PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PERWIRA KOPI KARAWANG

Authors

  • Mia Anggreini Br Ginting Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31539/j99rr449

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangan era globalisasi memicu meningkatnya persaingan bisnis, khususnya di sektor kafe. Penelitian ini bermaksud guna mengkaji kontribusi kualitas produk, harga, serta promosi pada keputusan pembelian di Perwira Kopi Karawang. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian melibatkan 144 responden sebagai populasi. Data disusun melalui kuesioner berskala Likert dan dijalankan analisis melalui regresi linier berganda yang  berbantuan SPSS 26. Hasil analisis memperlihatkan bahwasanya pengaruh kualitas produk tidak signifikan, sementara harga dan promosi signifikan. Secara simultan, ketiga variabel ini terbukti berdampak signifikan pada keputusan pembelian.Implikasi penelitiam ini menunjukkan bahwa manajemen perlu terus mengumpulkan dan menganalisis data untuk menyesuaikan penawaran dengan preferensi konsumen yang terus berkembang.

References

Aditya, G., Ristanto, H., & . C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(1), 58–71. https://doi.org/10.54066/jbe.v6i1.99

Adwimurti, Y., & Sumarhadi, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.3070

Azria, W. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Loja De Cafe Purwokerto. Journal of Chemical Information and Modeling, 21(1), 1–9.

Doni Marlius, & Kesy Noveliza. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Converse Pada Toko Babee.Shopp Padang. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 2(1), 255–268. https://doi.org/10.56799/ekoma.v2i1.1251

Dwiputri, R., Isyanti, P., & Sumarni, N. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kofieboy. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 488–498. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.855

Elia, A., Yosep, B., & Akhmad. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif (Issue January). https://www.google.co.id/books/edition/METODE_PENELITIAN_KUALITATIF_DAN_KUANTIT/A8LmEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teknik+pengumpulan+data+terbaru&printsec=frontcover

Ermini, Suryati, Najib, M., & Nindiati, D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada The Hungry Burger. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(1), 36–51. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i1.9814

Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Jurnal Ekonomi Manajemen, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Lestari, W. A., Budianto, A., & Setiawan, I. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Suatu Studi Pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 56–65.

Murningtyas, K. I. Y., & Samboro, J. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Merdeka Nganjuk. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10(1), 211–218. https://doi.org/10.33795/jab.v10i1.4516

Pujiati, H., Yosepha, S. Y., & Aditia, Y. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Minat Beli Kopi Kenangan pada Mall Ambassador, Jakarta Selatan. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 6(2), 88–100. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.270

Putri, D. M. H., Soeliha, S., & Sari, R. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Seduh Di Besuki Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 3(6), 1118. https://doi.org/10.36841/jme.v3i6.5030

Rukmayanti, R., & Fitriana, F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 12(2), 206–217. https://doi.org/10.12928/fokus.v12i2.6671

Sari, C. S., Isyanto, P., & Sumarni, N. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap PembelianImpulsif Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Program Studi ManajemenAngkatan 2019 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7357–7369. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Siti Nur Nahya, N.Rachma, A. R. S. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen DRK Cafe Bondowoso). Universitas Islam Malang, 8(11), 1–16.

Suntani, S., Politeknik, S., Bandung, K., & Sitasi, C. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Widya Cipta, 2(2), 247–254. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Tolan, M. S., Pelleng, F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.

Wardani, I. Y., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Pada 200 Cafe and Food Di Kota Malang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 89–100. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i2.1524

Winadi, A. A., Tyas, P., Nurhasanah, N., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kemudahan Pada Situs Jual Beli Online. Jurnal Ekonomi : Journal Og Economic, 10(1), 61. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-17726-11_0382.pdf

Downloads

Published

2025-08-28