ANALISIS KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DAN IMPLIKASINYA PADA KESELAMATAN PASIEN (STUDI SURVEY DI UPT PUSKESMAS REJAI KABUPATEN LINGGA KEPULAUAN RIAU)
DOI:
https://doi.org/10.31539/80ar4e58Keywords:
SDM Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Keselamatan PasienAbstract
Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan terdiri dari dua kelompok, yaitu tenaga kesehatan dan tenaga penunjang. Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri di bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan kemampuan melalui pendidikan di bidang kesehatan. Dalam pelayanan, tenaga kesehatan di Puskesmas harus bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), dan etika profesi. Keselamatan pasien adalah suatu upaya pencegahan tidak terjadinya bahaya/cedera selama proses pelayanan kesehatan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Masyarakat, dan Keselamatan Pasien; Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan terhadap Pelayanan Kesehatan Masyarakat; Pengaruh Pelayanan Kesehatan Masyarakat terhadap Keselamatan Pasien; Pengaruh langsung Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan terhadap Keselamatan Pasien; Pengaruh tidak langsung Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan terhadap Keselamatan Pasien melalui Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Lokasi penelitian di UPT Puskesmas Rejai. Objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan SDM Kesehatan, Pelayanan Kesehatan Masyarakat, dan Keselamatan Pasien. Metode Penelitian yaitu Kuantitatif. Hasil penelitian yaitu berdasarkan karakteristik responden, mayoritas SDM Kesehatan didominasi oleh perempuan, usia muda (31-40 tahun), dengan pengalaman kerja 1-5 tahun. Hasil Analisis Deskriptif (pendapat responden) variabel Kemampuan SDM Kesehatan termasuk kategori Cukup Tinggi menuju Tinggi dengan skala rata-rata 3,5, variabel Pelayanan Kesehatan Masyarakat termasuk kategori Cukup Tinggi menuju Tinggi dengan skala rata-rata 3,4, dan variabel Keselamatan Pasien termasuk kategori Cukup Tinggi menuju Tinggi dengan skala rata-rata 3,3. Dimana variabel Pelayanan Kesehatan Masyarakat tidak mampu memediasi sehingga variabel Kemampuan SDM Kesehatan dapat secara langsung memengaruhi variabel Keselamatan Pasien.
References
Adiputra, I.M.S., Trisnadewi, N.W., Oktaviani, N.P., Munthe, S.A., Hulu, V.T., Budiastutik, I., Ramdany, A.F., Fitriani, R., Rahmiati, P., Lusiana, S.A., Susilawaty, A., Sianturi, E., Suryana. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 044/SUT/2021.
Ariany, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. eJournal Administrasi Negara: Vol. V, No. 4, 6883-6896.
Arifin, S.,et al. (2023). Determinan Kinerja Karyawan Puskesmas. Uwais Inspirasi Indonesia, Jawa Timur, Cetakan I, ISBN 978-623-133-199-1.
Calundu, R. (2018). Manajemen Kesehatan. Sah Media, Indonesia
Daengs GS, A. (2022). Membangun Kinerja Karyawan Berbasis Kompetensi. Unitomo Press, Surabaya, Jawa Timur, Cetakan I, ISBN: 978-623-6665-31-2.
Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga. (2023). Profil Kesehatan Kabupaten Lingga Tahun 2022, Kabupaten Lingga.
Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Puskesmas Rejai. (2021). Profil puskesmas Rejai 2020, Kabupaten Lingga.
Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Puskesmas Rejai. (2024). Profil puskesmas Rejai 2023 & 2024, Kabupaten Lingga.
Febrianti, I.T. (2022). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. ResearchGate Journal.
Feri, N., Fithriana, N. (2019). Pengaruh Kinerja Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi pada Puskesmas Kendalsari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Vol. VIII, No. 2, ISSN: 2442-6962.
Frangky, S., Saragi, S. (2020). Pengaruh Kualitas SDM Terhadap Pelayanan di Puskesmas Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Publik Reform Undhar, Medan, Edisi 7.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, Edisi 8.
