PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL (TAM) TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE DI KALANGAN KARYAWAN PERURI

Authors

  • Sandra Septiyan Yufi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Muhammad Darul Fadli Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Laras Ratu Khalida Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/6689tp27

Keywords:

Technology Acceptence Model, Consumer Preference

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Technology Acceptance Model (TAM), yang mencakup persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap terhadap penggunaan, dan niat perilaku untuk menggunakan, terhadap preferensi konsumen di kalangan karyawan Peruri. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis jalur berbasis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), menggunakan aplikasi SmartPLS. Sampel penelitian terdiri dari 140 responden pengguna Shopee yang berasal dari populasi sebanyak 216 karyawan pada Divisi Teknik Jaminan Keandalan. Hasil analisis menunjukkan bahwa TAM berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen, dengan nilai R-Square sebesar 0,438 sehingga preferensi konsumen dapat dijelaskan oleh variabel TAM sebesar 43,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa persepsi terhadap kemudahan penggunaan dan manfaat teknologi berperan penting dalam membentuk sikap, niat perilaku, serta keputusan konsumen dalam memilih platform belanja daring. Hasil ini diperkuat oleh berbagai studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa komponen-komponen dalam TAM secara konsisten memengaruhi perilaku konsumen dalam konteks digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dalam pengembangan model perilaku konsumen, serta implikasi praktis bagi pelaku e-commerce dalam merancang strategi platform yang berorientasi pada kenyamanan dan kemudahan pengguna.

References

Cahyani, R. P. A., & Isyanto, P. (2025). PENGARUH FLASH SALE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING: STUDI KASUS MAHASISWA MANAJEMEN UBP KARAWANG ANGKATAN 2022 PENGGUNA PLATFORM E-COMERCE SHOPEE. Neraca Akuntansi Manajemen, Ekonomi, 21(10). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi Bca Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045

Darama, M. D. S., Hanggara, B. T., & ... (2023). Analisis Penerimaan Pengguna dalam melakukan Pembayaran Terintegrasi Spotify dengan DANA menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) …. … Teknologi Informasi Dan …, 7(8), 3622–3629. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12865

Engko, C., Limba, F. B., & Achmad, A. P. (2023). Menggunakan Layanan Qris Dengan Technology Acceptance Model ( Tam ) Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Revenue Jurnal Akuntansi, 4(1), 386–397. https://revenue.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/274

Jogiyanto, H. M. (2017). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi. Andi.

Katadata. (2025). Visitors to Shopee, Tokopedia, BliBli, and Lazada Indonesia Websites in July 2025. https://databoks.katadata.co.id/en/technology-telecommunications/statistics/68997e339ce76/visitors-to-shopee-tokopedia-blibli-and-lazada-indonesia-websites-in-july-2025?utm_source=chatgpt.com

Kotler, P., Keller, & Kevin, L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Pretice Hal.

Mahastanti, L., & Utoyo, D. R. R. (2022). Pengaruh Payment Gateway (Go-Pay) Terhadap Kinerja Finansial Umkm Di Kota Salatiga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 105–116. https://doi.org/10.26740/jepk.v10n2.p105-116

Permana, R., Yuliati, E., & Wulandari, P. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Purchase Intention Kendaraan Listrik di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(2), 217–232. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i2.270

Pratama, D. A., & Shihab, M. S. (2024). Pengaruh Prinsip Technology Acceptence Model (TAM) terhadap Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi IPOT-GO. Co-Value Jurnal Ekonomi Koperasi Dan Kewirausahaan, 15(6). https://doi.org/10.59188/covalue.v15i6.4865

Pratista, N. D. (2024). Peran dari Perceived Usefullness dan Perceived Ease of Use pada Brand Attitude dan Purchase Intention berbasis Teori Technology Acceptance Model (TAM )pada Generasi Z. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Puteri, I. R., & Wijayangka, C. (2020). Analisis Penerimaan Teknologi Dompet Digital Pada Umkm Di Kota Bandung. Journal Of Applied Business Administration, 4(2), 115–123. https://doi.org/10.30871/jaba.v4i2.2119

SimiliarWeb. (2025). Top Marketplace Websites in Indonesia Ranking Analysis for July 2025. https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/e-commerce-and-shopping/marketplace/?utm_source=chatgpt.com

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian EValuasi (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta, cv.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Andi.

Wulandari, W., Japarianto, E., & Tandijaya, T. N. B. (2022). Penerapan Technology Acceptance Model (Tam) Terhadap Perilaku Konsumen Mobile Banking Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 126–132. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.2.126-132

Downloads

Published

2025-08-22