OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA PROMOSI UMKM DEMONSNIA PARFUM

Authors

  • Firna Is Tsaniyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/d2n5m290

Keywords:

Media Sosial, Pemasaran Digital, Brand Awareness, Strategi Promosi.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya melalui platform TikTok, memberikan peluang besar bagi UMKM seperti Demonsia Parfum untuk mengoptimalkan pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran TikTok yang diterapkan oleh Demonsia Parfum dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, analisis konten, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki potensi besar dalam meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek Demonsia Parfum, meskipun terdapat tantangan terkait pemahaman algoritma dan keterbatasan sumber daya. Pembahasan mengungkapkan pentingnya pembuatan konten kreatif, konsistensi unggahan, dan kolaborasi dengan influencer untuk memaksimalkan promosi. Kesimpulannya, TikTok memiliki potensi besar untuk meningkatkan visibilitas UMKM, namun pemanfaatannya oleh Demonsia Parfum masih belum optimal karena kendala teknis dan kreativitas. UMKM perlu memahami algoritma TikTok, menciptakan konten kreatif, dan konsisten dalam penggunaan platform untuk memaksimalkan potensi promosi.

References

Annisa, Zahra Nur, Dhyah Wulansari, dan Media Promosi. 2024. “Issn : 3025-9495” 6 (4): 1–9.

Ardiansyah, Ardiansyah. 2023. “Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Madura.” Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 7 (1): 15. https://doi.org/10.30742/tb.v7i1.2575.

Azhari, Sartika, dan Irfan Ardiansah. 2022. “Efektivitas Penggunaan Media Sosial TikTok Sebagai Platform Pemasaran Digital Produk Olahan Buah Frutivez (@hellofrutivez).” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN) 10 (1): 26. https://doi.org/10.26418/justin.v10i1.45284.

Denada, N, P Isyanto, dan N Sumarni. 2023. “Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Di Oculus Photo Studio Cabang Galuh Mas Karawang.” … Entrepreneurship Journal … 4 (6): 10080–85. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2975.

Erwin, E., Subagja, A. D., Masliardi, A., Hansopaheluwakan, S., Kurniawan, S. D., Darmanto, E.

B., & Muksin, N. N. (2023). 2023. “No Title.” In Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini., 1–10.

Muhammad, Danuri. 2019. “Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital.” Infokam 15 (2): 116–23.

Muhammad Hafif Rafi Andhika, Radja Erland Hamzah*, Mukka Pasaribu, dan Citra Eka Putri. 2022. “No Title.” Jurnal Cyber PR, 2.

Nasrullah. 2015. No Title.

Nufus, Hayatun, dan Trisni Handayani. 2022. “STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store).” Jurnal EMT KITA 6 (1): 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483.

Priyandaru, Hananda, Sifa Fauziah, Sefriika Entas, Aprilia Puspasari, Universitas Bina sarana Informatika, Sistem Informasi Akuntansi Jl Kramat Raya No, Kec Senen, dan Info Artikel. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Sarana Promosi Kegiatan Desa Kota Batu Bogor.” Prawara Jurnal Abdimas 2 (2): 62–66. https://jurnalilmiah.id/index.php/abdimas.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tania, A., Aulia, F., dan Liliannisa, D. 2020. “No Title.” Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya.

Downloads

Published

2025-08-28