PENGARUH BRAND COMMUNITY DAN ONLINE SHOPPING FESTIVAL TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH SOCIAL MEDIA ENGAGEMENTS SKINCARE DEEVA DERMA SOFT SKIN
DOI:
https://doi.org/10.31539/ee365580Keywords:
Brand Community, Online Shopping Festival, Social Media Engagements, Purchase IntentionAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Brand Community dan Online Shopping Festival terhadap Purchase Intention yang dimediasi oleh Social Media Engagements Skincare DeeVa Derma Soft Skin. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google form yang diukur dengan skala likert. Objek pada penelitian ini menggunakan 165 responden yang merupakan followers Instagram DeeVa Derma Soft Skin dengan rentan usia 18-65 tahun. Penelitian ini di uji menggunakan Structural Equation Modelling dengan software AMOS versi 26.0. Hasil hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand community berpengaruh signifikan terhadap social media engagements (H1), online shopping festival berpengaruh signifikan terhadap social media engagement (H2), brand community berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (H3), online shopping festival berpengaruh terhadap purchase intention (H4), social media engagements berpengaruh signifikan terhadap purchase intention (H5), brand community berpengaruh signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh social media engagements (H6), dan online shopping festival berpengaruh signfikan terhadap purchase intention melalui social media engagements (H7).
References
Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response. Nivedana : Jurnal Komunikasi & Bahasa, 3, 49–52.
Adil, A. S., Asdar, M., & Ismail, M. (2018). the Influence of Customers Involvement and Brand Trust on Decisions of Purchase of Products Through Intention To Buy As Intervienning Variable (Study on Eiwa Instagram Account). Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(3), 37–50.
Aditya, D., & Setyawan, A. A. (2023). Trust In Social Media Peran Komunitas Merek Dan Keterlibatan Komunitas Dalam Membangun Kepercayaan Merek Di Media Sosial. 4(5), 5727–5735.
Alam, A. Z., Aryandari, C., & Saputra, A. T. (2023). Social Media Engagement Ngayogjazz Sebagai Festival Musik Di Yogyakarta. Jurnal Harmoni, 13(2), 132–153. https://doi.org/10.26618/jh.v13i2.12881
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Amoah, J., Jibril, A. B., Egala, S. B., & Solomon, A. (2022). Online brand community and consumer brand trust : Analysis from Czech millennials Online brand community and consumer brand trust : Analysis from Czech millennials. Cogent Business & Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2149152
Angelique, Michelle; Utami, Ch.Whidya; Gosal, G. (2021). PENGARUH ONLINE REVIEW & CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE & PURCHASE INTENTION DI PAINTEREST. 6.
Ariyanti, L., & Setyo Iriani, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491–508. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i5.58
Asnan, N. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1–15. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/139
Ayu Nindyowati Anita Damajanti, S. (2013). PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KEMAMPUAN INDIVIDUAL, DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI MEDIA SUMBER PUSTAKA (Studi Empiris di UNDIP dan UNIKA Soegijapranata Semarang) Saifudin *. JDA Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), 21–34. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jda
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). the Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School Student. Jurnal Pendas Mahakam, 4(2), 152–157. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/pendasmahakam/article/download/347/220/
Chen, H.-Y., & Huang, K.-P. (2022). the Effect of Consumer Engegement in Online Brand Community on Purchase Intention-the Case Study of Newly Launched Cosmetic Products. IJOI The International Journal of Organizational Innovation, 15(2), 2022–1269. https://www.ijoi-online.org/
Christian, H. C. (2020). Pengaruh Brand Community Affect Dan Brand Community Trust Terhadap Brand Community Commitment Dan Brand Loyalty Pada Komunitas Motor Matic Honda Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 1–23.
