PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI RISIKO, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER

Authors

  • Althaf Ghany Tahtiyar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Lintang Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/8fnyb526

Keywords:

Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Shopee PayLater, Minat Penggunaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Fenomena meningkatnya penggunaan fitur pembayaran digital seperti Shopee PayLater menuntut pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi minat pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 50 responden terpilih. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh variabel penelitian memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan Shopee PayLater, sedangkan literasi keuangan, persepsi risiko, dan kepercayaan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hasil uji F memperkuat bahwa model secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kemudahan penggunaan menjadi faktor dominan dalam meningkatkan minat mahasiswa menggunakan Shopee PayLater. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan fintech dalam meningkatkan strategi adopsi layanan paylater melalui peningkatan fitur kemudahan penggunaan dan edukasi literasi keuangan.

 

References

Alalwan, A. A., Alnsour, M., & Hawa, D. (2018). Social media in the marketing of financial services in Jordan: The role of customer's perception of the ease of use. International Journal of Bank Marketing, 36(5), 861–878. https://doi.org/10.1108/IJBM-10-2017-0225

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.2307/249008

Hsu, C. L., & Lin, J. C. C. (2017). The influence of trust and perceived risk on the adoption of e-commerce. Journal of Electronic Commerce Research, 18(1), 62–74. https://www.researchgate.net/publication/319053543_The_Influence_of_Trust_and_Perceived_Risk_on_the_Adoption_of_E-Commerce

Lestari, R. M., & Kartika, E. (2024). Pengaruh pendapatan, literasi keuangan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan Paylater pada generasi Z di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 9(2), 2024–2659.

Liu, F., Liu, Y., & Wang, Z. (2015). The impact of trust on the use of mobile payment in China. Journal of Electronic Commerce Research, 16(2), 130–142. http://www.jecr.org/sites/default/files/16_2_p03.pdf

Maharani, N. I., Arsa, & Noor, F. S. (2023). Pengaruh kepercayaan, gaya hidup dan pengaruh sosial terhadap minat penggunaan Shopee Paylater pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Jurnal Sains Student Research, 1(2), 130–143. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.120

Maharani, S., & Rahayu, P. (2020). Digital financial literacy and behavioral intention to use fintech among students. Asian Journal of Economics and Business, 8(2), 149–164. https://www.researchgate.net/publication/340081418_Digital_Financial_Literacy_and_Behavioral_Intention_to_Use_Fintech_Among_Students

Ong, V., & MN, N. (2022). Pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahan, dan literasi keuangan terhadap minat penggunaan Linkaja. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(2), 516. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i2.18259

Prayusi, A. D., & Ingriyani, L. (2023). Pengaruh literasi keuangan, persepsi kemudahan, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan Shopee Paylater (Studi Kasus Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta). [Unpublished thesis].

Rahayu, L. (2022). Pengaruh persepsi risiko dan kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian menggunakan metode pembayaran Shopee Paylater (Studi Kasus Mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto). UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Suki, N. M., & Suki, N. M. (2017). The influence of perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived enjoyment on the adoption of mobile payment in Malaysia. Journal of Internet Banking and Commerce, 22(3). https://doi.org/10.2139/ssrn.3028699

Wulandari, S. (2023). Pengaruh literasi keuangan, parental income dan self control terhadap minat menggunakan Shopeepaylater pada mahasiswa rantau (Studi Kasus Mahasiswa Jambi Di UIN Walisongo Semarang). [Unpublished thesis]. UIN Walisongo Semarang.

Yang, Z., Xu, J., & Zhang, X. (2016). The role of perceived risk in mobile payment adoption in China. Journal of Electronic Commerce Research, 17(3), 157–171. http://www.jecr.org/sites/default/files/17_3_p03.pdf

Downloads

Published

2025-10-15