PENGARUH KUALITAS KEAMANAN, FLEKSIBILITAS, DAN USER INTERFACE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING: STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA BRIMO DI KOTA KENDARI

Authors

  • Agus Rudiansyah Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Mustam Mustam Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Yuan Swastika Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31539/xb694690

Keywords:

BRImo, Kepuasan Pelanggan, Fleksibilitas, Antarmuka Pengguna, Dan Kualitas Keamanan.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana kepuasan nasabah terhadap layanan mobile banking BRImo dipengaruhi oleh kualitas keamanan, fleksibilitas, dan antarmuka pengguna. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Kota Kendari yang memanfaatkan BRImo. Pesatnya perkembangan transaksi mobile banking, yang didukung oleh data digitalisasi Indonesia dan tingkat pengeluaran per kapita Kota Kendari, menjadikan penelitian ini relevan. Namun, penelitian sebelumnya tentang dampak keamanan dan fleksibilitas terhadap kepuasan menghasilkan hasil yang saling bertentangan, sehingga memerlukan investigasi yang lebih mendalam. Untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam, penelitian ini juga memasukkan variabel antarmuka pengguna. Metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) digunakan secara kuantitatif. Mahasiswa diberikan kuesioner untuk diisi guna mengumpulkan data. Hipotesis ini menguji apakah kepuasan nasabah BRImo dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh variabel kualitas keamanan, fleksibilitas, dan antarmuka pengguna, baik secara terpisah maupun gabungan. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memajukan penelitian ilmiah dan memberikan panduan strategis bagi Bank BRI.

References

1) Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014). Research desing: qualitative, quantitative and mixed methods approaches (Vol. 54). United State of America: Sage Publications.

2) Da Silva, B. R., Mangantar, M., & Tielung, M. V. . (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Potongan Harga dan User Interface Terhadap Kepuasan Pelanggan Marketplace Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 10(4), 1653–1662.

3) Dissanayake, D. dan. (2023). Dampak Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah Bank Komersial di Sri Lanka SNRF. Jurnal Manajemen Wayamba, 1–15.

4) Faisal, N. Al, Nahar, J., Rouge, B., Borna, R. S., Banking, D., Selection, B., Preferences, C., Banking, O., Banking, M., & Satisfaction, C. (2024). AIM INTERNATIONAL LLC Publisher Frontiers in Applied Engineering and Technology , 2024 ; 1 ( 01 ): 41-58 THE ROLE OF DIGITAL BANKING FEATURES IN BANK SELECTION AN ANALYSIS OF CUSTOMER PREFERENCES FOR. 1(01), 41–58.

5) Hair, J. F., Sarstedt, M., Pieper, T. M., & Ringle, C. M. (2012). The use of partial least squares structural equation modeling in strategic management research: a review of past practices and recommendations for future applications. Long Range Planning, 45(5–6), 320–340.

6) Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107–123.

7) Heristyanto, A. F., Garnadi, A. T., & Al-Hadid, A. H. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Website E-Learning Nusa Mandiri Perihal UI/UX dengan Metode E-Service Quality. Remik, 6(4), 729–737. https://doi.org/10.33395/remik.v6i4.11819

8) Jahan Nusrat, S. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah mobile banking di Bangladesh: studi tentang perspektif pengguna muda. South Asian Journal of Marketing, 3(1), 60–76.

9) Jayaweera, U. A. (2022). Analyzing the effectiveness of Mobile Banking on Customer Satisfaction; A survey on the XYZ Bank PLC with specific reference to branch Thalawathugoda, Sri Lanka. International Journal of Scientific and Research Publications, 12(11), 83–90. https://doi.org/10.29322/ijsrp.12.11.2022.p13111

10) Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183, 196.

11) Nuangjamnong, J. Y. and C. (2022). The Impact of Mobile Banking Service on Customer Satisfaction: A Case Study of Commercial Banks in China. UIJRT | United International Journal for Research & Technology, 03(10), 1–22. https://doi.org/10.4038/wjm.v14i1.7593

12) Rabaa’i, A. A., & ALMaati, S. A. (2021). Exploring the Determinants of Users’ Continuance Intention to Use Mobile Banking Services in Kuwait: Extending the Expectation-Confirmation Model. Asia Pacific Journal of Information Systems, 31(2), 141–184. https://doi.org/10.14329/apjis.2021.31.2.141

13) Salsabila, J. A., Pramono, A., Informatika, T., Surabaya, S., Timur, J., Banking, A. M., & Design, U. C. (2024). ANALISA PENGALAMAN PENGGUNA UNTUK PENGEMBANGAN UI / UX. 8(4), 5914–5925.

14) Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

15) Wiwesa, N. R. (2021). User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 17–31. https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2

16) Wulan Suci, F. C., & Dahlan, K. S. S. (2023). The Effect Of Security And Trust On Mobile Banking Customer Satisfaction Mediated By Convenience Factors. Journal of Social Science (JoSS), 2(10), 888–902. https://doi.org/10.57185/joss.v2i10.144

Downloads

Published

2025-08-26