ANALISIS HUBUNGAN ANTARA CORPORATE COVERNANCE DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PUBLIK

Authors

  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31539/47csw308

Keywords:

Corporate Covernance; Kinerja Keuangan; Perusahaan Publik

Abstract

Corporate governance merupakan sistem yang digunakan untuk mengarahkan dan mengendalikan perusahaan, serta memastikan bahwa perusahaan dijalankan dengan baik dan sesuai dengan kepentingan stakeholders. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan anatara corporate covernance dan kinerja keuangan pada perusahaan publik. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka untuk menganalisis hubungan antara corporate governance dan kinerja keuangan pada perusahaan publik. Tinjauan pustaka dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis artikel, buku, dan dokumen lain yang relevan dengan topik penelitian. Berdasarkan tinjauan pustaka yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa corporate governance memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan publik. Corporate governance dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan publik dengan beberapa cara, yaitu dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mengurangi risiko keuangan, dan meningkatkan kepercayaan investor.

References

Asir, M., Yuniawati, R. A., Mere, K., Sukardi, K., & Anwar, M. A. (2023). Peran manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan: studi manajemen sumber daya manusia. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 32-42.

Asir, M., Yuniawati, R. A., Mere, K., Sukardi, K., & Anwar, M. A. (2023). Peran manajemen risiko dalam meningkatkan kinerja perusahaan: studi manajemen sumber daya manusia. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 32-42.

Bassi, L. J., & McMurrer, D. P. (2020). Maximizing your return on people. Harvard Business Review, 98(3), 115-123.

Brown, L. D., & Caylor, M. L. (2006). Corporate governance and firm performance. Journal of Corporate Finance, 12(2), 239-255.

Gompers, P. A., Ishii, J. L., & Metrick, A. (2003). Corporate governance and equity prices. Quarterly Journal of Economics, 118(1), 107-156.

Johnson, S., Boone, P., Breach, A., & Friedman, E. (2000). Corporate governance in the Asian financial crisis. Journal of Financial Economics, 58(1-2), 141-186.

Mere, K., Puspitasari, D., Asir, M., Rahayu, B., & Mas' ud, M. I. (2024). The Role Of Interactive Content In Building Consumer Engagement And Strengthening Brand Loyalty: A Review On Social Media Platforms And Corporate Websites Peran Konten Interaktif Dalam Membangun Keterlibatan Konsumen Dan Memperkuat Kesetiaan Merek: Tinjauan Pada. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 7(3), 5455-5556.

Mere, K., Puspitasari, D., Asir, M., Rahayu, B., & Mas' ud, M. I. (2024). Peran Konten Interaktif dalam Membangun Keterlibatan Konsumen dan Memperkuat Kesetiaan Merek: Tinjauan pada Platform Media Sosial dan Situs Web Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(3), 5455-5556.

Shleifer, A., & Vishny, R. W. (1997). A survey of corporate governance. Journal of Finance, 52(2), 737-783.

Brown, L. D., & Caylor, M. L. (2006). Corporate governance and firm performance. Journal of Corporate Finance, 12(2), 239-255.

Gompers, P. A., Ishii, J. L., & Metrick, A. (2003). Corporate governance and equity prices. Quarterly Journal of Economics, 118(1), 107-156.

Johnson, S., Boone, P., Breach, A., & Friedman, E. (2000). Corporate governance in the Asian financial crisis. Journal of Financial Economics, 58(1-2), 141-186.

Shleifer, A., & Vishny, R. W. (1997). A survey of corporate governance. Journal of Finance, 52(2), 737-783.

Bhagat, S., & Bolton, B. (2008). Corporate governance and firm performance. Journal of Corporate Finance, 14(3), 257-273.

Downloads

Published

2025-08-24