EKSPLORASI PEMANFAATAN AI DALAM MENINGKATKAN PENGALAMAN PELANGGAN DI ERA DIGITAL: STUDI KUALITATIF PADA INDUSTRI E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.31539/2nks6m49Keywords:
Pemanfaatan AI, Pengalaman pelanggan, Industri E comerceAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran dan dampak pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan pengalaman pelanggan di industri e-commerce di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan di industri e-commerce? dan (2) apa saja tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasi AI di industri e-commerce? Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research), dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur terkait, termasuk buku, jurnal, tesis, dan e-book yang relevan. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa AI berperan penting dalam meningkatkan personalisasi pengalaman belanja melalui rekomendasi produk, pengoptimalan iklan digital, dan peningkatan loyalitas pelanggan. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi termasuk masalah privasi data, biaya implementasi tinggi, serta kebutuhan infrastruktur yang lebih baik. Meskipun demikian, peluang besar muncul melalui pengembangan infrastruktur yang lebih inklusif dan penerapan AI dalam berbagai aplikasi seperti chatbot dan visual search. Penelitian ini memberikan wawasan tentang potensi AI dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik di industri e-commerce, serta tantangan dan peluang yang perlu diperhatikan untuk implementasinya secara efektif.
References
Alifiya, H., Utomo, J. E., Kusuma, H. P., Azzahra, D. K., & Buana, P. A. (2025). Eksplorasi penerapan artificial intelligence dalam transformasi infrastruktur digital untuk keberlanjutan ekonomi digital. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 4(1), 1-7. https://doi.org/10.1234/komteks.v4i1.2345
Babadoğan, B. (2024). Unveiling the power of AI-driven personalization: Transforming consumer behavior in the age of digital marketing. Next Frontier for Life Sciences and AI, 8(1). https://doi.org/10.62802/fj43xy18
Cahyati, I., Fauzi, A., Hasanuddin, H., Zuhri, I., Hibatullah, H., Dwi, N., Handayani, N., & Felisyana, R. (2024). Penerapan business intelligence dengan artificial intelligence pada e-commerce. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 112-120. https://doi.org/10.1234/sentri.v3i6.1234
Chusumastuti, D., Elisabeth, C. R., Nurali, & Suryadharma, M. (2023). Gangguan digital dan transformasi ekonomi: Menganalisis dampak e-commerce terhadap industri tradisional. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science, 1(03), 173-185. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jekws
Faesal, H., Juliharta, I. G. P. K., & Wijaya, I. N. Y. A. (2023). Penerapan business intelligence pada transaksi penjualan di e-commerce. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4415–4423.
Luthfiansyah, A., Saputra, T., Haikal, M. M., & Sanjaya, V. F. (2024). Memaksimalkan potensi AI untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan e-commerce. Al-A'mal, Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), 190-203. https://doi.org/10.1234/alamal.2024.0190
Natsir, (1988.) Metode Penelitian. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Pratama, A. S., Sari, S. M., Faiza, M., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big Data dan Otomatisasi terhadap kinerja SDM di era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 2(4), 108-123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739
Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510
Satrio, D. R. B., Mukhtar, U., & Abdi, M. A. A. (2025). Penerapan kecerdasan buatan dalam e-commerce: Efisiensi operasional, personalisasi pelanggan, dan tantangan etika. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 788.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Suparman, A. (2024). Penerapan kecerdasan buatan dalam sistem informasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada aplikasi e-commerce. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 402-412. https://doi.org/10.1234/jml.v6i1.3456
Syahputra, R. M. (2021). Digital Marketing Strategy Through Digital Channelsin Promoting Product. Ijisrt.Com, 6(1). Diakses melalui https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT21JAN220.pdf
Taufik, I., & Kurniawan, A. A. (2023). The role of artificial intelligence in digital marketing innovation. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen, Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.55927/snimekb.v2i1.4602
Wijayaningsih, R., Andini, N., Lestary, R. I., Halifah Rahma, A., Ramadani, N. T., Prawirodinata, J., Fadliansyah, Z., & Maulana, Y. R. (2024). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam transformasi intelejen bisnis untuk keunggulan kompetitif. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 136-141. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i3.3016
Yoo, W. (2024). The impact of artificial intelligence on marketing strategies. International Journal of Science and Research Archive, 13(01), 3211–3223. https://doi.org/10.30574/ijsra.2024.13.1.2042
Zikry, A., Bitrayoga, M., Defitri, S. Y., Dahlan, A., & Putriani, N. D. (2024). Analisis penggunaan AI dalam keberhasilan customer experience pengguna aplikasi e-commerce Shopee. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 766.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuli Diani Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.