ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBAYARAN NON TUNAI QRIS DAN DEBIT DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DI CAFE RERESPACE KARAWANG

Authors

  • Ahmad Irsadul Jamal Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Uus Mohammad Darul Fadli Univeritas Buana Perjuangan Karawang
  • Ery Rosmawati Univeritas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/f1q36544

Keywords:

QRIS, Kartu Debit, Pembayaran Digital, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan sistem pembayaran digital melalui QRIS dan kartu debit dalam pengelolaan keuangan di Rerespace, sebuah kafe yang juga mengembangkan layanan foto studio. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara terhadap tiga informan, yaitu Branch Manager, Cashier, dan Customer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa QRIS memberikan kemudahan dalam proses transaksi, meningkatkan keteraturan pencatatan keuangan, serta mendukung efisiensi kerja karyawan, meskipun pada tahap awal menghadapi kendala integrasi sistem dan jaringan internet. Sementara itu, penggunaan kartu debit terbukti efektif dalam menjaga kerapian pencatatan, mengurangi risiko kesalahan transaksi, serta meningkatkan rasa aman pelanggan, walaupun masih ditemui kendala teknis terkait perangkat EDC dan koneksi internet. Secara keseluruhan, penerapan QRIS dan kartu debit mampu memperkuat transparansi, efisiensi, serta kepuasan pelanggan, sekaligus menjadi strategi pengelolaan keuangan yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pembayaran digital.

References

Afandi, A., Rukmana, L., & R, W. W. (2022). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Pembayaran Non Tunai Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dalam Mempengaruhi Inklusi Keuangan Mahasiswa. BanKu: Jurnal Perbankan Dan Keuangan, 3(2), 73–83.

Afifa, Y., & Yarham, M. (2023). Dampak Penggunaan QRIS Pada Pelaku UMKM di Kota Padangsidimpuan (Studi Kasus pada Coffee Shop Kopi Koe). Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 133–143.

Alifia, N., Permana, E., & Harnovinsah. (2024). Analisis Penggunaan QRIS Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 9(1), 102–115.

Aly, M. N., & Trianasari, N. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Sistem Pembayaran Non Tunai Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Telkom University Bandung). E-Proceeding of Management, 7(1), 395–400.

Anwar, S. (2022). Pengantar Kebanksentralan (1st ed.). CV. Green Publisher Indonesia.

Aryowiloto, J., & Permana, D. G. Y. (2024). QRIS : Katalis Pertumbuhan UMKM Lokal Bali. Jejak Publisher.

Bank Indonesia. (2012). Peraturan Bank Indonesia No. 14/2/PBI/2012 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran Dengan Menggunakan Kartu. Bank In, 66(10), 37–39.

Bank Indonesia. (2020). Peraturan Bank Indonesia No. 22/23/PBI/2020 tentang Sistem Pembayaran. Bank Indonesia, 168.

Bank Indonesia. (2025). Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 3 Tahun 2025. 1–23.

Brealey, R. A., Myers, S. C., & Allen, F. (2017). Principles of Corporate Finance (12th ed.). Mc Graw Hill Education.

Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2022). Fundamentals of Financial Management 16 E (16th ed.). Cengage Learning.

Dahrani, Saragih, F., & Ritonga, P. (2022). Model Pengelolaan Keuangan Berbasis Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan : Studi pada UMKM di Kota Binjai. Owner, 6(2), 1509–1518.

Farhan, A., & Shifa, A. W. (2023). Penggunaan Metode Pembayaran QRIS Pada Setiap UMKM di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1198–1206.

Firdausi, I., & Akbar, M. (2022). Manajemen Keuangan : (Bagi Mahasiswa dan Dosen pada Bidang Manajemen Keuangan) (M. N. Ilmi (ed.)). CV. El Publisher.

Lutfi, A., Handayani, A. A., Izzati, B. N., Khoiruninsa, & Zalwa, L. N. (2025). Penggunaan Sistem Pembayaran QRIS dalam Praktik Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Perantauan. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(3), 79–96.

Marbawi. (2017). Bank & Lembaga Keuangan Lainnya : Teori Dan Kebijakan (W. Albra & M. Khaddafi (eds.)). Unimal Press.

Maria, V., & Maydiana, Y. (2025). Efektivitas Pengunaan QRIS Meningkatkan Perkembangan UMKM di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 3(2), 142–148.

Melisa, S., Salihi, S., & Vanisa Meifari. (2023). Peran Literasi Keuangan Dalam Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Stie Pembangunan Tanjungpinang. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(1), 113–118.

Nur, S. A., & Wulandari, D. A. (2024). Studi pengelolaan keuangan pada iGeneration. Jurnal Ilmu Manajemen, 13(2), 147–160.

Puriati, N. M., Sugiartana, I. W., & Mertaningrum, N. P. E. (2023). Efektivitas Penerapan Sistem Pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Pada Umkm Di Kabupaten Karangasem. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 13(3), 332–338.

Ramadhan, R., & Afandi, A. (2025). Effectiveness Of Using QRIS Payment As a Digital Payment. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 8(2), 4371–4387.

Rasyid, M. B. A., & Fahrullah, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Debit Card Dan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 8(2), 111–122.

Silalahi, P. R., Tambunan, K., & Batubara, T. R. (2022). Dampak Penggunaan QRIS Terhadap Kepuasan Konsumen Sebagai Alat Transaksi. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 122–128.

Siswanto, E., Hayati, A., Farhana, H., Andrini, S., Yulianto, A., & Utomo, Y. T. (2024). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif (Arie Surachman & V. A. Rengganis (eds.); Issue September). CV. Eureka Media Aksara.

Sriekaningsih, A. (2020). QRIS dan Era Baru Transaksi Pembayaran 4.0 (Dewani (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryaningprang, A. (2023). Financial Technology (M. Kusmiati (ed.); Issue July). CV. Aksara Global Akademia.

Syifa, A. A., Yanti, Y., & Sya’bani, A. S. (2025). Peran Pembayaran Digital Terhadap Kemudahan Transaksi Pada Umkm Di Desa Andamui. Jurnal Manajemen Dan Bisnis,

Trihayunda, N., Hidayati, A., & Puspita, V. (2023). Efektivitas Dan Efisiensi Sistem Pembayaran Non Tunai Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Dalam Mempengaruhi Inklusi Keuangan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Di Kc Kota Bengkulu. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 299–309.

Yeza, B. P., Bustami, Y., & Syarif, D. (2024). Pengaruh Efektivitas Dan Efisiensi Terhadap Minat Menggunakan Qris Bri Sebagai Sitem Pembayaran Digital Pada Umkm Di Kota Sungai Penuh. Al Fiddhoh: Journal of Banking, Insurance, and Finance, 5(2), 98–106.

Zhang, X., Xu, Y., & Ma, L. (2022). Research on Successful Factors and Influencing Mechanism of the Digital Transformation in SMEs. Sustainability (Switzerland), 14(5).

Downloads

Published

2025-11-26