PENGARUH KUALITAS LAYANAN, MUTU LULUSAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUTUSAN SISWA BERSEKOLAH PADA SMK BPI CICURUG SUKABUMI

Authors

  • Fajar Sodiq Alamsyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici
  • Jahani Jahani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici

DOI:

https://doi.org/10.31539/k0tbg917

Keywords:

Kualiats Layanan, Mutu Lulusan, Sarana Prasarana, Keputusan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Kualitas Layanan, Mutu Lulusan dan Sarana Prasarana terhadap Keputusan Siswa bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi. jumlah sampel sebanyak 100 responden. digunakan dalam analisis regresi linier berganda untuk memahami lebih dalam mengenai variabel-variabel tersebut. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa untuk bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi dengan nilai Thitung 0,439 dan nilai Sig 0,001 <0,05. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Mutu Lulusan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa untuk bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi dengan nilai Thitung 0,453 dengan nilai Sig 0,005 < 0,05. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Sarana Prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa untuk bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi dengan nilai Thitung 0,305 dan nilai Sig 0,005 < 0,05. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas layanan, mutu lulusan, dan sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan siswa untuk bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi dengan nilai Fhitung sebesar127,87 dan nilai Ftabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,5. adapun hasil Koefisien Determinasi menunjukan bahwa variabel Kualitas Layanan, Mutu Lulusan dan Sarana Prasarana mampu menjelaskan Keputusan Siswa sebesar 79,4 % dalam penelitian ini sedangkan sisanya sebesar 20,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. variabel yang dominan mempengaruhi Keputusan Siswa bersekolah di SMK BPI Cicurug Sukabumi.

References

Assauri, S. (2022). Manajemen Pemasaran.

Abdillah, W., & Herawati, A. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(2), 309–325. https://doi.org/10.25139/jai.v2i2.1338

Ana Bintari, Dakir, M. (2022). Manajemen Mutu Terpadu dan Implementasinya dalam Dunia Pendidikan. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 1–7.

Ananda Muhamad Tri Utama. (2022). MANAJEMEN KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUDI (PT. AHM) DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN PADA SMKN 1 PADANG CERMIN. 9, 356–363.

Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran. In Widina Bhakti Persada Bandung.

Bilgies, A. F. (2020). Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(1), 78–90. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i1.7

Fauzi, Y. (2023). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03). https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51

Gusdiandika, R., & Sinduwiatmo, K. (2020). Pengaruh Promosi Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Dalam Pemilihan Smk Sepuluh Nopember Sidoarjo. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 27. https://doi.org/10.21070/kanal.v1i1.326

Hadi, S., Program, M., Manajemen, D., Islam, P., & Malang, U. (2020). Model Pengembangan Mutu Di Lembaga Pendidikan. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 321–347. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Jasmine, K. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Indihome di Kota Payakumbuh. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 10(13), 749–756.

Junaris, imam & Haryanti, nik. (2020). Manajemen Pemasaran Pendidikan. July, 1–23.

Kapriani, K., Asmawiyah, A., Thaha, S., & Hariyanti, H. (2021). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Makassar. Al-Buhuts, 17(1), 142–161. https://doi.org/10.30603/ab.v17i1.2251

Kotler & Keller. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, XX(Xx), 1–5.

Krisbiyanto, A. (2019). Efektifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Pendidikan MTsN 2 Mojokerto. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 52–69. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.182

Mahrus Darmawan. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Lulusan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan …, September, 17–34.

Ni’mah, R. F., & Mintohari. (2019). Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 1(2), 1–13. https://media.neliti.com/media/publications/251309-model-pembelajaran-langsung-untuk-mening-6fd26d46.pdf

Nurmadiah, N. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Al-Afkar : Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 30–50. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i1.190

Oktaviani Satriyanti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah Dan Citra Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171. https://doi.org/10.14414/jbb.v2i2.172

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Riska Salsabilla Putri, Christian Wiradendi Wolor, & Maulana Amirul Adha. (2023). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Dalam Menunjang Kegiatan Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(2), 15–23. https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1035

Rosmaniar, A. (2019). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan swasta di surabaya The influence of the service marketing mix on the decision of students to choose a private vocational high school in Surabaya. Journal Kinerja, 16(1), 22–33.

Tangkilisan, G., Oroh, G. S., & Soegoto, A. S. (2021). Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Siswa. Emba, 2(4), 269–277. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/6262%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/6262/5782

Wahyu, D. :, Sulfemi, B., & Pd, M. (2019). MAKALAH Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. 106.

Wijaya, G., Anggia, A., Sutarno, S., & Cendana, P. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP COSTUMER RETENTION DALAM MEMBANGUN COSTUMER TRUST DI YAYASAN PERGURUAN NASIONAL. 02(02), 9–21.

Zohriah, A. (2021). Analisis Standar Sarana dan Prasarana. Tarbawi, 1(2), 53–62.

Downloads

Published

2025-09-03