Hadi, I. (2016). Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien: Deepublish.
Handayani, H.P. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. XIII, No. 1, P-ISSN: 2252-6226 E- ISSN: 2622-8165.
Jaya, I.M.L.M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Quadrant, Yogyakarta, Cetakan III, ISBN: 978-623-244-156-9.
Jamaluddin, H. (2023). Perilaku Organisasi. Kencana, Rawamngun, Jakarta, Cetakan I, ISBN 978-623-384-508-3
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Profil Kesehatan Indonesia 2022. Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.
Kurniati, A., Efendi, F. (2012). Kajian SDM Kesehatan di Indonesia. Salemba Medika, ISBN: 978-602-8570-98-5.
Kurniawan, A., Azman., Zaenal, A. (2019). Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil.
LeutikaPrio, Yogyakarta, Cetakan I.
Lelyana, N. (2023). Manajemen Strategis Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat.
Indonesia Emas Group, Bandung, Cetakan I.
Narullita, D., et al. (2023). Manajemen Keselamatan Pasien. PT. Media Pustaka Indo, Jawa Tengah, Cetakan I.
Ningsih, K.P. (2022). Dasar-dasar Kesehatan Masyarakat. Pradina Pustaka, Cetakan I. Nurhayati. (2021). Keselamatan Pasien dan Kesehatan Kerja Dalam Keperawatan.
Syiah Kuala University Press, Aceh, Cetakan I.
Ramopoly, I.H., et al. (2024). Buku Ajar Psikologi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, Kota Jambi, Cetakan I, ISBN: 978-623-514-069-8.
Ratanto, Ns., Ningtyas, R., Vebry, dr., Novi, Ns., Deswani, Ns., Diyah, Dr., Yulia, Ns., Suryati. (2023). Manajemen Patient Safety. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, Jambi, Cetakan I, ISBN: 978-623-8345-50-2.
Rimalivia, N. (2023). Analisis Ketersediaan Sumber Daya Manusia di Bidang Kesehatan: Optimalisasi dan Strategi Manajemen Sumber Daya. ResearchGate Journal (https://www.researchgate.net/publication/376609120).
Rochani, S. (2021). Metodologi Penelitian. Widina Bhakti Persada, Bandung, Cetakan I, ISBN 978-623-6092-17-0.
Ryadi, A. (2016). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Penerbit Andi, Yogyakarta, Edisi 1, Cetakan I, ISBN 987-29-5585-9.
Sianturi, E., Pardosi, M., Surbakti E. (2018.) Kesehatan Masyarakat: Zifatama Jawara.
Sofyandi, A. (2024). Manajemen Puskesmas dan Rumah Sakit. Kencana, Jakarta, Cetakan ke-1, ISBN 978-623-384-711-7.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung, Cetakan I. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan R dan D. Alfabeta, Bandung, Edisi 2, Cetakan III.
Sujarweni, V.W., et al. (2024). Pengantar Manajemen. Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta, Cetakan I, ISBN: 978-623-164-550-0.
Supomo, R., Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yrama Widya, Bandung, Cetakan I, ISBN 978-602-277-724-3.
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian: Universitas Pendidikan Indonesia.
Syamsul., Musdalifah., et al. (2021). Pengantar Kesehatan Masyarakat. Insania, Cirebon, Cetakan I.
Wello, M.B., et al. (2021). Developing Interpersonal Skills. CV. Beta Aksara, Kota Batu, Jawa Timur, Cetakan I.
Yusuff, A.A. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja, dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Pegawai. NEM.
Zahra, A., Shafa, F., Mulya, Tiara, I., Sangha, S., Trisnawati. W. (2022). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan UKM di Puskesmas Ciomas, ReseacrhGate Journal (https://www.researchgate.net/publication/361498877).
Zakaria, F.M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sasaran Keselamatan Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Prima Husada Malang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Odorvia Juniarta, Sri Rochani Mulyani, Rahadian Malik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.