PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEMANFAATAN TEKNOLOGI AI, TERHADAP NIAT UNTUK MENGADOPSI KEPUTUSAN AI CHATBOT PADA SHOPEE DI KOTA KENDARI DENGAN DIALOG YANG DIRASAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Siti Mutmainnah Sani Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Muhammad Sofian Maksar Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Inayah Abdillah Rabbani Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.31539/32m5hq07

Keywords:

Kepercayaan, Kemanfaatan Teknologi AI, AI Chatbot, Niat Adopsi, Dialog yang Dirasakan.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kepercayaan dan kemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) terhadap niat adopsi AI chatbot di platform e-commerce Shopee di Kota Kendari. Dialog yang dirasakan berperan sebagai variabel moderasi dalam hubungan tersebut. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan AI dalam e-commerce dan pentingnya peran AI chatbot dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, di mana kepercayaan konsumen menjadi faktor kunci. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan data dari pengguna Shopee Generasi Z di Kendari melalui kuesioner.Analisis dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS. Hasil awal menunjukkan bahwa kepercayaan dan kemanfaatan memiliki pengaruh positif terhadap niat adopsi AI chatbot. Selain itu, dialog yang dirasakan juga dihipotesiskan sebagai variabel moderasi positif antara kepercayaan dan niat adopsi.Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan akademik tentang pengaruh AI dalam e-commerce dan menjadi referensi untuk penelitian di masa mendatang. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat digunakan oleh pengguna dan pengembang Shopee sebagai masukan untuk mengembangkan fitur chatbot yang lebih responsif dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai perilaku konsumen Gen Z terhadap adopsi teknologi AI. Temuan ini juga dapat menjadi masukan bagi Shopee untuk mengembangkan fitur chatbot yang lebih efektif dan dapat meningkatkan kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

References

1) (BPS-Statistics of Sulawesi Tenggara. (n.d.). BADAN PUSAT STATISTIK (BPS). https://sultra.bps.go.id/id/statistics-table/2/Mjg2IzI=/pengeluaran-per-kapita-disesuaikan--ribu-rupiah-.html

2) Angelina Lilac Chen f, D. (2024). Apakah rekomendasi chatbot AI meyakinkan pelanggan? Respons analitis berdasarkan model. Acta Psikologika, 244(September), 1–16.

3) Bora, M. A., Ansarullah Lawi, I Made Sondra Wijaya, & Tia Andini Salsabilla. (2024). Mengoptimalkan Kenyamanan Kognitif: Analisis Ergonomis terhadap Interaksi Pengguna dengan AI Chatbots. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 710–723. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.869

4) Choudhury, A., & Shamszare, H. (2023). Investigating the Impact of User Trust on the Adoption and Use of ChatGPT: Survey Analysis. In Journal of Medical Internet Research (Vol. 25). https://doi.org/10.2196/47184

5) CNBC.ipsos. (2024). IPSOS: Shopee Kuasai Indikator Kepuasan Konsumen dalam Belanja Online. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240624000647-37-548580/ipsos-shopee-kuasai-indikator-kepuasan-konsumen-dalam-belanja-online

6) Darmawan, S., & Setyorini, R. (2020). Analisa Faktor-Faktor Adopsi Chatbot Line Smb Telkom Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model Yang Dimodifikasi. ProBank, 5(2), 241–254. https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.729

7) Deutsch, M., & Editors, P. T. C. E. C. M. (2006). The Handbook of Conflict Resolution Theory and Practice Second Edition. Conflict, Interdependence, and Justice, 95–118.

8) Dimas Rhoyhan Budi Satrio, Umar Mukhtar, M. A. A. A. (2025). PENERAPAN KECERDASAN BUATAN DALAM E-COMMERCE : EFISIENSI. 9(1), 788–800.

9) Ghozali 2016. (n.d.). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23. https://digilib.undip.ac.id/2012/10/04/structural-equation-modeling-metode-alternatif-dengan-partial-least-square/

10) Herman, H., Yulianto, A., & Lim, S. (2023). Analisa Aplikasi Chatbot Untuk Pertanyaan Umum Terkait Universitas Di Universitas Xyz. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 415–437. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1069

11) Imam Ghozali, H. L. (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0.

12) Levy, P. S., & Lemeshow, S. (2013). Sampling of populations: methods and applications. John Wiley & Sons.

13) Maulia, A. (2024). Perkembangan Teknologi Terbaru di Dunia Tahun 2024. Pelitadigital. https://pelitadigital.com/perkembangan-teknologi-terbaru-di-dunia-tahun-2024/

14) Mulyanto, D. (2024). Peran Lingkungan Dalam Niai Adopsi AI pada Bisnis Ritel (Perspektif Berbagai Teori). Ejurnal.Mercubuana-Yogya.Ac.Id, 4(1), 99–117. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JPSB/article/view/3937

15) Purwantini, A. H., & Amalia, R. D. (2021). Investigasi Niat Penggunaan Financial Technology Payment Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 19(1), 35. https://doi.org/10.19184/jauj.v19i1.24715

16) SANTI. (2024). Analisis pengaruh chatbot dan kualitas e-service terhadap kepuasan pelanggan pada aplikasi shopee skripsi.

17) Silva, F. A., Shojaei, A. S., & Barbosa, B. (2023). Chatbot-Based Services: A Study on Customers’ Reuse Intention. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 18(1), 457–474. https://doi.org/10.3390/jtaer18010024

18) Sugiono. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

19) Zikry, A., Muhammad Bitrayoga, Siska Yulia Defitri, Akhmad Dahlan, & Nina Dwi Putriani. (2024). Analisis Penggunaan AI dalam Keberhasilan Customer Experience Pengguna Aplikasi E-Commerce Shopee. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(3), 766–781. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i3.1387

Downloads

Published

2025-08-27