EKSPLORASI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBASIS CHAT-GPT PADA PRODUKTIVITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI: SEBUAH STUDY KUALITATIF

Authors

  • Anitiyo Soelistiyono Universitas Semarang
  • Juhanes Juhanes Universitas Semarang
  • Muryanto Agus Nuswantoro Universitas Semarang
  • Emy Susiatin Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/1w2me071

Keywords:

AI Chat GPT, Produktivitas Pembelajaran, Mahasiswa

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital saat ini semakin mempengaruhi berbagai aspek kehidupan terutama dunia pendidikan. Kecerdasan buatan Artificial Intelligence Chat GPT dapat membantu menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh penggunanya, akan tetapi dalam penggunaannya, Chat GPT juga memiliki banyak pro dan kontra. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi dan pengalaman mahasiswa dalam menggunakan Chat-GPT sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, kontribusi  terhadap peningkatan produktivitas belajar mahasiswa, dan apa saja tantangan, hambatan, serta kekhawatiran yang dirasakan mahasiswa dalam penggunaan Chat-GPT dalam pembelajaran. Penelitian hanya difokuskan pada penggunaan Chat-GPT oleh mahasiswa dalam konteks pembelajaran di lingkungan perguruan tinggi. Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sehingga yang dikaji adalah pengalaman subjektif mahasiswa, bukan data kuantitatif yang bersifat numerik. Untuk informan dalam penelitian ini dibatasi pada mahasiswa aktif yang telah menggunakan Chat-GPT dalam kegiatan akademik selama minimal 3 bulan terakhir. Adapun fokus produktivitas yang dimaksud meliputi pemahaman materi, efisiensi waktu belajar, motivasi belajar, dan kemandirian dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa perguruan tinggi secara mendalam mengenai keuntungan dan kerugian dalam menggunakan AI chat GPT sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi. Kemudian juga untuk mengidentifikasi peran Chat-GPT dalam mendukung atau menghambat produktivitas pembelajaran mahasiswa, serta Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas penggunaan Chat-GPT dalam kegiatan akademik mahasiswa.  Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang, Jl. Soekarno-Hatta, Kota Semarang. Dalam penelitian ini, informan yang digunakan adalah sebanyak 10 informan yang semuanya merupakan mahasiswa aktif di Fakultas Ekonomi Universitas Semarang. Sumber penelitian adalah sumber data primer yang terdiri dari 10 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam (in-dept interview). Adapun pengolahan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah dengan menggunakan koding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa menjadi lebih termotivasi dan terbantu karena mereka menjadi lebih efisien waktu, mudah untuk mencari jawaban atas materi yang kurang dapat dipahami, dan cepat mengerjakan tugas perkuliahan. Ditemukan bahwa beberapa aspek dari ChatGPT dianggap berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas belajar mahasiswa, yaitu waktu, kognisi, interaksi, perilaku, dan problem-solving abilities. Kerugian penggunaan ChatGPT adalah tidak selalu memberikan jawaban yang sesuai dengan yang diharapkan, jawaban yang diberikan tidak relevan, dan referensinya kurang jelas, kemudian terjadi risiko ketergantungan yang berdampak pada kurangnya kemampuan untuk berpikir kritis serta terjadi plagiarisme.

References

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.

Dewi, H. (2024). Sikap Mahasiswa terhadap Penggunaan ChatGPT dalam Mendukung Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 10(2), 1–8.

Dwi, A. e. all. (2024). Jurnal mediasi. Jurnal Mediasi, 3(1), 106–118. http://jurnalilmiah.org/ journal/index.php/mediasi

Farman, I., & Virtual, A. (2024). Sebagai Asisten Virtual Untuk. 7, 6636–6639.

Ifani, A. Z., Abdullah, M. A., & Vega, N. (2024). Analisis Ketergantungan Penggunaan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa Menyebabkan Penurunan Kualitas Belajar. 3(1), 6–10.

Isabelita.et.all. (2025). Metode Penelitian Kualitatif. In C. E. Weni Yuliani, S.Si., MM. (Ed.), CV. Angkasa Media Literasi (Vol. 5, Issue January). CV Angkasa Media Literasi.

John, B. e. all. (2011). Teaching for Quality Learning at University (M. G. Hill (ed.); 4th ed., pp. 17–33). Open University Press McGraw-Hill. https://wp-prd.let.ethz.ch/WP0-CIPRF91493/wp-content/uploads/sites/615/2020/06/BiggsTang-2011_Teaching-how-students-learn_Ch2.pdf

Malahati, F., B, A. U., Jannati, P., Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E., Proses, T., Etika, P., Mahasiswa, K., Perguruan, D., Khairul, T., 1✉, M., Uin, ), Yunus Batusangkar, M., Transportasi, P., & Bali, D. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan KompetensiMahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192–5201.

Onwuegbuzie, A. J., & Weinbaum, R. K. (2016). Mapping Miles and Huberman’s Within-Case and Cross-Case Analysis Methods onto the Literature Review Process. Journal of Educational Issues, 2(1), 265. https://doi.org/10.5296/jei.v2i1.9217

Ramadian, F. (2025). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. 6(1), 107–119.

Savitri, D. et all. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Informasi dan Pembelajaran. Journal of Strategic Communication, Vol. 15(September), 1–144.

Suariqi Diantama. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/ dewantech.v1i1.8

Downloads

Published

2025-08-19