Christopher, C. (2013). Sikap Masyarakat Surabaya dalam Menonton Video Klip Psy-Gangnam Style di Youtube. Jurnal E-Komunikasi, 1(3), 288–297. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/942
Dewi, L., Anataya, B., & Hidni, D. (2024). The Influence of Advertising and Influencer Reviews on Purchasing Decisions of DeeVa. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.37477/bip.v16i1.506
Dewi, N., Martadewi, N., Mangamis, A., Stefany, & Susanto, P. (2021). Respon dan Pengalaman Konsumen Berpartisipasi pada Mega Sale Tanggal Kembar: Studi Kasus E-commerce Shopee 9.9 Super Shopping Day. Prosiding SINTESA, 4, 305–312. https://www.researchgate.net/publication/359193229_RESPON_DAN_PENGALAMAN_KONSUMEN_BERPARTISIPASI_PADA_MEGA_SALE_TANGGAL_KEMBAR_STUDI_KASUS_PADA_E-COMMERCE_SHOPEE_99_SUPER_SHOPPING_DAY
Fatmawati, F., & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 1. https://doi.org/10.24853/jmmb.1.1.1-10
Goenawan, G. (2015). Co-creation communication pengguna Instagram dalam foodstagram di Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 3(1), 1–10.
Hakim, F., & Anggraini, D. (2022). Pengaruh Terpaan dan Kualitas Informasi Akun Instagram @lrtjkt Terhadap Minat Beli Jasa. Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 5(1), 78–85. https://doi.org/10.24076/pikma.v5i1.862
Hanidah, N. S., Razak, R., & Parsono, S. (2022). Pengaruh Social Media Engagement Terhadap Reputasi Pt Kereta Api Indonesia. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 1(1), 1. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v1i1.5030
Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini (Vol. 7, Issue 1).
Harmilasari, D., & Munggaran, C. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Portal Berita Menggunakan Usability Metric. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(3), 293–300. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.3.23
Hasdiana, U. (2018). PENGARUH PUBLIC SERVICE MOTIVATION TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS RAWAT INAP KOTA YOGYAKARTA. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Heggie, D., & Goey, H. (2018). Pengaruh employee satisfaction terhadap customer satisfaction dan customer loyalty restoran keluarga di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(1), 1752–1771.
Ho, V. H. (2020). Pengaruh Festival Marketing Terhadap Online Purchase Intention Dengan Shopping Experience Satisfaction Sebagai Variabel Intervening ; Studi Kasus Shopee Double Days Di Kalangan Mahasiswa Dan Mahasiswi Universitas. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/11177/9918
Huddin, M. N. N. (2022). SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CUSTOMER ENGAGEMENT TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAN INFO PANDEGLANG. Jurnal Manajemen Perusahaan, Vol. 1 No. 2, 1.
Ivanka, C. N., Ardhanari, M., & Kristyanto, V. S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Equity, Brand Engagement, Dan Customer Bonding Sebagai Mediator Pada Media Sosial Instagram Somethinc. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 12(1), 68–87. https://doi.org/10.33508/jumma.v12i1.4720
Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.
Juni, N. O., Karyawan, K., Bank, P. T., Dubai, P., Jabodetabek, T. B. K., & Covid-, S. M. P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan Pt Bank Panin Dubai Syariah, Tbk Jabodetabek Selama Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(2), 125–135. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i2.694
Lind, Douglas A.; William G.; Wathen, S. A. (2014). Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi. In R. B. Hartanto (Ed.), Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi (15th ed.). Salemba Empat.
Mahendra, F. Z., & Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Akun Instagam @authenticsid). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mandung, F., Mangkona, S., Halim, A., & Kusuma, P. (2023). Building Empowered Online Communities : A Case Study on Brand Community in social media. 6(1).
Martínez-López, F. J., Aguilar-Illescas, R., Molinillo, S., Anaya-Sánchez, R., Andres Coca-Stefaniak, J., & Esteban-Millat, I. (2021). The role of online brand community engagement on the consumer-brand relationship. Sustainability (Switzerland), 13(7), 1–17. https://doi.org/10.3390/su13073679
Natanael, K. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Generasi Y di Surabaya. Agora, 8(1), 1–7.
