M. (2023). Antecedent of Purchase Intention on Green Products in Indonesia. In 2023 10th International Conference on ICT for Smart Society (ICISS). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICISS5959129.2023.10292021
Shahinsha, N. M., John, J. A., Singh, K., & Kumar, N. (2023). Reduction in Automotive Emissions by Ethanol Blending in SI Engine: A Review. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1275(1), 012015. https://doi.org/10.1088/1757-899X/1275/1/012015
Son, L. V. (2023). Researching on factors affecting consumers' decision to use E5 BIOFUEL in Hanoi City [Unpublished manuscript]. VNU International School, Vietnam National University, Hanoi.
Yusiana, R., & Widodo, A. (2016). The Influence of Green Marketing on Perceived Value of Pertamax Purchasing Decision. In Proceedings of the 1st Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship (GCBME-16) (Vol. 15, pp. 181-184). Atlantis Press.
Zeithaml, V. A. (1988). Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Means-End Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, 52(3), 2–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edith Indra Triyadi, Mustika Sufiati Purwanegara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

