PENTINGNYA PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENGGAJIAN KARYAWAN DI KANTOR J&T DROP CENTER KOSAMBI

Authors

  • Badri Fithoriq Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Budi Rismayadi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Wike Pertiwi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/505gks78

Keywords:

sistem informasi manajemen, penggajian, J&T Express

Abstract

Persaingan bisnis di era globalisasi mendorong perusahaan guna mendorong inovasi dalam menjawab kebutuhan konsumen yang kian beragam. Tidak hanya industri manufaktur saja yang mendominasi aktivitas perekonomian, namun industri jasa turut juga memegang peranan penting. Penelitian ini bertujuan unutk menganalisis pentingnya pemanfaatan sistem informasi manajemen (SIM) dalam proses penggajian karyawan di kantor J&T Drop Center Kosambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif Triangulasi data adalah teknik yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan, baik dari pihak manajemen maupun karyawan, menyambut positif penerapan sistem informasi manajemen yang terintegrasi. Sistem ini dinilai mampu meningkatkan efisiensi, keakuratan, serta transparansi dalam proses penggajian. Dengan demikian, pemanfaatan SIM dalam penggajian sangat penting guna menciptakan manajemen SDM yang profesional dan responsif terhadap kebutuhan karyawan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan sistem digital penggajian di sektor jasa ekspedisi serta memperkuat teori sistem informasi manajemen sebagai penunjang keputusan manajerial.

References

Alfatul Hisabi, Amelia Azura, Dhita Lutfiah, & Nurbaiti. (2022). Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Di Indonesia. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 364–371. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.775

Hidayat, R., & A. Anwar, S. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia (Study Kasus: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Qurrota A’yun). J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 1(2), 387–396. https://doi.org/10.62515/staf.v1i2.81

Kurniawan, H., Apriliah, W., Kurnia, I., & Firmansyah, D. (2021). Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 13–23. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i4.78

Laia, M., & Maulina, H. (2021). Analisis Sistem Penggajian Dalam Rangka Mengefektifkan Pengendalian Internal Pada Pt. Carefastindo Medan. Jurnal Global Manajemen, 10(2), 138. https://doi.org/10.46930/global.v10i2.1818

Pertiwi, W. (2018). Pengaruh Perubahan Sistem Digitalisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Seminar Nasional Multidisiplin 2018, 1(September), 187–191. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/288/244

Pratama, I. P. A. M. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen dalam Penggajian Bengkel. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.15

Riinawati. (2019). Manajemen Komunikasi. Pustaka Baru Press.

Rismayadi, B. (2024). Implementasi Absensi SIAP (Sistem Informasi Absensi Pegawai) pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang. 6(3), 3467–3475. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i

Rismayadi, B. & S. (2020). The Effect of Work Motivation and Discipline on Employee Performance in the Karawang Industrial Area. Buana Ilmu, 4(2), 138–158. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1133

Rismayadi, B., & Pertiwi, W. (2023). The Effect Of Competency And Compensation On Employee Performance At UPTD Puskesmas Kotabaru Karawang. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 4989–4999. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Safira Armah, & Rayyan Firdaus. (2024). Konsep Dan Penerapan Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(3), 50–56. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i3.192

Sakti, B. J. (2018). ANALISIS KUALITAS LAYANAN, KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ( Studi pada J & T Express Kota Semarang ). 7, 1–9.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tehuayo, H. (2021). Impelementasi Sistem Informasi Manajemen Penggajian Pegawai Pada Kantor Camat Monta Kabupaten Bima Berbasis Web. E-Jurnal JUSITI (Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi), 10(1), 107–115. https://doi.org/10.36774/jusiti.v10i1.825

Wahyuni, A. (2019). Pentingnya Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. https://osf.io/preprints/inarxiv/7rjku/

Downloads

Published

2025-08-22