PENGARUH BRAND AMBASSADOR, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUASAN (STUDI PADA PELANGGAN EIGER STORE SEMARANG)

Authors

  • Adrian Himawan Saputra Universitas Stikubank Semarang
  • Endang Tjahjaningsih Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/nh9hkk37

Keywords:

Brand Ambassador, Persepsi Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini diharapkan bisa memberi pengetahuan tentang bagaimana brand ambassador, persepsi harga, dan citra merek mempengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan dari produk Eiger di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif. Sumber informasinya menggunakan media kuesioner melalui Google Form yang berjumlah 100 responden menggunakan strategi purposive sampling. Pengujian spekulasi dilakukan dengan menggunakan program penanganan informasi berbasis pengukuran SPSS. Populasi terdiri dari calon konsumen yang berniat membeli produk Eiger. Hasil penelitian menyatakan bahwa brand ambassador tidak mempengaruhi keputusan pembelian, persepsi harga mempengaruhi keputusan pembelian, citra merek mempengaruhi keputusan pembelian dan keputusan pembelian mempengaruhi kepuasan. Intinya yaitu semakin bagus persepsi harga dan citra merek yang disediakan maka keputusan pembelianpun meningkat. Hal yang sama berlaku untuk keputusan pembelian, dimana tingginya keputusan pembelian yang dilakukan maka tinggi pula kepuasan.

References

Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-Wom, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–445.

Alawiah, W., & Utama, A. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Citra Merek pada Keputusan Pembelian Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1), 17–34.

Clarissa, C., & Bernarto, I. (2022). The Influence of Brand Ambassador , Brand Awareness , Brand Image and Prices on Purchase Decisions on Online Marketplace. Business and Entrepereneurial Review, 22(October), 273–288.

Clarita, N., & Khalid, J. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di CFC Grande Karawaci. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 2, 37–53.

Dewi, S., Listyowati, D., Napitupulu, B. E., & Saragih, K. (2025). The effect of Lifestyle and Brand Image On Customer’s Purchase Decision (Study case of Yamaha Nmax In Central Jakarta). International Journal of Informatics, Economics, Management, and Science, 4(1), 34–41. https://doi.org/10.52362/ijiems.v4i1.1770

Fahmy, A. A., Wiyadi, W., Isa, M., Irawati, Z., & Surakarta, U. M. (2024). The Influence of Brand Image and Price Perceptions on Purchasing Decisions Mediated by Consumer Buying Interest in Levi Strauss & Co. Brilliant International Jurnal of Management and Tourism, 4(1).

Gde, I. D., Lentera, A., Luh, N., Indiani, P., Bagus, I., Putra, U., & Komang, I. (2021). Customer Trust As A Mediator Of Digital Marketing And Brand Image On Purchase Decisions. Bengkulu Internasional Conference On Economics, Management, Business, and Accounting, 1549–1562.

Junior, & Facrureza, D. (2024). Pengaruh Interior Ambient terhadap Kepuasan Pelanggan dimediasi oleh Keputusan Pembelian di O’Good Coffee and Eatery. MES Management Journal, 3, 332–349. https://doi.org/10.56709/mesman.v3.i2.224

Kapirossi, B., & Probowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian ( Studi di Antariksa Kopi Semarang ). Ekonomis: Jurnal of Economics and Business, 7(25), 66–73. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.929

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. 2(2), 113–126.

Lamawanto, A. E. K., & Nuvriasari, A. (2025). PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1192(2024).

Larasaty, A. T., Rini, N., & Winarto. (2025). Influence of E-Wom , Price Perception , and Product Quality on VIVO Smartphone Purchasing Decision. Admisi Dan Bisnis, 26, 1–10.

Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., Arie, F. V, Harga, P. P., Produk, K., Atmosfer, D. A. N., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALTAS PRODUK, DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO IMMANUEL SONDER. Jurnal EMBA, 9(3), 1077–1086.

Mutadun, S., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Brand Ambasador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Kasus Market Place Shopee). Economics and Digital Business Review, 3(2), 123–131.

Naura, S. S., & Tjahjaningsih, E. (2024). Pengaruh Keragaman Produk , Brand Ambassador , Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Niat Beli Ulang ( Studi Pada Pembelian Produk 3Second Di Semarang ). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 7(2), 1436–1444.

Permatasari, D. C., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek , Persepsi Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. Journal of Management & Business, 5(1), 296–312.

Putri, M. A., & Ahmadi, M. A. (2025). Pengaruh Brand Ambassador dan Celebrity Endorsement di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skintific. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 3(1), 1–9.

Rahmadani, R., & Suci, R. P. (2024). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian yang Dimoderasi Brand Image (Studi Pada Konsumen Le Minerale di Toko Indomaret Soekarno Hatta Kota Malang). Master Manajemen, 2(3).

Rahmawati, R., Jatmiko, R. D., & Sa’diyah, C. (2022). The Effect of Brand Ambassador , Website Quality , and E-WOM on Purchase Decision in Shopee E- commerce. Jurnal Maksipreneur, 12(1), 218–233.

Riskiana, & Tjahjaningsih, E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek,dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(5).

Rombe, E., Nurmalasari, N. R., Bachri, S., & Auriza, M. Z. (2023). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THRIFT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA YOUTH THRIFT MARKET DI KOTA PALU. Jurnal Manajemen Dewantara, 7(3), 388–399.

Setyani, A. D., & Prabowo, R. E. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK ADIDAS. Proceeding SENDIU, 978–979.

Siahaan, M. D. Y., Suherman, & Saidani, B. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Konten Iklan Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2).

Simanjuntak, P., Laura, W., & Diane, I. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image , Brand Awareness , Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Cuci Tangan Merek Solis Di Pekanbaru. Economics, Accouting and Business Journal, 1(1), 319–332.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK BRAND AMBASSADOR DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN NATURE REPUBLIC. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2279–2291.

Verni, S. A., & Sumaryanto. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 87–99.

Yulianto, A. Y., & Prabowo, R. E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi & Syariah, 7(1), 972–982.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Insititute Journal, 4, 472–481.

Downloads

Published

2025-09-10