Nielsen. (2021). Nielsen Trust in Advertising. 2021. https://www.nielsen.com/wp-content/uploads/sites/3/2021/11/2021-Nielsen-Trust-In-Advertising-Sell-Sheet.pdf
Noersabila Esa Laela a, A. A. a, W. A. P. a,. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Affiliator Shopee Dalam Mempromosikan Produk Shopee Affiliator Marketing Communication in Promoting Product. JURNAL INOVASI DAN KREATIVITAS (JIKa), 3(September), 1–12. https://doi.org/10.30656/jika.v3i2.6336
Pertiwi, P. D. (2019). PENGARUH CONTENT MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN EVENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VARIABEL MEDIASI CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Pada Pengunjung ON OFF Festival 2019). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2, 1–13.
Pletikosa Cvijikj, I., & Michahelles, F. (2013). Online engagement factors on Facebook brand pages. Social Network Analysis and Mining, 3(4), 843–861. https://doi.org/10.1007/s13278-013-0098-8
Prastowo, K. (2020). The Roles of Community Engagement and Brand Community Types in Building Brand Trust on Social Media Based Brand Communities. International Journal of Business Studies, 4(1), 21–36. https://doi.org/10.32924/ijbs.v4i1.100
Pungus, C. N., Maramis, J. B., & Karuntu, M. M. (2024). Pengaruh Return on Asset , Non-Performing Loan , Loan To Deposit Ratio Terhadap Financial Sustainability Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan Yang Go Public. Jurnal EMBA, 12(01), 295–306.
Purwaningrum, Y., & Harahap, P. (2010). ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP PENINGKATAN SELF EFFICACY DALAM RANGKA PENCAPAIAN KOMITMEN ORGANISASI (Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak di Semarang). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 1–19.
Puspitasari, D. A., & Yunani, A. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Event Marketing dan Kredibilitas Influencer Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Erigo Store). YUME : Journal of Management, 5(2), 208–218. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.3453
Putra, H. O. A., Ridhwan, R., & Candra, Y. (2023). Factors That Influence Purchase Intention Creative Economy Products. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 11(2), 434–439. https://doi.org/10.31846/jae.v11i2.646
Rachmandanu, Y. P., & Danibrata, A. (2021). Beberapa Faktor Yang Berperan Terhadap Purchase Intention Produk. E-Jurnal Manajemen TSM, 1(3), 57–66. http://jurnaltsm.id/index.php/EJMTSM
Sahadi, & Wibowo, M. A. (2015). Pengaruh Faktor Motivasi dan Kepercayaan terhadap Kinerja melalui Komitmen pada Manajer Proyek Kontruksi dengan Pendekatan Structural Equation Modeling. Media Komunikasi Teknik Sipil, 19(2), 99–107.
Saharani, M., & Roslina. (2023). PENGARUH FESTIVAL BELANJA DARING TERHADAP NIAT BELI MELALUI APLIKASI LAZADA INDONESIA. 12(Mei-Juni), 1703.
Salmaneta, Q., Wulandari, S., & Wismiarsi, T. (2022). Social media engagement and influencer personal branding relation. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 95–105.
Sanjaya, V. F., & Hernita, S. J. (2020). Online Consumer Review, Brand Community, Trust and Consumer Purchase Decisions in Indonesia. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(02), 276. https://doi.org/10.30868/ad.v4i02.945
Sem-pls, D., & Grafis, A. (2023). Analisis Perbandingan Penggunaan Perangkat Lunak Analisis. 16(2), 127–136.
Sulistyono, A., & Jakaria, J. (2022). Analisis Pengaruh Social Media Engagement Terhadap Relationship Quality Yang Dimediasi Oleh Faktor – Faktor Relationship Management. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 53. https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.987
Sumeru, D., & Balqiah, T. E. (2022). the Effect of Marketing Strategy on Consumer Sentiment, Price Sensitivity, and Purchase Intention, on National Online Shopping Day: S-O-R Model Approach. The 6thInternational Conference on Family Businessand Entrepreneurship (ICFBE 2022), 255–265.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Brennadiva Anataya, Liliana Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.