PROGRAM MAGANG DENGAN EVALUASI KIRKPATRICK DI PT ANUGERAH JAMBI COALINDO (AJC) KECAMATAN PAUH KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

Authors

  • Suparno Suparno IAI Abuya Salek Sarolangun
  • Marsya Vidya IAI Abuya Salek Sarolangun
  • Lisa Sapitri IAI Abuya Salek Sarolangun
  • Neli Neli IAI Abuya Salek Sarolangun
  • Murniati Murniati IAI Abuya Salek Sarolangun

DOI:

https://doi.org/10.31539/8na53665

Keywords:

Program Magang, Evaluasi Kirkpatrick, PT AJC, Penelitian Kualitatif

Abstract

Artikel pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program magang mahasiswa di PT Anugerah Jambi Coalindo (AJC) Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi dengan menggunakan pendekatan evaluasi Kirkpatrick Model. Latar belakang kegiatan ini adalah pentingnya program magang sebagai jembatan antara teori akademik dan praktik dunia kerja. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari 20 pihak, termasuk mahasiswa magang, supervisor, manajer HRD, dosen pembimbing, serta tokoh masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa: (1) pada level Reaction, peserta magang merasa puas terhadap fasilitas dan bimbingan; (2) pada level Learning, peserta memperoleh peningkatan kompetensi teknis dan soft skills; (3) pada level Behavior, terdapat perubahan perilaku kerja yang lebih profesional; (4) pada level Results, program magang memberikan kontribusi positif bagi perusahaan dan kesiapan kerja mahasiswa. Artikel ini menegaskan bahwa evaluasi Kirkpatrick dapat menjadi instrumen efektif dalam menilai keberhasilan program magang dan memberikan dasar rekomendasi untuk peningkatan keberlanjutan program.

References

Dewi, R. (2019). Implementasi Program Magang dalam Peningkatan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Kolb, D. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.

Kirkpatrick, D. L. (2006). Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehler.

Phillips, J. (2012). Return on Investment in Training and Performance Improvement Programs. New York: Routledge.

Prasetyo, B. (2018). “Program Magang sebagai Jembatan Dunia Pendidikan dan Dunia Industri.” Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 123–134.

Yusuf, M. (2020). “Kolaborasi Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha dalam Implementasi Magang.” Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(1), 45–56.

Robinson, P. (2019). Workplace Learning and Internship Evaluation. London: Sage Publications.

Sari, D. (2020). “Penerapan Model Kirkpatrick dalam Evaluasi Program Magang.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 211–225.

Nugroho, A. (2021). “Efektivitas Evaluasi Multilevel dalam Program Magang.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(2), 177–189.

Putra, H. (2019). “Evaluasi Program Magang Mahasiswa dengan Model Kirkpatrick di Sektor Perbankan.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 98–109.

Wahyuni, L. (2021). “Employability Skills Mahasiswa dalam Program Magang: Analisis dengan Model Kirkpatrick.” Jurnal Pendidikan Tinggi, 7(4), 299–312.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publications.

Stufflebeam, D. L. (2003). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer Academic.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: Sage.

Handayani, T. (2020). “Analisis Dampak Program Magang terhadap Kesiapan Kerja.” Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 145–159.

Hidayat, A. (2017). “Soft Skills dalam Dunia Kerja: Tantangan Pendidikan Tinggi.” Jurnal Psikologi Pendidikan, 13(1), 65–79.

Setiawan, B. (2022). “Evaluasi Program Magang dengan Pendekatan Kualitatif.” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(1), 23–39.

Downloads

Published

2025-10-25