PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN, LITERASI KEUANGAN SYARIAH, SOSIAL MEDIA, DAN INFLUENCE MARKETING TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK BANK WAKAF MIKRO DI MAWARIDUSSALAM BATANG KUIS

Authors

  • Sephira Salsah Bilah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Salman Nst Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31539/1tzah289

Keywords:

Kepercayaan Nasabah, Literasi Keuangan Syariah, Sosial Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat kepercayaan, literasi keuangan syariah, sosial media, dan influence marketing terhadap minat nasabah dalam menggunakan produk Bank Wakaf Mikro di Mawaridussalam Batang Kuis. Metode yang digunakan adalah survei dengan mengedarkan kuesioner kepada 63 responden nasabah yang terdaftar di Bank Wakaf Mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat nasabah, diikuti oleh literasi keuangan syariah yang juga memberikan dampak positif meskipun lebih kecil. Sosial media terbukti menjadi faktor yang paling dominan dalam meningkatkan minat nasabah, dengan 85% responden mengaku pertama kali mengetahui produk melalui platform digital. Sebaliknya, influence marketing menunjukkan pengaruh negatif terhadap minat nasabah, yang menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui influencer tidak efektif dalam konteks Bank Wakaf Mikro. Pembahasan ini menyimpulkan bahwa Bank Wakaf Mikro perlu memperkuat strategi pemasaran dengan meningkatkan kepercayaan nasabah, edukasi mengenai keuangan syariah, dan optimalisasi sosial media, serta mengevaluasi penggunaan influence marketing.

References

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/view/499

Ade Julia Sari.,& Riyan Pradesyah (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Terhadap Minat Masyarakat Bandar Parkland, Klang Selangor, Malaysia, Melakukan Transaksi di Bank Islam. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 44–53

Indah Rezqi Vitria Ma, & Syahrul Amsari (2024). Pengaru Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, dan Brand Image Terhadap Penggunaan Layanan Digital Perbankan Syariah : Studi Kasus Mahasiswa FAI UMSU. EL–MAL : Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 3390–3401

Sakinah Nopriani, & Rahmayati (2023). Pembangunan Literasi Keuangan Syariah Dan Kepercayaan Terhadap Minat Pembelian Produk Halal (Studi Kasus: Masyarakat Phnom Penh Kamboja). GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 9(3)

Ramadan, N., & Nasution, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Trehadap Minat Menabung Pada Bank Tabungan Negara (Btn Kc Syariah Medan). Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(3), 569-579

Aprilianti, sri. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Memilih Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang CiamisPeriode 2020-2021. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2597–2602.

Attamimi, Z. F. (2019). Prinsip Syariah Dalam Penyelenggaraan Bank Wakaf Mikro Sebagai Perlindungan Hak Spiritual Nasabah. 9(2), 117–132. https://doi.org/10.2391/jjr.v9i2.8897

Dewi, I. M., Malik, A. J., & Holik, A. (2024). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Jasa Makeup Artis. DEVELOP : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 89–94. https://doi.org/10.53990/develop.v4i2.221

Hasibuan, S. K., & Nurbaiti. (2023). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syari’ah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Sosa). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 275–292.

HERISKA, P. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, Dan Pelayanan Syariah Terhadap Preferensi Tabungan Bsi. Islamic Economics and Finance in Focus, 1(4), 345–359.

Hidayati, & Nurfitriani. (2021). Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Kcp Polewali. Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 3(November), 132.

Khaira Sihotang, M., & Hayati, I. (2021). Model manajemen pengelolaan wakaf uang bagi perguruan tinggi. SINTA – Science and Technology Index. https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6681077

Lestari, T. A., Sugianto, & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Social Media Influence Marketing , dan Layanan Mobile Banking terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah Unversitas Islam Negeri Sumatera Utara Menggunakan Produk Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), 129–138. https://ummaspul.e-journal.id/JKM/article/download/6143/2878

Pradesyah, R. (2021). Pengaruh pembiayaan murabahah dan musyarakah terhadap profitabilitas pada PT. Bank Syariah Mandiri. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 76–89. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/AGHNIYA/article/view/2561

Pradesyah, R., Wahyuni, S. F., & Hafiz, M. S. (2023). The effect of contribution, role, and capital on MSMEs business development in Islamic banks with human resources quality as a moderation variable. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(1), 222–231. https://doi.org/10.31538/iijse.v6i1.3044

Rahman, M., & Widayanti, D. (2021). Pengaruh Pembiayaan Bank Wakaf Mikro Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Nasabah ( Studi Kasus Bank Wakaf Mikro Maslahah Syubbanul Wathon Magelang ). Jurnal Nuansa Akademik, 6(2), 139–154.

Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i1.483

Serdang, D., Kabinet, S., Utara, G. S., & Serdang, B. D. (2018). Siaran pers.

Suhendra, R., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pemakai Sepatu Onitsuka Pada Mahasiswa FEB UMSU ). Jurnal Salman (Sosial Dan Manajemen), 4(2), 138–155.

Widayat, Nursakinah, & Widjaya, R. (2022). The Relationship Modelling of Advertising, Electronic Word of Mouth and Brand Awareness on Fashion Product Purchasing Decision. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Perbankan), 8(2), 170–194. https://doi.org/10.21070/jbmp.v8i2.1601

Yang, Y. (2023). Analysis of the Marketing Strategy of Meituan Enterprises. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 25(1), 316–321. https://doi.org/10.54254/2754-1169/25/20230518.

Downloads

Published

2025-09-05